Cara Belajar Mobil Manual

Apakah ada cara belajar mobil manual sendiri? Apa saja yang harus diperhatikan saat belajar mobil manual sendiri? Seperti apa langkah langkah belajar mobil sendiri?

Berbicara soal kendaraan, mungkin saat ini kita tak lagi asing mendengar kata mobil. Sebagaimana kita ketahui juga, saat ini ada banyak jenis dan tipe mobil yang bisa kita temukan atau bahkan gunakan dalam kebutuhan sehari hari, atau untuk liburan. Mulai dari mobil matic, sampai mobil manual, semua nya memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya lebih banyak ditemukan orang orang yang menggunakan mobil dengan transmisi manual daripada matic. Walaupun memang dari segi kemudahan, mobil matic masih menjadi pilihan, tapi tak sedikit juga pengguna mobil matic yang mengeluh jika menggunakan mobil matic jauh lebih pegal daripada menggunakan mobil manual.

Untuk mobil dengan transmisi manual sendiri, sebenarnya tak jauh berbeda dengan transmisi matic. Hanya saja, jika menggunakan transmisi manual, kita harus pintar menggunakan 3 pedal, yakni pedal gas, pedal rem, dan juga pedal kopling.

Sebab, untuk melakukan perpindahan rasio gear atau posisi gigi, pengguna harus terlebih dahulu menginjak pedal kopling dan memindahkan posisi rasio gear mereka secara manual. Oleh sebab itulah, pengguna mobil manual harus sangat paham akan penggunan kopling, serta perpindahan persneling pada mobil manual.

Oleh karena itu, jika kamu melihat beberapa tempat khusus latihan mobil, pastinya akan ada banyak mobil manual daripada mobil matic. Oleh karenanya, jika mungkin kalian ingin mengetahui Cara Belajar Mobil Manual sendiri, kalian bisa menyimak artikel berikut sampai habis, ya.

Cara Belajar Mobil Manual

Cara Belajar Mobil Manual
Belajar Mobil Manual

Hafalkan Posisi Persneling Gigi Mobil

Langkah pertama yang penting untuk diperhatikan adalah mengetahui dan memahami posisi perslenling pada mobil manual. Untuk mobil manual sendiri, biasanya memiliki 6 rasio gear atau posisi gigi yang dapat digunakan dengan kode yang berbeda beda. Seperti

  • N : Neutral / Netral
  • 1 : Mengatur Rasio Gigi ke ukuran 1
  • 2 : Mengatur Rasio Gigi ke ukuran 2
  • 3 : Mengatur Rasio Gigi ke ukuran 3
  • 4 : Mengatur Rasio Gigi ke ukuran 4
  • 5 : Mengatur Rasio Gigi ke ukuran 5
  • 6 : Mengatur Rasio Gigi ke ukuran 6
  • R : Reverse, digunakan untuk mundur

Tiap mobil manual sendiri memiliki posisi atau alur pemindahan rasio persneling / gigi yang berbeda beda. Oleh sebab itu, kalian harus terlebih dulu seminimalnya menghafal alur perpindahan rasio gigi agar lebih mudah ketika berkendara.

Dan tiap tiap posisi gear atau gigi sendiri memiliki perutukkan yang berbeda beda. Misalnya, gear posisi 1 untuk permulaan mobil akan bergerak atau jalan menanjak, gear posisi 2 – 3 digunakan untuk jalan landai, 5 – 6 digunakan untuk jalan yang sepi dan landai (lurus).

Dengan mengetahui dan menghafal posisi dari persneling atau posisi gear, maka kalian bisa dengan mudah mengetahui kearah mana persneling akan digerakkan, ketika akan menaikkan rasio gigi, atau bahkan menurunkan rasio gigi. Setelah itu

Pahami Pijakan Pedal Mobil Manual

Ada 3 jenis pijakan pedal yang bisa kita temukan pada mobil manual. Yang pertama adalah pedal Gas, kedua Pedal Rem, dan ketiga Pedal Kopling. Nah tentu masing masing dari kita sudah mengetahui fungsi dari masing masing pedal ini. Seperti pedal gas digunakan agar mobil bisa melaju, pedal rem, digunakan untuk melakukan pengereman, dan juga kopling, yang digunakan sebagai transmisi atau menetralkan mesin sementara saat akan berpindah rasio gigi.

Oleh karena itu, pastikan kalian tidak tertukar ketika menggunakan pedal pada mobil manual. Adapun untuk trik ketika menggunakan pedal mobil manual untuk berkendara adalah sebagai berikut.

  • Posisikan Mobil dalam kondisi rasio Gear Neutral / Netral, kemudian, tarik tuas rem tangan agar mobil tidak melaju
  • Lalu, injak pedal kopling dan pindahkan persneling gigi dari N ke angka 1.
  • Turunkan tuas rem tangan kebawah, dan lepas pedal kopling secara perlahan.

Nah, cara diatas hanyalah sebuah cara sederhana saja dalam menggunakan pedal di mobil manual. Kuncinya adalah ketika memindahkan persneling rasio gear, kalian harus menginjak kopling terlebih dahulu sebelum memindahkan persneling rasio gear.

Atur Posisi Spion

Yang ketiga, ada hal penting yang sebenarnya cukup sepele namun sangat harus diperhatikan, yakni adalah mengatur posisi spion. Sebagaimana kita tau, Fungsi spion sendiri bisa digunakan untuk melihat keadaan dibelakang kendaraan kita, apabila ada kendaraan lain yang ingin menyalip kita dari sisi kanan ataupun kiri.

Selain itu, menggunakan spion juga bisa membantu kita ketika mungkin akan mundur untuk parkir, ataupun memutar balik. Pastikan posisi spion kalian sudah benar dan bisa digunakan untuk melihat kondisi yang ada dibelakang kendaraan, ataupun kanan kiri kendaraan kalian.

Konsentrasi dan Tetap Tenang

Setelah memahami semua poin penting diatas, barulah kita bisa mulai untuk mulai belajar mengendarai mobil manual. Yang paling penting adalah Konsentrasi dan Tetap tenang. Sebab, ketika kalian belajar berkendara dalam kondisi panik, maka kalian akan kehilangan kontrol atas diri sendiri, dan akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan, atau bahkan menghambat perjalanan pengguna jalan lainnya.

Untuk itu, kalian bisa memulai untuk belajar mengendarai mobil ditempat yang sekiranya sepi dan memang dikususkan untuk latihan mobil. Dan untuk cara belajar mobil manual sendiri kurang lebih seperti ini.

  • Nyalakan mesin mobil dan pastikan terlebih dulu kondisi gear dalam posisi N dan mobil dalam kondisi di rem tangan
  • Kemudian, nyalakan mobil dengan memasukkan kunci kontak dan menahan nya kearah ON
  • Setelah itu, panaskan mobil sekitar 1 – 2 menit saja, agar mesin terkalibrasi
  • Lalu, injak dan tahan terlebih dahulu pedal Rem nya
  • Turunkan tuas Rem tangan tadi, dan injak pedal Kopling
  • Pindahkan persneling dari Neutral ke posisi 1 (posisi masih menginjak pedal rem dan kopling)
  • Kemudian, lepaskan pedal rem dan kopling secara bersamaan dengan cara perlahan, sampai mobil melaju
  • Setelah semua stabil, pindahkan kaki yang menginjak kopling ke pedal gas, dan injak pedal gas secara perlahan saja.

Setelah mobil melaju, usahakan untuk tetap fokus dan konsentrasi agar tidak kehilangan kestabilan pada saat berkendara, usahakan juga untuk memperhatikan sekitar agar tidak terjadi kecelakaan ataupun insiden yang tidak diharapkan.

Kuncinya adalah, pada saat melepaskan pijakan pedal rem dan juga kopling, pastikan kalian melakukannya secara perlahan agar mobil tidak mengalami jumping atau mati mendadak akibat perpindahan rasio gear secara mendadak.

Dan itulah tadi artikel tentang cara belajar mobil manual, semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan juga pengetahuan dasar bagi kalian yang ingin belajar mobil manual sendiri, tanpa harus menggunakan jasa latihan mobil. Meskipun begitu, pastikan juga kalian didampingin keluarga atau saudara yang memang sudah lebih mahir mengendarai mobil. Semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi