Cara Bagi Kuota Telkomsel

Kebutuhan kuota internet saat ini memang tak pernah ada habisnya, karena kini setiap aktivitas sudah dilakukan secara online lewat media digital. Jadi, kuota internet sangat berperan penting bagi mobilitas pengguna smartphone untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, saat Kamu kehabisan kuota pasti akan kebingungan. Apalagi jika kuota habis diwaktu-waktu yang tidak tepat. Untungnya, Telkomsel menawarkan cara bagi kuota Telkomsel mudah bagi para penggunanya.

Dengan adanya fasilitas bagi kuota Telkomsel, sangat mempermudah pengguna Telkomsel ketika kehabisan pulsa. Jadi, mereka bisa leluasa meminta pulsa kepada para pengguna Telkomsel lainnya, baik ke sahabat, pacar, saudara, atau keluarga.

Read More

Kebutuhan akses internet saat ini memang sangat penting. Bahkan hampir semua orang mempunyai smartphone yang tentu saja memerlukan kuota internet demi aktivitas sehari-harinya yang melibatkan akses internet. Untuk cara bagi kuota Telkomsel sendiri sangat mudah.

Persyaratan Bagi Kuota Telkomsel

Sebelum Kamu mentransfer kuota Telkomsel, Kamu harus memenuhi syarat untuk bisa transfer kuota Telkomsel terlebih dahulu. Berikut ini :

  • Layanan bagi kuota hanya berlaku bagi pelanggan Telkomsel kartu Prabayar.
  • Minimal kuota yang dapat ditransfer untuk sekali transaksi ialah 50 MB dengan maksimal kuota 500 MB.
  • Maksimum transaksi sebanyak 6 kali atau total sebanyak 3GB selama 1 hari.

Cara Bagi Kuota Telkomsel

Cara Bagi Kuota Telkomsel
Bagi Kuota Telkomsel

Tutorial Bagi Kuota Telkomsel Mudah

Setidaknya ada 4 cara bagi kuota Telkomsel yang dapat dipilih bagi Kamu yang ingin membagikan kuota internet Telkomsel milikmu. Simak ulasannya berikut :

Terkait:  Cara Bagi Data Telkomsel

1. Bagi Kuota Telkomsel Melalui UMB

Kamu bisa membagi kuota Telkomsel dengan cara yang paling mudah, yaitu kode dial phone atau UMB. adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Silahkan buka opsi ‘Panggilan’ di hpmu.
  • Lakukan panggilan memakai kode berikut *500*2#, tekan Panggil atau OK/YES.
  • Lanjutkan dengan memilih angka/nomor ‘1: Ya’ untuk transaksi transfer kuota Telkomsel.
  • Inputkan nomor penerima bagi kuota Telkomsel.
  • Kemudian inputkan jumlah kuota internet yang ingin ditransfer.
  • Selanjutnya, pilih angka “1: Setuju” dan konfirmasikan transfer/bagi kuota Telkomsel.
  • Setelah itu, pihak penerima nantinya akan mendapatkan notifikasi bahwa mereka telah mendapatkan transfer kuota Telkomsel.

Untuk biaya transfer atau pengiriman kuota lewat UMB sendiri sekitar Rp. 5000. Dalam hal ini, Kamu dapat mengirimkan kuota senilai 50-500 MB. Di samping itu juga, Kamu harus mempunyai kuota tersimpan minimal 500 MB sesudah transfer pulsa.

2. Bagi Kuota Telkomsel Melalui USSD

Selain melalui kode dial up di atas, cara bagi kuota Telkomsel lainnya bisa dengan menggunakan kode *363#. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan masuk ke opsi panggilan di perangkat hpmu, lalu tekan kode *363# dan panggil.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan menu yang tersedia.
  • Silahkan pilih ‘Paket Lainnya’ dan pilih lagi opsi layanan ‘Gift’.
  • Inputkan nomor hp penerima kuota internet Telkomsel.
  • Selanjutnya, Kamu bisa memilih ‘Paket Flash Gift’ untuk paket Mingguan, Bulanan, atau Harian.
  • Lalu pilih paket internet yang ingin ditransfer, selanjutnya tunggu pemberitahuan kuota sudah berhasil dibagikan.

3. Bagi Kuota Telkomsel Melalui MyTelkomsel

Cara bagi kuota Telkomsel selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi dari My Telkomsel. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Unduh My Telkomsel Apps di App Store atau Play Store, kemudian buka aplikasinya.
  • Jika sudah, silahkan masuk dan jalankan aplikasi, lalu tekan ‘Beri Hadiah’, setelah itu pilih opsi ‘Transfer Kuota’.
  • Inputkan nomor penerima transfer kuota.
  • Langkah berikutnya, silahkan pilih nominal kuota Telkomsel yang akan dikirim.
  • Setelah selesai, silahkan tunggu balasan Telkomsel kemudian lakukan verifikasi kuota internet yang ditransfer.
Terkait:  Cara Hutang Paket Telkomsel

4. Bagi Kuota Telkomsel Melalui SMS

Kamu juga bisa membagi kuota Telkomsel melalui SMS. Adapun tutorialnya sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi perpesanan atau SMS di hpmu.
  • Jika ingin membagikan kuota internet 100 MB, silahkan ketik 100. Sementara pilihan lainnya, Kamu bisa mentransfer kuota 1 GB dengan mengetik 1000. Adapun contohnya ialah : TRF (spasi) 100 (spasi) nomor hp tujuan.
  • Kirimkan SMS ke nomor 363.
  • Lalu tunggu sampai ada pesan masuk dari pihak operator Telkomsel.
  • Jika sudah menerima pesan dari pihak operator, silahkan balas dengan ketik TRF ‘YA’.
  • Kini Kamu tinggal tunggu pemberitahuan transfer pulsa berhasil dilakukan.

Bingung Memilih Cara Transfer Kuota Telkomsel?

Jika kesulitan memilih cara bagi kuota Telkomsel dari keempat metode di atas, Kamu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan memakai USSD dan UMB sebenarnya sama saja, Kamu tidak memerlukan kuota internet ataupun pulsa untuk melakukannya. Sehingga cara in dinilai lebih praktis, mudah dan tentunya gratis dilakukan.

Berbeda halnya dengan metode bagi kuota Telkomsel dengan SMS, yang memungkinkanmu harus mengisi pulsa terlebih dahulu jika tidak memiliki pulsa reguler. Sementara untuk aplikasi My Telkomsel, sudah tentu membutuhkan kuota internet untuk melakukannya. Tapi keuntungannya, Kamu tidak perlu menghafalkan nomor atau angka-angka untuk mengakses layanan bagi kuota Telkomsel seperti cara bagi kuota Telkomsel melalui USSD atau UMB.

Menariknya lagi, dengan memakai aplikasi MyTelkomsel Kamu bisa menemukan banyak fitur dan promo terbaru dari Telkomsel yang menguntungkan. Oleh karena itu, pastikan Kamu memahami dan mempertimbangkan cara yang paling tepat.

Melalui pertimbangan di atas, Kamu bisa memilih cara yang paling mudah, praktis dan tentunya sesuai kebutuhan.

Bagaimana Jika Gagal Bagi Kuota Telkomsel?

Pada umumnya, hanya ada 2 penyebab kenapa Kamu tidak dapat membagikan kuota Telkomsel alias gagal saat proses transaksi berlangsung. Penyebab yang pertama ialah Kamu tidak membaca dan memahami ketentuan dan syarat dari pihak operator Telkomsel. Kedua yaitu sistem atau jaringan Telkomsel sedang sibuk atau mengalami maintenance. Hal ini juga bisa berpengaruh pada kelancaran proses transaksi transfer kuota internet.

Terkait:  Cara Cek Kuota Axis

Selain itu, selaku provider yang menyediakan layanan bagi kuota, Telkomsel memang tak memberikan informasi secara detail kepada para penggunanya mengenai fitur-fitur yang dibawaya. Sehingga banyak orang yang kurang paham atau tidak mengetahui kenapa mereka gagal membagikan kuota Telkomsel saat proses transaksi berlangsung.

Sebagai pengguna, Kamu juga harus mengetahui lebih detail mengenai kartu Telkomsel yang digunakan. Hal ini disebabkan, setiap kartu Telkomsel memiliki kebijakan yang sangat berbeda, meskipun sama-sama produk Telkomsel, baik itu pada kartu HALO, Simpati, maupun kartu AS.

Oleh karena itu, jika Kamu tidak mau gagal melakukan transaksi bagi kuota Telkomsel baca dan pahami lagi ketentuan-ketentuan transfer kuota di atas.

Bonus Tambahan Bagi Pengguna Telkomsel

Sebagai informasi bagi pengguna Telkomsel, Kamu semua bisa memperoleh kuota mulai dari 15 GB-30GB jika mengganti kartu dari 3G ke layanan 4G. Karena Telkomsel berencana akan mematikan semua jaringan 3G dalam waktu dekat ini. Sehingga, semua jaringan 3G harus beralih ke layanan 4G LTE.

Guna mendukung migrasi jaringan dari 3G ke layanan 4G, operator Telkomsel telah meluncurkan berbagai program. Adapun salah satunya ialah promo kuota sebesar 15GB-30GB untuk pelanggan setia yang beralih kartu dari 3G ke jaringan 3G Telkomsel.

Untuk kuota 15GB yang memiliki masa aktif 1 bulan akan diberikan bagi pelanggan yang sudah mempunyai kartu Telkomsel aktif selama lebih dari 3 bulan dan pemakaian pulsa tidak lebih dari Rp. 100 ribu.

Tentu saja reward ini hanya berlaku bagi Kamu yang beralih ke jaringan 4G dalam waktu dekat ini saja. Sehingga kuota gratis yang bisa Kamu dapatkan sanga terbatas waktu. Ini juga bisa menjadi alternatif selain cara bagi kuota Telkomsel, bagi Kamu yang membutuhkan kuota internet yang cukup besar secara gratis!

 

 

Related posts