11 Cara Mendapatkan Uang di Telegram: Terbukti Cuan

Cara Mendapatkan Uang di Telegram
Cara Mendapatkan Uang di Telegram

WIGATOS | Telegram merupakan salah satu platform chatting yang banyak digunakan. Mungkin saja Kamu salah satu penggunanya. Tapi apakah sudah tahu kalau ada cara mendapatkan uang di Telegram yang sangat mudah? Bahkan cuan terkumpul dalam waktu cepat. 

Kamu pasti bertanya-tanya, apa saja yang dapat dilakukan di Telegram untuk menghasilkan cuan? Bagaimana jika tidak memiliki keahlian sama sekali? Tenang saja, jenis cara yang akan diberikan beragam. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa cara di bawah ini:

Read More

Cara Mendapatkan Uang di Telegram

Cara Mendapatkan Uang di Telegram
Cara Mendapatkan Uang di Telegram

1. Membagikan Kode Referral

Jangan khawatir kalau Kamu tidak memiliki skill khusus untuk menghasilkan uang lewat Telegram. Karena ada cara yang sangat mudah hanya dengan membagikan kode referral. Kode tersebut biasanya didapatkan dari berbagai platform. 

Kamu tinggal menyalin kode tersebut, lalu bagikan ke pengguna Telegram lainnya. Yang lebih cepat jika membagikannya ke channel, karena di dalamnya ada banyak anggota. Kalau ada pengguna yang memakai kode referral tersebut, Kamu berhak mendapatkan komisi. Bahkan ada yang satu kode sampai Rp30.000.

2. Mengikuti Kuis

Kalau cara mendapatkan uang di Telegram yang kedua ini juga tak kalah sederhana. Kamu pun tidak memerlukan skill khusus untuk menjalankan tugas yang rumit. Karena yang perlu Kamu lakukan adalah mengikuti kuis yang biasanya disediakan di channel atau mencarinya melalui kolom pencarian. 

Selain kuis, Kamu juga dapat berburu reward yang lain di aplikasi Telegram. Contohnya giveaway atau bagi-bagi hadiah secara gratis. Kamu cukup masuk ke salah satu channel, kemudian lebih aktif untuk memburu kuis maupun giveaway. Ini terbukti cepat untuk menambah penghasilan. 

3. Menjadi Developer Bot

Kalau yang ketiga ini baru memerlukan skill khusus. Karena untuk mendapatkan cuan dengan cara membuat bot atau robot yang biasanya diperintahkan untuk menjalankan tugas tertentu. Di sini perlu keahlian bahasa pemrograman agar bisa membuat bot yang bagus. 

Bot sering digunakan dalam sebuah grup atau channel aktif yang jumlah anggotanya ribuan. Biasanya robot tersebut diberi tugas tertentu yang dijalankan secara otomatis, contohnya membalas pesan anggota. Kamu bisa buat berbagai jenis bot, lalu menawarkannya dengan harga yang tinggi. 

4. Menjual Konten Premium

Telegram bukan hanya jadi tempat untuk chatting saja. Tapi Kamu juga dapat membagikan konten, baik tulisan maupun media. Salah satu konten yang paling banyak dibagikan dalam Telegram adalah video dan film. 

Hal tersebut bisa Kamu manfaatkan sebagai peluang untuk menambah penghasilan yang menjanjikan. Banyak orang yang memilih cara praktis dengan mencari konten lewat Telegram dibandingkan mengunduhnya dari Google. Kamu dapat menyediakan kebutuhan tersebut dengan menjual konten premium. 

Cara mendapatkan uang di Telegram dengan menjual konten biasanya dilakukan melalui channel premium. Kamu bisa menawarkan konten eksklusif terlebih dahulu. Sebaiknya berikan harga yang masuk akal agar banyak yang membelinya. 

5. Mengelola Channel Telegram dan Menjualnya

Sepertinya ini cara mengumpulkan cuan di Telegram yang paling menjanjikan. Meskipun butuh waktu lama, tapi yang dihasilkan dinilai lumayan. Yang perlu Kamu lakukan adalah membuat channel Telegram, mengelolanya sampai banyak anggota, lalu menjualnya. 

Untuk mengumpulkan anggota tersebut memang tidak mudah. Setidaknya Kamu perlu buat satu channel yang banyak dicari. Selain itu juga harus dikelola agar yang sudah bergabung tidak logout dari grup. Setelah dirasa banyak, baru tawarkan kepada orang yang membutuhkan, misalkan pebisnis online

6. Menawarkan Jasa Pengelola Telegram

Jika Kamu memiliki pengalaman menjadi admin media sosial, mungkin bisa mencoba cara mendapatkan uang di Telegram satu ini. Di platform tersebut ada banyak grup atau channel yang mungkin tidak terurus karena pemiliknya sibuk. Kamu dapat menawarkan jasa untuk mengelolanya. 

Salah satu yang paling sering memerlukan pengelola adalah channel jualan online. Di sini menuntut respon cepat kepada pelanggan. Kamu juga dapat membagikan konten sesuai permintaan pemilik channel untuk kegiatan promosi. Jadi, selain kemampuan komunikasi, diperlukan juga ide kreatif. 

7. Menawarkan Endorsement di Telegram

Apa Kamu punya popularitas di aplikasi Telegram? Atau ada channel yang banyak anggota dan tidak tahu harus diisi apa? Berikut ini bisa Kamu coba jika ingin mendapatkan cuan yang hasilnya lumayan. 

Cobalah menawarkan diri kepada brand tertentu atau online shop untuk menjadi jasa endors. Jadikan channel tersebut sebagai media untuk menawarkan dan membagikan produk tertentu dari online shop. Biasanya dengan cara membuat konten yang disertai bahasa persuasif dan link yang mengarahkan ke toko tersebut. Jika ada yang memakai linknya, Kamu akan mendapatkan persenan sesuai kesepakatan. 

8. Menjadi Afiliasi Produk

Cara mendapatkan uang di Telegram yang kedelapan ini sebenarnya tidak jauh beda dengan endorsement. Tapi bedanya, di sini Kamu menjadi afiliasi dari sebuah platform. Banyak sekali platform yang membuka peluang afiliasi dengan imbalan yang lumayan. 

Salah satu yang sudah terbukti menjanjikan adalah Shopee. Apalagi banyak pengguna yang berbelanja lewat marketplace tersebut. Untuk berafiliasi dengan suatu platform, Kamu harus membuat materi yang menarik, agar saat dibaca mengundang penasaran. 

9. Menyewakan Ruang Iklan di Grup

Memang banyak keuntungan jika sudah punya channel atau grup Telegram dengan banyak anggota. Pasalnya, Kamu bisa memanfaatkannya sebagai media untuk mengumpulkan cuan. Cara berikutnya yaitu dengan menawarkan ruang iklan. 

Iklan di Telegram biasanya disematkan di pin post, karena akan langsung terlihat di atas chat grup. Kamu dapat menerapkan tarif sewa harian hingga bulanan. Selain itu, bisa membuat iklan menggunakan pesan biasa. Pastikan masih relevan dan tidak mengganggu peserta dalam grup. 

10. Membuat dan Menjual Stiker Custom

Sepertinya tempat bagi orang-orang kreatif semakin bervariasi untuk menghasilkan cuan. Seperti cara yang satu ini. Kamu dapat memanfaatkan Telegram untuk membuat stiker custom dan menjualnya kepada brand tertentu. 

Stiker merupakan bentuk ekpresi emosi dan mempercantik tampilan chat. Biasanya brand tertentu memerlukan stiker khusus yang menjadi identitas. Dari sanalah Kamu dapat menawarkan stiker custom sesuai kebutuhan pemesan. 

Kamu hanya perlu keterampilan desain grafis sederhana saja. Pasalnya, sekarang ini sudah banyak aplikasi desain yang punya fitur canggih dan mudah digunakan untuk membuat stiker. Nantinya dapat Kamu jual satuan atau per paket dengan harga menyesuaikan tingkat kerumitan. 

11. Menawarkan Jasa

Kalau yang sebelumnya itu hanya menawarkan jasa yang memerlukan channel atau grup dengan banyak anggota. Tapi yang satu ini dapat dilakukan secara bebas. Kamu dapat menawarkan berbagai jasa lewat Telegram, misalkan editing pembuatan artikel, dan pelatihan. 

Tawarkan jasa yang sesuai dengan keahlian. Jangan lupa sering-sering menunjukkan portofolio agar orang yang akan memesan merasa yakin. Kamu dapat menawarkannya lewat grup, asal tidak mengganggu peserta lain. 

Itulah beberapa cara mendapatkan uang di Telegram. Kamu bisa mencoba cara yang menurutmu mudah dan sesuai keterampilan. Manfaatkan Telegram dengan bijak dan jangan menawarkan jasa yang melanggar ketentuan. 

Related posts