Cara Mengetahui Anggota Grup Telegram

Telegram adalah aplikasi perpesanan atau chatting yang dipakai oleh sebanyak 500 jutaan pengguna yang aktif setiap bulannya. Ada banyak pilihan fitur untuk memudahkan pengguna Telegram. Fitur tersebut salah satunya yaitu cara mengetahui anggota grup Telegram.

Fitur Grup Telegram

Sama seperti aplikasi perpesanan online lainnya, Telegram juga menyediakan fitur grup. Grup yang terdapat pada aplikasi Telegram ini juga berfungsi sebagai tempat saling berbagi informasi ke beberapa orang pada satu tempat.

Read More

Selain bisa mengetahui anggota grup Telegram dengan mudah, kalian juga bisa menemukan grup pada aplikasi Telegram. Hanya dengan memasukkan kata kunci, selanjutnya akan muncul beberapa pilihan grup.

Aplikasi Telegram merupakan aplikasiĀ open source yang bisa memuat sebanyak 200.000 anggota di tiap obrolan grup. Selain itu, ada fitur yang bisa kalian manfaatkan dalam obrolan grup aplikasi Telegram, yakni pengguna bisa mengubah pesan sesudah terkirim sampai menghapusnya dari semua anggota grup.

Selain itu, Telegram juga memungkinkan para pengguna dapat mengatur obrolan pada grup sesuai privasi. Karena Telegram bisa diatur menjadi grup privat atau publik yang hanya dapat diakses jika diundang administrator grup.

Kelebihan Grup Telegram

Pada grup telegram, kalian dapat membicarakan apa saja, seperti sekedar mengobrol atau berdiskusi. Lain halnya dengan anggota grup WhatsApp yang dibatasi hanya sampai ratusan, justru grup Telegram bisa menampung sampai 200.000 anggota.

Namun tidak sedikit pengguna menganggap jika fitur Channel dan Telegram merupakan dua hal sama, padahal keduanya berbeda. Channel biasanya hanya menawarkan akses untuk berkumpul saja pada anggota, akan tetapi tidak dapat menanggapi obrolan antara satu dan yang lain pada channel tersebut.

Ini artinya, fitur channel biasanya hanya dikhususkan untukĀ broadcast. Para pengguna yang telah bergabung pada sebuah channel Telegram, dinamakan pelanggan atauĀ subscriber. Belum lagi, channel tidak mempunyai kapasitas maksimal dariĀ subscriber.

Berikut ini, ada beberapa fitur unggulan Grup Telegram yang perlu kalian ketahui :

1. Dapat Memilih Pengiriman File Asli Maupun Hasil Kompres

Dibandingkan WhatsApp, Telegram bisa mengirimkan file asli tanpa hasil kompres. Dengan kata lain, kalian dapat mengirimkan file dalam ukuran yang besar bahkan bisa mencapai Giga Byte untuk sekali kirimnya. Kalaupun hasil kompres, pastinya tergantung keinginan pengirim.

2. Daya Tampung Anggota Hingga Ratusan Ribu

Keunggulan grup Telegram lainnya yaitu kapasitas pengguna sampai ratusan ribu orang. Kalian bisa bandingkan dengan WhatsApp yang maksimal hanya sampai ratusan pengguna. Mengingat jumlahnya sangat banyak, maka grup Telegram dapat dijadikan andalan bagi kalian yang ingin membuat grup dengan jumlah anggota yang banyak.

3. Mode Lambat

Dengan pengguna yang jumlahnya sangat banyak, sudah tentu merepotkan apabila ada chat masuk secara bersamaan. Akan tetapi, kalian jangan khawatir sebab admin grup dapat mengaktifkan layanan mode lambat.

Melalui mode lambat ini chat di dalam grup nantinya akan masuk secara teratur. Hanya saja, mode terseut harus diaktifkan admin apabila pengguna di Telegram terlalu banyak.

4. Dapat Menyembunyikan Nomor Ponsel

Telegram sangat mengutamakan privasi pengguna, karena menawarkan fitur untuk menyembunyikan nomor ponsel. Melalui fitur menyembunyikan nomor ponsel pengguna lain pada grup, maka anggota lain tidak akan mengetahui nomor asli dari pengguna.

Tentu saja fitur tersebut berguna sekali untuk mencegah aksi kejahatan dari Telegram. Akan tetapi, kalian harus memastikan kembali jika kalian telah mengaktifkan fitur menyembunyikan nomor ponsel di Telegram.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa kalian dapatkan dari Telegram terutama jika sudah masuk ke dalam sebuah grup Telegram karena tujuan tertentu. Selebihnya tinggal memanfaatkannya dengan benar sehingga akan sangat mudah dalam mengatur chatting yang masuk.

Membuat Grup Telegram

Sebelum membahas cara mengetahui anggota grup Telegram, kalian perlu mengetahui cara membuat grup Telegram terlebih dahulu. Untuk membuat grup ini, kalian dapat melakukannya lewat hp, entah itu hp iOS atau android. Selain itu, bisa memakai PC atau leptop lewat layanan Telegram desktop dan Telegram Web.

Akan tetapi, tutorial berikut akan menjelaskan terkait cara grup Telegram melalui hp. Ini langkah-langkahnya :

  • Buka Telegram dan masuk ke akun Telegram kalian seperti biasa.
  • Tekan ikon bertuliskanĀ chat baruĀ di samping kanan bawah.
  • KetukĀ Grup BaruĀ atauĀ Add New Group.
sumber : dailysocial.id
  • Lalu tambahkan anggota minimal sebanyak 1 orang, kemudian tekanĀ next di samping kanan bawah.
  • Silahkan inputkan nama grup tergantung keinginan kalian.
  • Lalu masukkan foto profil pada grup yang kalian buat langsung dari galeri ponsel kalian, dan tekan ikon ceklis di sebelah kanan bawah.
  • Kini kalian sudah selesai membuat grup Telegram menggunakan pengaturan bawaan atau default.

Kalian masih dapat mengubah setelan grup tersebut, seperti mengubah nama grup, foto profil dan menambahkan deskripsi.

Cara Mengetahui Anggota Grup Telegram

Cara Mengetahui Anggota Grup Telegram
Tutorial Mengetahui Anggota Grup Telegram

Selain dapat membuat grup Telegram dengan mudah, kalian juga bisa mengetahi anggoa grup Telegram dengan mudah ketika bergabung ke salah satu grup tertentu. Simak cara mengetahui anggota grup Telegram di bawah ini :

1. Buka Aplikasi Telegram

Silahkan buka aplikasi Telegram seperti biasanya dan masuk ke akun Telegram.

2. Gabung Dengan Grup Telegram

Sebelum mengecek anggota grup, pastikan dulu kalian sudah bergabung ke salah satu grup Telegram. Sebagai informasi, ada beberapa metode cara bergabung ke dalam grup Telegram, diantaranya sebagai berikut :

Cara ke 1 : Melalui Kolom Pencarian

  • Masuk pada kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman depan aplikasi Telegram.
  • Selanjutnya ketik nama grupnya. Perhatikan tulisannya, baik dalam bentuk angka maupun huruf, atau kombinasi keduanya.
  • Setelah menemukan grup yang dituju, silahkan ketuk grup tersebut.
  • Lalu, apabila sudah masuk ke dalam grup Telegram. Tekan gabung di bagian bawah dan secara otomatis, kalian sudah bergabung ke dalam grup Telegram yang diinginkan.

Cara pertama ini biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin bergabung ke dalam grup terbuka di komunitas tertentu. Dengan begitu, pada kolom pencarian Telegram, grup tersebut akan mudah di temukan.

Cara ke 2 : melalui link tautan

Cara ini cukup mudah, tinggal klik link tautan yang dikirimkan oleh admin grup Telegram, secara otomatis kalian akan masuk ke dalam grup tersebut. Biasanya cara ini dikhususkan bagi orang-orang yang masuk ke grup khusus, seperti grup perusahaan sebab bersifat pribadi.

3. Masuk Pada Profil Grup

Cara mengetahui anggota grup Telegram selanjutnya, jika sudah bergabung dengan grup tersebut, ketuk profil grup yang ada di bagian atas. Kalian boleh klik ikonnya ataupun tulisannya karena dengan klik pada bagian tersebut maka akan masuk pada halaman profil dari grup Telegram yang kalian ikuti.

4. Melihat Anggota Grup

Setelah masuk ke dalam grup Telegram, lanjutkan dengan memilih profil group tersebut. Kalian selanjutnya dapat melihat seluruh anggota group. Biasanya untuk pengurus grup, kalian akan diperlihatkan tulisanĀ pemilik disebelah nama anggota tersebut.

 

Itulah beberapa tahapan cara mengetahui anggota grup Telegram yang bisa kalian coba, jika penasaran dengan anggota grup Telegram.

Related posts