5+ Cara Menyalakan Laptop yang Benar 😏

Cara Menyalakan Laptop
Cara Menyalakan Laptop

WIGATOS.com | Laptop adalah alat penting yang berguna buat pekerjaan atau tugas apapun. Makanya, baik pelajar maupun karyawan wajib punya laptop untuk menunjang aktivitas sehari-harinya. Selain itu, bagi pelajar atau mahasiswa yang baru pertama kali memiliki laptop wajib tahu gimana cara menyalakan laptop.

Ada banyak keunggulan memakai laptop, antara lain menawarkan fleksibilitas, multifungsi dan portabilitas yang bisa membantumu melakukan banyak aktivitas. Mulai dari mengerjakan tugas, belajar, mengerjakan kerjaan kantor, bermain game hingga hiburan.

Read More

Namun, sebelum bisa menikmati semua fitur dan fungsi yang ada pada laptop, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui cara menyalakan laptop dengan benar dan aman. Bagi kamu yang sering melakukan pekerjaan di laptop juga wajib tahu cara menyambungkan wifi ke laptop.

Cara Menyalakan Laptop

Cara Menyalakan Laptop
Cara Menyalakan Laptop

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menyalakan laptop dengan benar, pastinya kamu harus mengetahui langkah-langkah berikut :

1. Menyalakan Laptop dengan Menekan Tombol Power

Cara menyalakan laptop pertama yaitu dengan menekan tombol power. Tombol power adalah tombol yang berbentuk lingkaran dengan garis vertikal di dalamnya, atau pada laptop tertentu tombolnya berbentuk persegi Panjang yang memiliki logo khusus.

Biasanya tombol power terletak di bagian atas, di bagian samping atau di bagian bawah tergantung dari merek laptop yang digunakan. Untuk menyalakan laptop dengan cara yang pertama ini, kamu perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pastikan laptop terhubung ke sumber daya listrik untuk jaga-jaga baterai tidak terisi. Jika sudah dipastikan baterai laptop masih cukup untuk menyalakan laptop. Maka hal ini tidak perlu dilakukan tanpa harus terhubung ke sumber daya listrik.
  • Buka layar laptop dengan cara menariknya ke atas. Pastikan agar layar terbuka dengan sudut yang nyaman untuk dilihat. Biasanya sudah yang cukup nyaman yaitu 120 derajat.
  • Tekan tombol power hanya dengan menekannya sekali, lalu segera lepaskan. Jangan menahan tombol power terlalu lama karena akan merusak system yang ada. Bahkan dalam kondisi nyala jangan sekali-kali menekan tombol power terlalu lama karena dapat menyebabkan laptop mati secara paksa tanpa loading terlebih dahulu.
  • Tunggu hingga proses booting selesai. Proses booting yaitu proses dimana sistem operasi laptop dimuat ke dalam memori. Biasanya proses booting memerlukan waktu beberapa detik hingga beberapa menit sesuai dengan spesifikasi dan kondisi laptop yang kamu gunakan.
  • Masukkan kata sandi atau PIN jika diminta apabila sebelumnya kamu telah mengatur kata sandi atau PIN untuk melindungi akun pada laptop. Dengan begitu, kamu harus memasukkannya sebelum bisa masuk ke desktop atau layar utama laptop.

2. Menyalakan Laptop dengan Menggunakan Tombol Fn

Kedua, kamu bisa menyalakan laptop dengan memakai tombol Fn. Tombol Fn yaitu tombol fungsi yang bisa digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tertentu pada laptop, termasuk fitur wifi.

Umumnya tombol Fn ini berwarna biru atau abu-abu sesuai merek laptop yang digunakan dan terletak di pojok kiri bawah keyboard. Untuk menyalakan laptop menggunakan cara ini, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut:

  • Pastikan laptop terhubung ke sumber daya listrik seperti langkah-langkah pada cara yang pertama.
  • Buka layar laptop seperti cara pertama.
  • Tekan tombol Fn bersamaan dengan tombol lain yang memiliki ikon power. Biasanya, ikon power terdapat di salah satu tombol F1 sampai tombol F12.
  • Setiap merek dan tipe laptop memiliki kombinasi tombol yang berbeda-beda untuk menyalakan laptop dengan cara ini. Sehingga kamu harus memastikannya sesuai dengan merek laptop, bila perlu bisa melihat di buku manual atau situs resmi produsen laptop yang kamu gunakan.
  • Tunggu hingga proses booting selesai seperti.
  • Masukkan kata sandi atau PIN jika diminta sebelum bisa masuk ke layar utama laptop.

3. Menyalakan Laptop dengan Mouse atau Touchpad

Cara ketiga yang juga cukup simpel untuk menyalakan laptop yaitu dengan menggunakan mouse atau touchpad. Mouse adalah sebuah alat penunjuk yang bisa digerakkan di atas permukaan datar untuk menggerakkan kursor di layar laptop.

Sementara itu, touchpad adalah alat penunjuk yang terintegrasi dengan keyboard laptop dengan cara disentuh menggunakan jari untuk menggerakkan kursor di layar laptop. Silakan ikuti panduan buat menyalakan laaptop di bawah ini :

  • Pastikan laptop terhubung ke sumber daya listrik.
  • Buka layar laptop dengan kemiringan yang disesuaikan berdasarkan kenyamanan kamu menggunakan laptop.
  • Gerakkan mouse atau touchpad secara acak. Jika laptop mendukung fitur ini, maka laptop akan menyala secara otomatis. Jika tidak, maka kamu harus menggunakan cara lain untuk menyalakan laptop.
  • Tunggu hingga proses booting selesai seperti langkah-langkah di atas.
  • Masukkan kata sandi atau PIN jika diminta pada layar laptop sebelum masuk ke jendela utama.

4. Menyalakan Laptop Menggunakan Keyboard

Cara menyalakan laptop selanjutnya yaitu menggunakan keyboard. Keyboard adalah alat input yang terdiri dari berbagai tombol yang bisa ditekan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam laptop.

Biasanya posisi keyboard berada di bawah layar laptop, dan selalu terhubung dengan laptop menggunakan kabel atau nirkabel yang ada di baliknya. Kamu bisa lakukan metode di bawah ini :

  • Pastikan laptop terhubung ke sumber daya listrik untuk menghindari kehilangan daya pada saat booting.
  • Buka layar laptop dengan kemiringan yang disesuaikan berdasarkan kenyamanannya.
  • Tekan tombol Enter atau Esc pada keyboard. Jika laptop kamu mendukung fitur ini, maka laptop akan menyala secara otomatis. Jika tidak, silakan untuk menggunakan care yang lain yang sudah dijelaskan di atas.
  • Tunggu hingga proses booting selesai.
  • Masukkan kata sandi atau PIN jika diminta untuk memasukkannya sebelum masuk ke jendela utama laptop.

5. Menyalakan Laptop Menggunakan Tombol Assist

Cara kelima dan terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menyalakan laptop yaitu dengan menggunakan tombol Assist. Tombol Assist adalah tombol khusus yang hanya ada di beberapa merek dan tipe laptop tertentu, seperti merek Sony Vaio.

Fungsi dari tombol Assist adalah buat mengakses menu pemulihan sistem atau recovery system yang bisa digunakan untuk memperbaiki masalah atau mengembalikan pengaturan laptop ke kondisi awal.

Untuk menyalakan laptop dengan cara ini, maka kamu perlu mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat seperti yang akan dijelaskan berikut:

  • Pastikan laptop terhubung ke sumber daya listrik.
  • Buka layar laptop terlebih dahulu.
  • Tekan tombol Assist yang biasanya posisinya terletak di bagian atas keyboard atau berada di samping tombol power.
  • Laptop akan menyala dan menampilkan menu pemulihan system sesaat setelah menekan tombol Assist.
  • Pilih Start your VAIO atau Start Windows normally untuk memulai laptop dalam mode normal.
  • Jika ingin opsi yang lain, kamu bisa memilih opsi sesuai dengan kebutuhan, seperti Troubleshoot, Reset your PC, Restore Windows, atau Advanced options.
  • Tunggu hingga proses booting selesai.
  • Masukkan kata sandi atau PIN jika diminta.

Itulah beberapa cara menyalakan laptop yang bisa kamu coba sesuai dengan merek dan tipe laptop yang kamu miliki. Semoga bermanfaat!

 

Related posts