Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Cara Menghubungkan HP ke Laptop
Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Apakah kamu ingin menghubungkan HP ke laptop atau PC milikmu? Bagaimana cara menghubungkan HP ke laptop? Artikel kali ini akan membantumu menghubungkan HP ke laptop dengan jelas dan mudah.

HP dan Laptop

Perkembangan zaman telah membawa banyak penemuan yang berguna bagi kehidupan umat manusia. Mulai dari alat transportasi, perkembangan industri hingga teknologi informasi dan komunikasi. Berbagai penemuan tersebut tak lepas dari kebutuhan manusia yang semakin bertambah. Begitu pula dengan kemunculan dua gadget paling digemari saat ini, Hp dan Laptop yang di zaman sekarang bisa saling terhubung.

Read More

Memiliki dua fungsi yang berbeda, teknologi HP hadir lebih dahulu daripada Laptop. HP adalah sebuah alat bantu komunikasi yang merupakan hasil inovasi dari produk lamanya, yaitu telepon. Dahulu, telepon benar benar hanya berfungsi sebagai alat komunikasi suara. Tidak ada fungsi lain. Tidak ada perpesanan, tidak bisa dibawa kemana mana, hanya berupa alat komunikasi yang harus selalu terhubung dengan aliran listrik. Seiring perkembangan dan inovasinya, ditemukanlah HP, sebuah perangkat telepon yang bisa dibawa kemana saja dan memiliki fungsi yang kompleks.

Berawal dari fungsi untuk mengirim pesan teks, fitur yang terdapat di dalam HP menjadi semakin kompleks. Seperti fitur bermain game, memutar musik, hingga mengelola file multimedia seperti gambar dan video. Semuanya bisa dilakukan memanfaatkan teknologi yang terbaru. Kemampuan HP untuk mengelola file multimedia inilah yang membuat HP berpotensi untuk dihubungkan dengan Laptop, yang memiliki kemampuan lebih besar untuk mengelola file.

Berbeda dengan HP yang merupakan teknologi komunikasi, Laptop lebih berfungsi sebagai alat pengolahan data dan kalkulasi. Merupakan hasil inovasi dari teknologi sebelumnya yaitu Komputer, Laptop memiliki kelebihan sama seperti HP. Kelebihan laptop dibanding komputer adalah laptop lebih fleksibel untuk dibawa keluar daripada komputer yang memiliki komponen lebih besar dan harus tersambung listrik. 

Sama sama fleksibel untuk dibawa keluar, inilah yang membuat laptop dan HP sangat berpotensi untuk saling terhubung. Dengan menghubungkan HP ke laptop, kamu bisa melakukan banyak fungsi multitasking dengan lebih efektif.

Manfaat Menghubungkan HP ke Laptop

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, menghubungkan HP ke laptop memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah kamu bisa mengolah data multimedia dengan baik. Selain itu, berikut adalah berbagai manfaat menghubungkan HP ke laptop.

  • Menyimpan file berukuran besar. Memiliki kapasitas memori yang relatif lebih besar dari HP, membuat Laptop sering dijadikan tempat menyimpan file dengan ukuran yang lumayan besar. Bayangkan saja misalkan kamu memiliki file dengan ukuran 10 GB, tentu akan sangat terasa berat di penyimpanan HP milikmu. Sebesar apapun memori penyimpananmu, akan lebih baik jika file kamu pindahkan ke laptop dengan cara menghubungkan HP ke laptopmu.
  • Mengamankan file penting. File yaag akan kamu pindahkan ke laptop tidak melulu harus yang berukuran besar, file-file yang berukuran kecil juga perlu kamu lakukan backup di laptop apabila file tersebut dirasa merupakan sebuah file yang penting. Hal ini dikarenakan laptop bersifat lebih pribadi dibandingkan HP yang mobilitasnya lebih fleksibel. Kamu tentu tak ingin foto foto dan dokumen penting milikmu dilihat oleh orang lain.
  • Mengolah file berekstensi khusus. Meskipun saat ini telah banyak dikembangkan aplikasi mobile yang memungkinkan kamu untuk melakukan banyak pekerjaan digital, namun sensasi mengolah file menggunakan laptop tidak bisa tergantikan. File-file seperti dokumen word, akan lebih nyaman bila diolah melalui laptop yang memiliki layar lebih besar daripada HP. Begitu pula dengan file desain vektor dan bitmap, yang membutuhkan perangkat dengan tenaga yang kuat.
  • Mengisi daya. Jika kamu berada dalam situasi low battery dimana tidak ada akses listrik, kamu bisa mencoba menghubungkan HP mu ke laptop. Dengan menghubungkan HP ke laptop, daya baterai HP mua akan terisi meskipun tidak seefektif jika kamu menggunakan charger HP milikmu.

Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Cara Menghubungkan HP ke Laptop
Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Setelah mengetahui beberapa manfaat menghubungkan HP ke laptop, apakah kamu sudah tertarik untuk memulai menghubungkan HP mu ke laptop? Jika iya, kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk menghubungkan HP milikmu ke laptop. Sebelum memulai membahas mengenai langkah-langkah menghubungkan HP ke laptop, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelumnya. Antara lain :

  • HP. Sudah pasti kamu harus menyiapkan HP mu. Pastikan HP mu memiliki daya baterai yang cukup. Meskipun dengan menghubungkan HP ke laptop akan mengisi daya, namun kamu perlu memiliki daya yang cukup minimal 20% agar proses menghubungkan HP ke laptop bisa berjalan lancar. Pastikan juga port charge di HP mu tidak mengalami gangguan dan bisa terpasang kabel dengan baik.
  • Kabel data. Kabel data dengan sambungan USB juga perlu kamu persiapkan. Pastikan kabel data tidak mengalami kerusakan fisik seperti sobek atau terputus yang berisiko merusak fungsi kabel untuk transfer data. Pastikan juga kamu memilih kabel yang cocok dengan port di HP mu, apakah itu USB type C atau Micro USB.
  • Laptop. Setelah menyiapkan HP dan kabel, kamu juga perlu mempersiapkan laptopmu. Pastikan laptopmu bisa berfungsi dengan normal dan memiliki port USB yang normal pula. Jika laptop milikmu tidak memiliki port USB yang normal, kamu perlu melakukan perbaikan terlebih dahulu. 

Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel

Setelah semua persiapan selesai, kini saatnya untuk membahas bagaimana langkah-langkah menghubungkan HP ke laptop yang benar. Sebenarnya, menghubungkan HP ke Laptop sangatlah mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Masukkan kabel data ke port HP mu dan sambungkan ke port USB di laptop.
  • Perhatikan pada layar HP milikmu, akan muncul notifikasi yang memberimu beberapa pilihan, antara lain :
    • Transfer File. Pilihan ini akan membuatmu mampu melakukan transfer file antara HP dan Laptop.
    • Camera. Pilihan ini akan membuatmu mampu menggunakan HP sebagai kamera untuk laptop milikmu.
    • Charging Only. Jika kamu mengaktifkan pilihan ini, kamu hanya akan mengisi daya HP tanpa melakukan apa-apa
  • Pilih salah satu opsi yang kamu inginkan. 
  • Sekarang HP milikmu sudah tersambung dengan laptop

Cara Menghubungkan HP ke Laptop Sebagai Modem

Selain berfungsi sebagai alat transfer file, menghubungkan HP ke laptop juga bisa digunakan untuk memberikan sinyal internet kepada laptopmu. Kebanyakan HP di zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur berbagi koneksi internet seperti itu. Terdapat 2 cara menghubungkan HP ke laptop sebagai modem. Kedua cara tersebut yakni :

  • Menghubungkan dengan kabel data. Ikuti proses menghubungkan HP ke laptop dengan kabel di atas. Kemudian, buka Setting > Network & Internet > Hotspot & Tethering > USB Tethering
  • Menghubungkan tanpa kabel data. Ikuti langkah di atas tanpa menghubungkan HP dengan laptop dengan kabel. Setelah membuka menu Hotspot & Tethering, klik Wifi Hotspot. Klik On.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghubungkan HP ke Laptop. Selain dihubungkan ke Laptop, HP juga bisa dihubungkan ke TV. Lihat caranya disini. Semoga bermanfaat.

Related posts