6+ Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop Dengan Mudah👩‍💼

Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop
Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop

WIGATOS.com | WiFi singkatan dari Wireless Fidelity adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya mengakses internet tanpa harus menggunakan kabel. Akses jaringan wifi banyak digunakan pengguna hp maupun laptop untuk menghemat anggaran buat pemakaian internet. Lantas, bagaimana cara menyambungkan wifi ke laptop yang mudah?

Para pengguna laptop rasanya perlu mengetahui langkah-langkah untuk menghubungkan wifi ke laptop. Mengingat pentingnya akses wifi untuk aktivitas sehari-hari, terutama pekerjaan atau hal lainnya yang membutuhkan jaringan internet.

Read More

Bukan hanya bisa mengetahui cara menyambungkan wifi ke laptop, kamu juga bisa coba cara mengetahui siapa saja yang menggunakan wifi dengan metode yng sudah kita bahas sebelumnya!

Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop

Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop
Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop

Kamu yang baru pertama kali menggunakan wifi di laptop, ada beberapa pilihan untuk menghubungkan wifi ke laptop yang perlu kamu tahu. Jika penasaran, silakan ikuti beberapa caranya di bawah ini :

1. Menyambungkan WiFi ke Laptop lewat Tombol Wifi

Cara pertama yang paling mudah dan praktis dilakukan yaitu dengan menggunakan tombol wifi yang ada di laptop kamu.

Tombol ini biasanya berbentuk seperti antena atau gelombang radio yang terletak di atas atau di samping keyboard laptop.

Selain itu, tombol tersebut biasanya berfungsi buat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur wifi di laptop kamu dengan sangat mudah.

Untuk menyambungkan wifi ke laptop dengan cara ini, cukup sekali tekan tombol wifi tersebut hingga lampu indikatornya menyala atau logo wifi yang ada di taskbar berubah menjadi aktif.

Setelah itu, kamu bisa memilih jaringan wifi yang kamu inginkan dari daftar yang muncul di layar. Kemudian masukkan kata sandi jaringan wifi tersebut jika diminta lalu tekan tombol sambung.

Jika ingin menonaktifkan wifi pada jaringan tersebut, kamu tinggal menekan tombol wifi kembali seperti semula hingga lampu indikatornya padam atau logo wifi yang ada di taskbar berbuah menjadi tidak aktif.

2. Menyambungkan Wifi ke Laptop melalui Tombol Fn

Cara menyambungkan wifi ke laptop kedua yaitu dengan menggunakan tombol Fn yang ada di keyboard laptop kamu. Tombol Fn adalah tombol fungsi yang bisa digunakan untuk mengakses fitur-fitur tertentu di laptop termasuk salah satunya fitur wifi.

Biasanya tombol Fn ini berwarna biru atau abu-abu, dan terletak di pojok kiri bawah keyboard dekat dengan tombol CTRL.

  • Untuk menyambungkan wifi ke laptop dengan cara ini, kamu hanya perlu menekan tombol Fn secara bersamaan dengan tombol lain yang memiliki ikon wifi.
  • Biasanya, ikon wifi terdapat di salah satu tombol F1 sampai F12. Karena setiap laptop memiliki tombol dengan ikon wifi yang berbeda-beda, maka cobalah menekan tombol kombinasi yang disesuaikan dengan merek laptop yang kamu gunakan.
  • Setelah menekan kombinasi tombol yang dimaksud, maka lampu indikator atau logo wifi akan menyala atau aktif.
  • Langkah berikutnya cukup memilih jaringan wifi yang kamu pilih dari daftar yang muncul di layar. Terakhir masukkan kata sandi jaringan wifi tersebut jika diminta kemudian tekan sambung.

Jika kamu ingin menonaktifkan wifi, cukup menekan kombinasi tombol tadi (seperti pada saat menyalakan wifi) kembali hingga lampu indikator atau logo wifi padam atau berubah menjadi tidak aktif.

3. Menyambungkan Wifi ke Laptop melalui Control Panel

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan Control Panel. Control Panel adalah salah satu menu utama yang merupakan tempat dimana penggunanya bisa mengatur berbagai pengaturan.

Metode ini juga dapat kamu gunakan untuk laptop dengan sistem operasi Windows 7, 8, atau Windows 10. Untuk menyambungkan wifi ke laptop dengan menggunakan cara ini, kamu hanya perlu ikuti langkah berikut :

  • Buka Control Panel melalui menu Start atau pada pencarian Windows.
  • Pilih Network and Internet, selanjutnya pilih Network and Sharing Center dan pilih opsi Change adapter settings.
  • Klik kanan pada Wireless Network Connection atau Wifi (tergantung pada versi Windows yang digunakan), kemudian pilih Enable.
  • Setelah itu, klik kanan Kembali pada Wireless Network Connection atau Wifi yang kamu pilih, kemudian pilihlah Connect/Disconnect.
  • Pilih jaringan wifi yang kamu pilih tersebut dari daftar yang muncul di layar. Masukkan kata sandi jaringan wifi jika diminta kemudian tekan sambung.

Jika ingin menonaktifkan wifi, maka kamu tinggal mengulangi langkah-langkah di atas, namun pilih Disable pada langkah yang ketiga.

4. Menyambungkan Wifi ke Laptop melalui Taskbar

Cara menyambungkan wifi ke laptop selanjutnya yaitu menggunakan Taskbar. Metode ini termasuk yang paling mudah dilakukan.

Taskbar adalah baris horizontal yang berada di bagian bawah layar laptop, yang didalamnya berisi berbagai ikon dan menu.

Salah satu ikon yang ada di taskbar yaitu ikon wifi yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan wifi ke laptop.

Untuk menyambungkan wifi ke laptop dengan menggunakan cara ini, kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah:

  • Klik pada ikon wifi yang berada di taskbar. Ikon ini berbentuk seperti antena atau gelombang radio, biasanya tepat berada di sebelah kanan taskbar.
  • Pilih jaringan wifi yang kamu inginkan yang muncul pada daftar di layar sebelah kanan. Masukkan kata sandi jaringan wifi tersebut jika diminta, kemudian tekan sambung.

Jika ingin menonaktifkan wifi yang sudah aktif, kamu cukup klik pada ikon wifi tersebut kembali, lalu pilih opsi Turn Wi-Fi off.

5. Menyambungkan Wifi ke Laptop Menggunakan System Preferences

Kamu juga bisa menggunakan System Preferences. System Preferences adalah tempat dimana penggunanya bisa dengan mudah mengatur berbagai pengaturan dan fitur di laptop, termasuk fitur wifi.

Cara ini bisa digunakan untuk laptop dengan sistem operasi Mac. Untuk menyambungkan wifi ke laptop dengan menggunakan cara ini, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka System Preferences melalui menu Apple atau Dock pada laptop kamu.
  • Pilih Network kemudian pilih menu Wifi.
  • Aktifkan fitur wifi dengan cara menyalakan tombol yang berada di sebelah kiri.
  • Pilih jaringan wifi yang kamu inginkan dari daftar yang muncul di layar.
  • silakan masukkan kata sandi jaringan wifi jika diminta, kemudian tekan sambung.

Jika ingin menonaktifkan wifi, cukup mematikan tombol yang berada di sebelah kiri.

6. Menyambungkan Wifi ke Laptop Menggunakan Menu Bar

Cara keenam dan terakhir yang juga sangat mudah dalam pengaplikasiannya yaitu dengan menggunakan menu bar. Menu bar adalah baris horizontal yang berada di bagian atas layar laptop kamu, dengan berbagai macam ikon dan menu.

Salah satu ikon yang ada di menu bar yaitu ikon wifi, yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan wifi ke laptop. Untuk menyambungkan wifi ke laptop menggunakan cara ini, kamu perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Klik pada ikon wifi yang ada di menu bar.
  • Ikon wifi berbentuk seperti antena atau gelombang radio, biasanya ikon tersebut berada di sebelah kanan menu bar.
  • Pilih jaringan wifi yang kamu inginkan dari daftar yang muncul di layar.
  • Masukkanlah kata sandi jaringan wifi tersebut jika diminta, lalu tekan sambung.

Bagaimana, cara menyambungkan wifi ke laptop di atas sangat mudah dilakukan bukan? Silakan pilih salah satu metodenya saja yang paling mudah kamu lakukan.

Related posts