Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop

Setiap pengguna laptop, tentu harus tahu bagaimana cara membersihkan layar laptop. Mengingat layar laptop adalah salah satu komponen penting pada perangkat laptop untuk menampilkan lembar kerja atau gambar pada laptop. Jika layar laptop berfungsi dengan baik, maka semua pekerjaan yang berhubungan dengan laptop akan menjadi mudah.

Layar laptop sebenarnya cukup rentan terkena debu, karena hampir setiap waktu digunakan saat kita membuka laptop itu sendiri. Namun sayangnya, kebanyakan mengabaikan kotoran atau debu yang menempel pada layar laptop. Padahal debu atau kotoran yang menempel pada layar laptop bisa mengganggu kenyamanan ketika sedang menggunakan laptop.

Read More

Banyak pengguna yang merawat keyboard, mouse maupun bagian internal komputer, seperti hardware atau yang lainnya. Namun tidak jarang mereka justru mengabaikan layar laptop sehingga menjadi kotor dan terkesan laptop kurang di rawat. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara membersihkan layar laptop dengan benar dan aman dilakukan.

Perbedaan LCD dan Touchscreen pada Layar Laptop

Sejak diperkenalkannya laptop, kini teknologi layar laptop sudah mulai mengalami perkembangan dari yang awalnya  bertipa LCD hingga kini diperkenalkan tipe touchscreen. Namun Kedua jenis ini tentunya berbeda, oleh karena itu ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui. Tujuannya supaya ketika membersihkan layar laptop, kalian lebih hati-hati.

1. Layar LCD

Liquid Crystal Display, biasa disebut atau disingkat menjadi LCD. Ini adalah periferal dengan peranan yang sangat penting bagi kinerja komputer, laptop maupn yang lainnya.

Fungsi LCD ini menampilkan output atau keluaran berbentuk gambar, yang menawarkan kualitas gambar bervariasi. Oleh sebab itu, layar LCD harus dirawat dan dijaga dengan baik, karenanya kalian bisa memakai laptop dengan optimal.

Jika LCD pada laptop bermasalah, hal tersebut tentuna bisa mengganggu performa perangka PC atauu laptop.

Selain itu, biasanya layar satu ini cukup kuat dan tidak terlalu sensitif saat tergores. Untuk membersihkannya cukup mudah dibandingkan jika membersihkan layar laptop dengan teknologi touchscreen.

2. Layar Touchscreen

Layar touchsreen pada laptop biasanya tidak hanya memberikan tampilan visual berupa gambar dan tulisan saja. Karena dengan tipe layar ini, memungkinkan pengguna dapat mengontrol langsung hanya dengan menggunakan gerakan sederhana melalui sentuhan jari. Karena layar touchscreen sangat sensitif, maka untuk membersihkannya harus hati-hati agar tidak merusak pada sensitivitas layar laptop itu sendiri.

Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop
Tutorial Membersihkan Layar Laptop

Terlepas perbedaan kedua tipe layar laptop di atas, di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membersihkan layar laptop dengan benar. Tujuannya agar hasilnya bisa maksimal tanpa harus merusak komponen layar laptop menjadi malfungsi. Simak tutoralnya :

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan Untuk Membersihkan Layar Laptop

Sebelum memulai membersihkan layar laptop, langkah pertama yang perlu kalian siapkan adalah membeli alat dan bahan khusus untuk layar laptop. Jadi, jangan sampai asal membersihkan dengan menggunakan kain lap dan air biasa karena ada peralatan khusus untuk membersihkan layar laptop.

Tidak perlu membeli alat dan bahan yang banyak, karena yang kalian butuhkan hanya 2 jenis saja. Untuk alatnya cukup dengan menggunakan kain microfiber, sedangkan untuk bahannya yaitu semprotan khusus pembersiha layar laptop. Untuk membeli alat dan bahan ini, maka kalian perlu mendatangi toko khusus penjualan komputer dan aksesorisnya.

Jika seandainya alat dan bahan yang dibutuhkan tidak ada di toko komputer, maka kalian bisa menggunakan cara lainnya yaitu :

  • Alat : kain halus seperti kaos katun, atau kain sutera. Sedangkan untuk tissu tidak direkomendasikan.

  • Bahan : cuka putih, alkohol, dan air dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Adapun banyaknya bahan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja.

2. Mematikan Laptop

Cara membersihkan layar laptop paling tepat adalah pastikan laptop dalam kondisi mati. Selain itu, sebaiknya pastikan adaptor sudah tercabut pada laptop untuk menghindari adanya arus pendek karena akan mengakibatkan kerusakan fatal.

Sekedar informasi, jika membersihkan laptop dalam keadaan menyala, maka akan merusak komponen piksel. Dampaknya bisa menyebabkan kerusakan permanen pada laptop, seperti akan menyala sebagian atau lebih parahnya lagi mati total. Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan langkah kedua ini.

3. Menggunakan Alat Pembersih Laptop Sesuai Tingkat Kotorannya

Kotoran paling umum yang sering dijumpai pada laptop adalah debu. Berdasarkan tingkatan kotorannya, debu pada layar laptop ada yang masih sedikit (ringan) ada juga yang sudah banyak (berat). Untuk membersihkannya harus memakai alat sesuai dengan tingkat kotoranyang menempel pada layar laptop.

  • Kotoran ringan : gunakan kain microfiber saja atau kain yang sama jenisnya dengan kain pembersih pada lensa kacamata maupun kamera.
  • Kotoran berat : gunakan kain halus, katun, atau kain sutera untuk memastikan semua kotoran bisa terangkat dari layar laptop. Atau jika kotorannya sudah sangat berat, bisa menggunakan spons terlebih dahulu lalu gunakan kain halus dan terakhir gunakan kain microfiber.

4. Mulai membersihkan Layar Laptop

Secara detil, berikut akan dijelaskan bagaimana cara membersihkan layar laptop dengan tepat, agar layar bisa bersih sempurna dan tidak ada bekas lecet akibat kain yang digunakan :

  • Semprot cairan yang sudah disiapkan sebelumnya, baik itu semprotan khusus atau semprotan buatan sendiri pada layar laptop. Adapun caranya semprot di beberapa titik layar laptop minimal 3 titik terlebih dahulu.

  • Tiga titik tersebut adalah sisi samping kiri, bagian tengah, dan terakhir sisi sebelah kanan layar laptop.

  • Segera lap cairan yang menempel pada laptop tersebut dengan memulai dari sebelah kiri terlebih dahulu karena sebelumnya yang pertama kali di semprot yaitu layar laptop sebelah kiri.

  • Cara lap layar laptop yaitu dengan memakai gerakan searah, mulai dari bagian atas lalu mengarah ke bagian bawah. Hindai lap layar laptop dengan gerakan melingkar atau gerakan tidak beraturan karena akan membuat layar laptop menjadi rusak.

  • Apabila sudah di lap semuanya dengan gerakan yang sama dari atas ke bawah dan dimulai dari sebelah kiri kemudian ke kanan, selanjutnya lakukan penyemprotan kembali yang kedua untuk hasil yang maksimal.

  • Adapun penyemprotan yang kedua dilakukan dengan arah yang berlawanan yaitu mulai di semprot dari layar laptop sebelah kanan lalu di akhiri dengan layar laptop sebelah kiri.

  • Lakukan proses lap layar laptop dengan arah yang sama.

  • Apabila sudah selesai, bersihkan kembali layar laptop tersebut dengan menggunakan lap lainnya yang bersih dan kering.

  • Pastikan agar layar laptop tidak ada sisa air dari semprotan yang dilakukan sebelumnya.

  • Biasanya pada sudut kanan atau kiri sering adanya air yang tergenang, oleh karena itu agar di fokus kan pada bagian sudut tersebut.

Kesimpulan

Cara membersihkan layar laptop sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, karena kalian hanya perlu mempersiapkan peralatan yang dapat digunakan untuk membersihkan layar tersebut. Membersihkan layar laptop dapat membantu kinerja layar kalian lebih baik dan tidak menghalangi saat menggunakan laptop itu sendiri. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkannya dengan benar.

 

Related posts