Cara Memasang Eyelash Extension Sendiri

Setiap wanita tentu saja mendambakan bulu mata yang lebat dan panjang. Memakai maskara mungkin sudah biasa, dan terkesan ribet karena hanya digunakan dalam waktu yang sebentar. Kini ada metode eyelash extension yang banyak diminati, karena terbukti dapat memberikan tampilan bulu mata yang lebih cantik dan panjang dalam waktu yang lama. Hanya saja banyak orang yang belum mengetahui cara memasang eyelash extension sendiri.

Apa Itu Eyelash Extension?

Sebelum memahami cara memasang eyelash extension sendiri, Kamu harus tahu teknik kecantikan yang satu ini. Eyelash extension, biasa dikenal sebagai teknik sambung bulu mata ialah sebuah prosedur kecantikan untuk memperoleh bulu mata lentik dan panjang, yang menjadi idaman banyak wanita. Dibandingkan maskara, eyelash extension terlihat lebih alami bahkan dapat bertahan sampai 2 bulan kurang lebih.

Read More

Fakta Tentang Eyelash Extension

Sebelum memasang eyelash extension, tentu saja Kamu harus tahu beberapa fakta menarik terkait eyelash extension itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas ulasannya di bawah ini :

1. Eyelash Berbeda dari Bulu Mata Palsu

Apabila bulu mata palsu biasanya melekat di bagian kelopak mata pada satu strip, sedangkan eyelash extension biasanya dilakukan dengan menempelkan sambungan bulu mata untuk tiap helai bulu mata yang asli.

Untuk menyambungkan eyelash extension, biasanya memakai lem yang dipakai pada prosedur pembedahan. Sifat dari lem ini biasanya tahan keringat, minyak dan air, jadi lebih awet digunakan.

Terkait:  Cara Membuka Eyelash Sendiri

2. Bahan Material Bulu Mata Bervariasi

Sama seperti pada bulu mata palsu, bulu mata yang dipakai dalam teknik eyelash extension adalah bulku mata berbahan sintetis atau alami. Bahan-bahan ini umumnya bersifat tahan air, serta minim resiko dapat menimbulkan iritasi di kelopak mata.

Adapun bahan alami pada pembuatan bulu mata eyelash extension sendiri bisa saja berupa rambut manusia, benang sutra atau bulu hewan. Sedangkan biasanya bahan sintetis yang dipakai pada pembuatan bulu mata eyelash extension ialah akrilik dan bahan plastik,

3. Prosedur Pemasangan yang Cukup Lama

Teknik eyelash extension biasanya harus dilakukan secara hati-hati dan teliti. Maka dari itu, prosedur tersebut dapat berlangsung selama 2-4 jam. Saat prosedur dilakukan, Kamu biasanya harus memejamkan mata terlebih dahulu.

4. Perawatan Eyelash Sesudah Prosedur

Seiring dengan berjalannya waktu, biasanya helaian tiap bulu mata palsu secara otomatis akan rontok perlahan. Untuk meminimalisir terjadinya kerontokan sejak dini, Kamu harus menahan diri agar tidak mengucek atau menggosok mata.

Selain itu, sebaikna jangan sering bernang atau mandi menggunakan shower, sebab dapat menyebabkan tekanan di kelopak mata. Sebab bisa menyebabkan bulu mata lebih mudah rontok.

Kamu juga dianjurkan untuk lebih memilih facial wash berbasis air, dan hindari pembersih berbahan minyak. Sebab minyak dapat membuat bulu mata menjadi gampang rontok. Ketika membersihkan wajah, sebaiknya usap mata dengan hati-hati dan perlahan.

Cara Memasang Eyelash Extension Sendiri

Cara Memasang Eyelash Extension Sendiri
Tutorial Memasang Eyelash Extension

Panduan Memasang Eyelash Extension Sendiri

Ada beberapa tahapan cara memasang eyelash extension sendiri yang bisa Kamu praktekkan di rumah. Mulai dari pemilihan eyelash extension hingga pemasangannya. Berikut ulasannya!

1. Memilih Eyelash Extension

Sebelum mulai memasang eyelash extension, tentu saja Kamu harus mengetahui pemilihan eyelash dengan tepat. Pastikan Kamu memilih eyelash yang menyatu dengan bulu mata alamimu untuk mendapatkan tampilan alami.

Terkait:  Cara Bikin Eyeliner

2. Ketahui Bentuk Matamu

Hal yang tak kalah penting ialah pilih eyelash extension sesuai bentuk matamu. Dengan begitu, eyelash extension yang dipilih sangat cocok diterapkan dengan bulu mata aslimu.

  • Almond Eye, pemilik mata almond eye ini mempunyai panjang lebih besar serta tidak terllau lebar. Sebenarnya apapun gaya eyelash extension yang digunakan akan cocok bagi pemilik mata ini. Untuk gaya cat eye, bisa memberikan tampilan misterius dan memikat. Sedangkan bila gaya doll eye atau open eye yang dipilih membuat tampilan mata lebih besar, serta menjadikannya terkesan dramatis.
  • Monolid eye, pemilik bentuk mata ini umumnya tidak mempunyai lipatan, jadi eyelash extension dapat menciptakan tampilan pada bentuk mata lebih besar dan terbuka. Di samping itu, untuk pemilik mata bentuk ini umumnya mempunyai bulu mata lebih lurus. Sehingga memilih jenis bulu mata curly dapat memberikan kesan dramatis.

3. Desain dan Jenis Ekstensi

Ekstensi bulu mata biasanya tersedia ke dalam 3 jenis, yaitu sintetis, sutra dan bulu alami. Eyelash juga menawarkan berbagai macam ukuran dan tingkat ketbalan yang berbeda. Jadi, silahkan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

4. Peralatan yang Diperlukan

Ada beberapa peralatan yang diperlukan dalam cara memasang eyelash extension sendiri, diantaranya :

  • Pinset eyelash, berguna untuk memudahkan proses pemasangan bulu mata, dan meminimalisir resiko iritasi.
  • Lem eyelash, lem ini khusus untuk prosedur eyelash extension. Biasanya, lem tersebut akan berbentuk satu kemasan sedang atau kecil. Kamu bisa memiliki lem yang tahan lama dan tahan air.
  • Remover lem eyelash, dipakai untuk membersihkan sisa-sisa lem yang menempel. Pilih remover berbahan air dan bukan minyak.
  • Wadah lem eyelash, berfungsi sebagai tempat penyimpanan lem, sekaligus dapat menjaga ketahanan lem itu sendiri.
  • Eyelash cleanser, dipakai untuk membersihkan bagian bulu mata terlebih dahulu sebelum prosedur eyelash extension dilakukan.
  • Eye patch, biasanya dipakai saat proses eyelash extension. Berfungsi untuk melindungi dan menahan bulu mata yang asli bagian di bagian bawah mata ketika dilakukan pemasangan.
  • Eye tape eyelash extension, adalah lem bagian bawah mata dipakai saat proses eyelash extension.
  • Sikat bulu mata, untuk membantumu menghilangkan bulu mata berlebih serta membuatnya tetap terlihat bagus.
  • Solatip
Terkait:  Cara Merawat Eyelash

5. Tahapan Memasang Eyelash Extension

Inilah tahapan cara memasang eyelash extension sendiri yang perlu Kamu perhatikan. Diantaranya :

  • Persiapkan bulu mata alamimu, bersihkan atau hapus riasan di sekitar mata menggunakan make up remover. Bilas memakai air dan biarkan mengering supaya lem dapat menempel dengan benar. Kemudian sikat bulu matamu.
  • Posisi paling tepat dalam memasang eyelash ialah dengan cara mengangkat alis lalu lihat ke bagian bawah emelewati bagian hidungmu. Posisi ini dapat mempermudah pemasangan eyelash, sekaligus dapat mencegah lem untuk tidak mengotori bagian kelopak mata.
  • Pakai solatip lalu tempelkan pada bagian kelopak tujuannya untuk mempermudah menempelkan eyelash dengan mengangkat bagian kelopak mata.
  • Tempelkan stiker atau eye tape untuk memasihkan bagian bulu mata yang atas dan bawah, kemudian tempelkan stiker di bulu mata bagian bawah.
  • Tuangkan lem sedikit saja di dalam wadah kecil.
  • Cungkil atau ambil eyelash secara perlahan dan celupkan bagian ujungnya pada lem memakai tangan kananmu. Kemudian belah bulu mata memakai pinset menggunakan tangan kiri. Lalu tempelkan eyelash pada rambut bulu mata yang mendekati bagian akarnya, ingat jangan menempelkan di kulit yang terletak di area sekitar bulu mata sebab bisa menyebabkan iritasi.
  • Lakukan berulang mulai dari tengah sampai ujung mata luar.
  • Pakai kipas portable yang digunakan untuk mengeringkan lem, sehingga lem pada bulu mata bisa merekat dengan kuat.

Nah, itulah tahapan-tahapan cara memasang eyelash extension sendiri yang bisa Kamu praktekkan di rumah sendiri. Semoga bermanfaat!

Related posts