Cara Buat Meeting di Google Meet

  • Whatsapp

Google Meet sudah menjadi aplikasi percakapan antar grup yang populer pada masa pandemi. Hal ini dikarenakan pekerja dan pelajar harus menerapkan sistem online dan cara buat meeting di Google Meet perlu diketahui, serta diperhatikan secara seksama.

Google Meet belakangan ini sedang bersaing dengan ZOOM untuk memanjakan para pekerja kantor supaya bisa melangsungkan rapat meski terhalang jarak agar kewajibannya dapat dituntaskan dengan sempurna. Kamu bisa menggelar rapat terbuka maupun tertutup bersama rekan kerja lainnya hanya dengan menggunakan Google Meet.

Read More

Aplikasi ini bisa diakses lewat smartphone maupun PC atau laptop. Popularitasnya semakin berkembang lantaran sebagian besar masyarakat harus menyelesaikan pekerjaannya dengan sistem WFH (Work From Home). Oleh karena itu, atasan perusahaan harus menggelar rapat virtual dengan bantuan aplikasi seperti Google Meet.

Apabila kamu belum pernah memakainya, maka kami bisa membantu kalian untuk mengelola dan menggelar rapat dari Google Meet. Siapa saja pasti bisa memakainya dan tidak perlu kuota besar untuk memulai rapat terus menerus.

Selain itu, aplikasi ini sudah diunduh jutaan orang dari seluruh dunia mengingat pandemic masih melanda semua negara di dunia, termasuk Indonesia yang memaksa para pekerja harus menuntaskan pekerjaannya dari rumah.

Cara Buat Meeting di Google Meet

Cara Buat Meeting di Google Meet
Cara Buat Meeting di Google Meet

Google Meet sudah menjadi aplikasi pertemuan virtual yang mulai diandalkan beberapa orang di Indonesia, terutama para pekerja. Pasalnya, sebagian besar perusahaan harus menutup kegiatan operasional langsung selama pandemic. Oleh karena itu, atasan dan karyawan harus menyelesaikan semua pekerjaan mereka dari rumah dan agenda rapat yang bisa digelar tatap muka terpaksa harus dilakukan secara online dengan bantuan aplikasi unduhan.

Terkait:  Cara Gunakan Kuota Lokal Telkomsel

Wajar saja Google Meet mulai diandalkan dan terbukti memberi layanan berkualitas dan lebih baik daripada aplikasi serupa lainnya. Selain itu, siapa saja bisa memasangnya via gadget (Android & iOS) maupun PC untuk memudahkan kegiatan rapat dan pekerjaan lainnya yang dilakukan bersamaan. Kamu akan tahu pemakaian dan pelaksanaan rapat dengan baik lewat pembahasan kali ini.

Cara Buat Meeting di Google Meet Mudah dan Valid

Kamu bisa menggelar rapat bersama rekan kerja dengan menggunakan Google Meet. Tak sedikit orang yang belum tahu kegunaan aplikasi yang dikenal sebagai Google Hangouts tersebut. Hal ini dikarenakan mayoritas kalangan pekerja lebih sering memakai ZOOM untuk rapat virtual. Namun, kalian harus tahu manfaat dan pemakaiannya melalui ulasan berikutnya yang sudah kami rangkum untuk para pekerja dengan prosedur mudah seperti di bawah ini :

Buat Meeting di Google Meet via Gmail

  • Buka Gmail dari gadget kamu.
  • Pilih menu Start a Meeting pada menu bar bagian kiri.
  • Apabila ingin bergabung dengan kamera dan perangkat audio, tekan tombol Join Now.
  • Untuk menambah orang lain, pilih menu Copy Joining Info (Bagikan Kode Meeting), Add People dan Send Invite (Undang via Email) dan Add People dan Call (Undang via Telepon).
  • Selesai.

Buat Meeting di Google Meet via Website Browser

  • Buka aplikasi website browser (Google Chrome, Safari, Opera Mini dll) dari gadget kamu.
  • Kunjungi situs resmi Google Meet via https://www.meet.google.com/.
  • Cari dan pilih menu Join atau Start a Meeting.
  • Tekan tombol Join Now.
  • Pilih menu Copy Joining Info (Bagikan Kode Meeting), Add People and Send Invite (Undangan via Email) dan Add People and Call (Undangan via Telepon).
  • Selesai.
Terkait:  Cara Join Google Meet

Buat Meeting di Google Meet via Aplikasi Utama

  • Buka aplikasi Google Meet dari gadget kamu.
  • Untuk memulai rapat baru, pilih menu Rapat Baru.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul menu baru seperti Buat Rapat untuk Nanti (berbagi detail rapat dengan peserta nanti), Mulai Rapat Instan (mulai rapat baru dan gabung ke rapat langsung) dan Jadwalkan ke Google Calendar (jadwalkan rapat yang diarahkan ke Google Calendar).
  • Selesai.

Buat Meeting di Google Meet untuk Pemula

  • Unduh aplikasi Google Hangouts Meet via Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Tekan tombol Install.
  • Gunakan akun Gmail untuk masuk ke dalam aplikasi, tekan tombol Login.
  • Tekan tombol + di samping kanan bawah layar ponselmu.
  • Piih menu Share untuk mengundang orang-orang yang ingin diajak rapat.
  • Cari media berbagi yang ingin dipakai, tambahkan pesan kepada penerima.
  • Pilih menu Rejoin untuk bergabung kembali dengan rapat virtual (bila keluar sebelumnya).
  • Selesai.

Bagaimana Mengeluarkan Orang Lain dari Video Meeting di Google Meet?

  • Buka aplikasi Google Meet dari gadget kalian.
  • Pilih menu People di kanan halamannya.
  • Cari orang yang ingin kamu keluarkan, tekan tanda <.
  • Pilih menu Remove.
  • Selesai.

Apa Saja Kelebihan Google Meet?

Google Hangouts alias Google Meet mempunyai kelebihan yang belum tentu dimiliki beberapa aplikasi meeting online lainnya. Bagaimana tidak, mayoritas pekerja kantoran sudah mulai menggunakan video conference lewat aplikasi tersebut.

Jumlah penggunanya juga sudah menembus angka puluhan juta orang dan telah diunduh jutaan kali di Google Play Store dan App Store. Popularitasnya tidak kalah saing dengan ZOOM yang merupakan saingan utamanya. Aplikasi ini terintegrasi dengan G Suite yang merupakan platform untuk menghubungkan beberapa orang via link website, ponsel maupun laptop.

Terkait:  Cara Daftar Mobile Banking Mandiri

Tak hanya itu, beberapa kantor atau perusahaan yang menggunakan Google Apps juga bisa membuat link langsung melalui kalender di Google (Google Calendar). Aplikasinya dapat digunakan dan dikelola secara gratis supaya kegiatan rapat kalian dapat berjalan lancar tanpa hambatan selama masa pandemi.

Kenapa Google Meet Harus Terhubung dengan Google?

Kami beritahukan bahwa siapa saja yang hendak menggelar rapat via Google Meet harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut bakal mendata penggunanya lewat akun Google yang dipakai selama rapat berlangsung. Apabila kamu belum punya akun Google, maka kalian bisa masuk ke dalam aplikasi Gmail dan tekan tombol Daftar atau Sign Up dengan mengikuti intruksi untuk memperoleh akun yang diterapkan ke Google Meet.

Apakah Meeting di Google Meet Menyenangkan?

Walaupun pandemi belum berakhir, namun situasi tersebut bukan penghalang bagi kalian untuk tidak menyelesaikan pekerjaan di kantor. Google Meet bisa diandalkan untuk memudahkan kegiatan rapat bersama rekan kerja selama kalian harus bekerja dari rumah (Work From Home). Aplikasi ini memberi pengalaman seru dan menyenangkan daripada software sejenis lantaran pemakaiannya bersifat gratis serta mampu mengundang beberapa orang pada rapat yang sama.

Demikian pembahasan soal cara buat meeting di Google Meet mudah dan tervalid yang harus kamu tahu. Google Hangouts Meet yang bisa dikatakan jarang dipakai mulai mengalami kemajuan drastis selama wabah pandemi. Kamu bisa memakainya setiap hari dan mengundang siapa saja untuk bergabung ke dalam satu rapat yang sama dengan memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan, bahkan rapatnya pun bisa diagendakan ke Google Calendar (kecuali pengguna Google Workspace Essentials).

Related posts