Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri

Kalian mungkin pernah mengalami smartphone kalian yang tiba-tiba merestart sendiri. Tentu kondisi seperti ini membuat kalian panik, apalagi ketika sedang melakukan aktivitas penting. Jika hal ini terjadi, segera lakukan cara mengatasi hp restart sendiri sebelum terlambat!

Lantas, apa sih penyebab hp restart sendiri? Masalah ini sebenarnya wajar jika intensitasnya tidak terlalu sering. Akan tetapi, jika hp kalian akhir-akhir ini sering merestart sendiri tiba-tiba, dapat dipastikan ada masalah pada hp kalian.

Read More

Ini Penyebab Kenapa Hp Sering Restart Sendiri

Sebelum memahami cara mengatasi hp restart sendiri, ketahui faktor penyebabnya terlebih dahulu :

  • Hp bermasalah akibat bug. kondisi ini bisa terjadi ketika menginstall perangkat lunak atau aplikasi pihak ketiga yang berbahaya, atau mengalami gagal update.
  • Space internal tidak memadai. Ketika hal ini terjadi, biasanya membuat sistem melambat, bahkan menyebabkan terjadinya crash.
  • Full RAM. Ketika RAM sudah full bisa mengakibatkan performa pada sistem mulai terganggu, akibatnya smartphone kalian sering restart.
  • Hp mengalami crashmasalah crash bisa terjadi biasanya karena penyebab yang belum pasti.
  • Overheat, saat digunakan terlalu sering biasanya hp melepaskan panas. Hanya saja, panas yang dikeluarkan semestinya tidak terlalu tinggi, yang akhirnya membuat hp merestart dengan sendirinya.
  • Performa baterai menurun, salah satu penyebab hp sering merestart sendiri adalah dikarenakan performa hp menurun. Karena seiring pemakaian, bisa memicu penurunan kesehatan pada baterai hp.

Jika kalian sudah mengetahui penyebabnya, kalian hanya perlu mengatasi masalah hp sering restart dengan tutorial di bawah!

Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri
Tutorial Mengatasi Hp Restart Sendiri

Tutorial Mengatasi Hp Restart Sendiri

Ada beberapa opsi cara mengatasi hp restart sendiri yang perlu kalian lakukan sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini. Ini tutorialnya :

1. Nonaktifkan Hp Terlebih Dahulu

Ketika hp mengalami overheat, bahkan melewati batas suhu yang ditoleransi, sistem secara otomatis akan langsung merestart. Tujuannya adalah agar komponen pada bagian dalam perangkat tidak rusak akibat panas berlebih.

Silahkan matikan atau nonaktifkan hp terlebih dahulu sampai suhu perangkat kembali normal dan kalian bisa menggunakan hp seperti biasa kembali. Tekan tombol power atau tombol yang terletak di samping kanan hp, lalu geser ke ikon off untuk mematikan.

2. Pembaharuan Sistem Operasi Android

Selain mematikan hp, cara mengatasi hp restart sendiri selanjutnya adalah dengan mengupdate atau melakukan pembaharuan OS android kalian. Jika OS android kalian sudah diupdate ke dalam versi terbaru, maka hp bisa tetap beroperasi dengan maksimal.

Update OS Android

Pembaharuan OS ini biasanya selain menambahkan beberapa fitur terbaru, juga dapat memproteksi perangkat hp kalian dari ancaman. Jadi, jika hp restart sendiri secara tiba-tiba, bisa jadi disebabkan oleh OS android kalian masih versi lama.

Kalian bisa mengecek update OS android dengan mengakses setelan hp, lalu pilih about phone lalu cek apakah OS android sudah yang terbaru atau bukan. Tapi, biasanya sistem akan langsung memberitahkan pengguna untuk segera update OS android terbaru.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Silahkan copot pemasangan aplikasi yang tidak begitu penting dan jarang dipakai. Contohnya, ada platform media sosial yang menghabiskan memori penyimpanan lebih banyak, bahkan bisa membuat hp penuh.  Jika kalian tidak menggunakannya, sebaiknya copot saja pemasangan aplikasi tersebut agar masalah restart sendiri pada hp dapat teratasi.

Uninstall Aplikasi

Berikut tahapannya :

  • Masuk ke menu pengaturan atau setting hp.
  • Selanjutnya, pilih manajemen aplikasi.
  • Setelah itu, kalian tinggal memilih mana aplikasi yang akan dihapus.
  • Klik salah satu aplikasi yang ingin dihapus, lalu tekan uninstall untuk menghapus aplikasi.

4. Jangan Sembarangan Memasang Game

Salah satu penyebab hp sering restart sendiri adalah adanya aplikasi atau game yang membuat hp bermasalah. Bisa jadi karena kapasitasnya yang terlalu besar, sehingga tidak kompatibel dengan hp kalian.

5. Memakai Mode Hemat Daya

Seperti sudah dibahas di atas bahwa salah satu penyebab ponsel yang mati sendiri, bisa dikarenakan oleh hp yang terlalu bekerja keras sehingga mengalami panas berlebih. Jika hal ini terjadi, kalian bisa memakai mode hemat daya pada hp.

Dengan mode ini, maka perangkat kalian hanya akan memakai daya yang sedikit. Sehingga hp tidak akan bekerja keras. Selain itu, kalian juga dapat mengurangi tingkat kecerahan layar hp. Simak tahapan caranya berikut :

  • Masuk ke menu Pengaturan pada hp.
  • Lalu pilih Baterai.

 

 

  • Jika sudah, kalian akan melihat pemakaian baterai dan untuk mengaktifkan mode hemat daya, silahkan tekan mode hemat daya dan aktifkan.

 

6. Memakai Charger Original

Cara mengatasi hp restart sendiri selanjutnya yaitu dengan memastikan kalian memakai charger original. Walaupun mungkin harganya lebih mahal, namun hal tersebut dapat mempengaruhi performa hp. Jika memakai charger abal-abal justru tidak hanya berpotensi merusak baterai saja, tetapi juga prosesor hpnya. Oleh sebab itu, pastikan pakai charger original.

7. Membersihkan Internal Hp

Secara default, setiap file yang tersimpan di hp biasanya masuk ke dalam sistem penyimpanan memori internal. Jika memori internal hp terlalu penuh, dapat memicu sistem menjadi crash sebagai penyebab hp sering restart sendiri.  Kalian hanya perlu membersihkan memori internal hp untuk mengatasinya.

8. Mengosongkan RAM di HP Android

Setiap hp mempunyai kapasitas RAM yang berbeda, biasanya tergantung pada tipe hpnya itu sendiri. Kapasitas RAM mulai dari 512 MB, 1 GB, 2GB, hingga 16 GB. Mengingat salah satu penyebab hp android sering merestart sendiri karena RAM yang penuh, kalian harus sering mengeceknya.

Selain itu, kapasitas RAM yang penuh juga bisa membuat sistem crash. Kalian bisa melakukan pilihan paksa berhenti untuk mengosongkan RAM, berikut ulasannya :

  • Buka Pengaturan hp.
  • Silahkan pilih manajemen aplikasi.
  • Kemudian tekan aplikasi yang ingin dihentikan.

  • Silahkan tekan paksa berhenti alias force stop.

9. Wipe Cache Partition

Cara mengatasi hp restart sendiri selanjutnya adalah dengan wipe cache partition. Partisi pada sistem cache dapat membantu sistem mengakses data dan aplikasi dengan cpat, namun kini sudah tertinggal jauh. Oleh karena itu, pembersihan cache sangat efektif untuk sistem.

Untuk melakukan wipe cache partition, kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Masuk ke recovery mode.
  • Tekan lalu tahan tombol home, power dan volume up bersamaan. Apabila tidak berhasil, kalian bisa cek tombol kombinasi recovery mode tergantung model hp kalian di Google. Sebab beberapa hp memiliki cara yang berbeda.
  • Selanjutnya perangkat dimuat ke mode pemulihan ketika dinyalakan.
  • Mode recovery ini menawarkan pilihan untuk melakukan penghapusan cache pada perangkat. Biasanya berupa label “hapus partisi cache”.
  • Dalam tahapan ini, kalian harus memakai tombol volume.

Jika memilih metode ini, kalian tidak akan kehilangan data karena tidak menghapus data-data pada hp. Namun jangan pilih factory reset atau wipe data, sebab bisa menghapus seluruh data perangkat kalian.

Kini kalian tidak perlu bingung dan cemas lagi ketika hp sering restart sendiri, karena bisa mencoba salah satu dari 9 cara mengatasi hp restart sendiri dengan mudah di atas!

 

Related posts