Cara Daftar Kartu Prakerja

Bagi pengangguran di Indonesia yang ikut terdampak pandemi virus Covid-19 kini bisa bernafas lega dengan diluncurkannya Kartu Prakerja. Pasalnya bantuan atau tunjangan yang diberikan mencapai Rp. 3,55 juta. Lalu, bagaimana cara daftar kartu prakerja?

Seperti kita ketahui, sejak adanya pandemi Covid-19 ada banyak negara yang terdampak, baik dari segi kesehatan maupun sektor ekonomi. Salah satu negara yang ikut terdampak ialah Indonesia. Bahkan tidak sedikit perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terpaksa memberhentikan karyawannya. Karena itulah, Pemerintah berinisiatif untuk memberikan program Kartu Prakerja.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja ialah bantuan berupa biaya pelatihanu untuk masyarakat yang ingin meningkatkan atau memiliki keterampilan. Program ini ditujukan untuk para pengangguran, pencari kerja, karyawan atau buruh yang bekerja dan wirausaha.

Akan tetapi, sekarang ini kartu Prakerja hanya diprioritaskan bagi para pengangguran atau karyawan yang terkena PHK dan pengusaha mikro yang sedang mengalami penurunan penjualan akibat terdampak Covid-19.

Persyaratan Penerima Kartu Prakerja

Untuk persyaratan cara daftar kartu Prakerja sendiri, ada beberapa poin yang harus diperhatikan berikut ini :

  • Merupakan buruh atau pekerja yang dirumahkan atau terkena PHK akibat situasi pandemi Covid-19.
  • Buruh atau pekerja yang harus meningkatkan skill kompetensi kerja, terdiri dari para pemilik usaha UMKM.
  • Tidak sedang atau tidak pernah menerima bantuan dana apapun.
  • Minimal sudah berusia 18 tahun dan tidak sedang menjalani pendidikan formal.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar program kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja
Mndaftar Kartu Prakerja

Mendaftar Kartu Prakerja

Bagi pencari kerja yang telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar kartu Prakerja, Kamu bisa mencoba mengikuti cara daftar kartu prakerja. Adapun panduannya ialah sebagai berikut :

1. Buat Akun Prakerja

Mendaftar kartu Prakerja pertama ialah membuat akun kartu Prakerja. Dimana akun inilah yang nantinya dipakai untuk tempat registrasi kartu prakerja-mu.

  • Untuk regitrasi kartu prakerja, Kamu bisa mengunjungi website resmi dari laman pendaftaran di link berikut!
  • Setelah itu, para pembuat kartu akan diminta melakukan pengisian email, nama lengkap, dan password baru. Selain itu, pastikan akun email yang dipakai masih aktif, sebab email inilah nantinya yang dipakai untuk pemberitahuan. Selain itu, dalam pembuatan password sendiri sebaiknya cari yang mudah diingat tapi tidak mudah ditebak orang. Jadi, jangan sampai Kamu memakai tanggal lahir untuk dijadikan kata sandi.
  • Langkah berikutnya, Kamu akan diminta melakukan pengeeckan email di kotak masuk. Pada kotak masuk ini para pendaftar selanjutnya akan menerima pesan masuk di email dari pihak kartu pra kerja. Silahkan ikuti petunjuk untuk konfirmasi aktivasi akun. Apabila konfirmasi sudah sukses dilakukan, maka akunmu telah dinyatakan aktif. Lalu para pendaftar diminta kembali ke laman web Pra Kerja.

2. Pengisian Data Diri

Tahapan registrasi kartu Prakerja berikutnya ialah Kamu diwajibkan untuk melakukan pengisian data diri. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Kamu akan kembali diarahkan menuju situs web Prakerja sudah pembuatan akun sukses dilakukan. Lalu, Kamu akan langsung diminta menuliskan password dan email sesuai yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Jika Kamu sudah sukses login ke situs Prakerja, maka Kamu akan diminta menuliskan NIK KTP dan tanggal lahir. Apabila ssudah terisi, selanjutnya klik “Berikutnya”.
  • Sesudah itu, Kamu akan diminta mengisi biodata diri dengan lengkap lewat formulir yang tersedia. Ada beberapa data yang harus diisi berupa email, nama lengkap, alamat KTP, pendidikan, alamat domisili, foto selfie bersama KTP dan foto KTP. Jika sudah terisi semuanya, tekan “berikutnya”.
  • Selanjutnya Kamu diminta memasukkan nomor Hp yang dapat dihubungi. Selain itu, pastikan nomor Hp selalu aktif, dan para pendaftar pun akan langsung mendapatkan kode OTP lewat SMS.

3. Tes Kemampuan Dasar dan Motivasi Online

Jika kedua cara daftar kartu Prakerja di atas sudah dilewati, Kamu tinggal mengikuti tes. Dalam hal ini, para pendaftar biasanya akan disajikan soal-soal mengenai kemampuan dasar berhubungan dengan materi matematika dasar serta pengetahuan dasar lainnya. Kamu juga akan diminta menjawab beberapa soal berupa pilihan ganda dengan benar.

Apabila Kamu sudah selesai mengerjakan soal-soal tersebut, selanjutnya Kamu tinggal menanti email notifikasi yang nantinya dikirim oleh tim kartu Prakerja.

Setelah Kamu berhasil menerima email konfirmasi, selanjutnya Kamu diminta kembali menuju web kartu prakerja, ini artinya Kamu dinyatakan telah bergabung menjadi salah satu peserta kartu prakerja pada gelombang tersebut.

Panduan Supaya Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Berjalan Lancar

Kita tahu bahwa registrasi kartu prakerja sendiri dilakukan secara online. Arinya, seluruh aktivitas registrasi sampia tes kemampuan untuk para pendaftar, akan sangat tergantung terhadap koneksi internet. Jadi, supaya pendaftaran kartu prakerja berlangsung lancar dan dapat diterima, pastikan koneksi internetmu stabil terlebih dahulu.

Melalui jaringan internet stabil dan kuat, peluang kelancaran pendaftaran kartu prakerja menjadi lebih memungkinkan. Di samping itu, untuk mencegah terjadinya error ketik registrasi berlangsung, pastikan semua persyaratan dan data yang diperlukan saat mendaftarkan diri telah lengkap.

Akan tetapi, jika koneksi internetmu stabil dan semua persyaratan sudah terpenuhi namun masih saja gagal mendaftar kartu prakerja, maka Kamu dapat langsung menghubungi layanan di nomor 021-25541246.  Kamu bisa menghubungi nomor tersebut dari hari Senin sampai Jumat di hari kerja.

Bagi Kamu yang sudah sukses mendapatkan kartu prakerja, Kamu pun akan menerima uang pelatihan dan insentif. Adapun jumlah nominal yang diberikan setiap penerima kartu prakerja ialah sebesar Rp. 3.550.000. Dimana uang tersebut nantinya dikirimkan langsung ke rekening peserta kartu Prakerja.

Selain itu, uang yang didapat selain dikirim lewar nomor rekening, juga bisa lewat Gopay, linkAja, dan OVO. Bagi Kamu yang menerima uang dari kartu Prakerja, Kamu wajib mengikuti training atau pelatihan. Dimana pelatihan tersebut berlangung online. Apabila uang tersebut selama 30 hari tidak dipakai untuk mengikuti training, maka akan hangus.

Adapun sisa biaya pelatihan/training yang sudah diberikan selanjutnya wajib dipakai untuk pembelian modul pelatihan di sesi berikutnya. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa kartu Prakerja bukan berbentuk kartu secara fisik seperti kartu ATM, melainkan berbentuk kode yang terdiri atas 16 digit angka yang bisa dipakai untuk pembayaran pelatihan.

Tips Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja

Ada beberapa panduan untuk mengikuti pelatihan kartu Prakerja bagi Kamu yang sebelumnya sudah mengikuti cara daftar kartu Prakerja di atas. Berikut panduannya :

  • Kamu bisa memilih training di mitra platform resmi di web pekerja, seperti Skill Academu by Ruangguru, Tokopedia, Maubelajarapa, Pintaria, Bukalapak, Sisnaker, Pijarmahir, dan Sekolahmu.
  • Ada sebanyak 900 lebih pelatihan online, dari level pemula hingga mahir.
  • Kamu bisa bayar menggunakan 16 digit kode unik pada kart prakerja.
  • Selesaikan training online-mu, selanjutnya Kamu akan memperoleh sertifikas elektronik.
  • Jika pelatihan sudah selesai, silahkan beri rating dan ulasan terhadap training-mu untuk memperoleh insentif sesudah pelatihan.
  • Kemudian, silahkan isi 3 survey setelah pelatihan untuk mendapatkan insentif kembali untuk tiap surveinya.

Ya, itulah ulasan tentang cara daftar kartu Prakerja, tips mendapatkan karutu prakerja dan mengikuti pelatihan Prakerja. Jika sudha mendapat kartu Prakerja, Kamu bisa cek kartu Prakerja milikmu!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019