Cara Memperbaiki Hp Lemot (5 Metode) Kembalikan Performa

Cara Memperbaiki Hp Lemot
Cara Memperbaiki Hp Lemot

Saat menggunakan hp, performa adalah salah satu hal terpenting yang memang harus benar-benar dipertahankan agar hp tetap dapat dioperasikan dengan lancar. Jika performa perangkat ini mulai melambat alias lemot, bisa jadi karena beberapa faktor yang memicunya. Alhasil, membuat produktivitas hp menjadi menurun. Untuk mengembalikan performanya, ada beberapa cara memperbaiki hp lemot yang bisa kamu coba.

Cara Memperbaiki Hp Lemot

Cara Memperbaiki Hp Lemot
Cara Memperbaiki Hp Lemot

Penggunaan hp secara rutin dalam waktu yang lama, lambat laun bisa mempengaruhi performanya. Apabila hal ini terjadi, biasanya ada beberapa gejala yang dialami, seperti hp ngelag, sering lemot, atau keluar dari aplikasi secara tiba-tiba. Pemicunya juga sangat bervariasi, selain dari faktor usia penggunaan, ada pula faktor penumpukan cache, kapasitas memori internal yang sudah full atau lainnya. Apapun itu alasannya, kamu bisa coba salah satu metode di bawah ini untuk mengatasinya :

1. Cara Memperbaiki Hp Lemot dengan Bersihkan Cache Aplikasi

Mungkin terkesan sepele, tapi banyak orang mengabaikannya karena mereka tidak tahu bagaimana cara membersihkan cache pada smartphone. Jika kamu termasuk salah satunya, simak langkah-langkah ini :

  • Akses menu “Settings” di HP.
  • Kemudian temukan, dan tekan opsi “Apps” atau “Applications”.
  • Pilih aplikasi yang ingin dibersihkan dan pilih opsi “Clear Cache” atau “Storage”. Ulangi proses ini untuk semua aplikasi yang mungkin mempengaruhi kinerja HP.

2. Cara Meperbaiki Hp Lemot dengan Menghapus Aplikasi Tidak Diperlukan

Penggunaan berlebihan aplikasi yang tidak diperlukan dapat membebani sistem dan mengurangi ruang penyimpanan. Evaluasi kembali beberapa aplikasi yang terpasang di perangkat hpmu, kemudian hapus aplikasi tertentu yang tidak terlalu sering digunakan. Untuk menghapusnya, ikuti perintah di bawah ini :

  • Buka menu “Settings” terlebih dahulu.
  • Kemudian pilih “Apps” atau “Applications”.
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus, lalu pilih opsi “Uninstall”.
  • Pastikan hanya menghapus aplikasi yang tidak penting dan tidak berdampak negatif pada penggunaan HP .

3. Hapus File dan Data yang Tidak Diperlukan

Ruang penyimpanan yang penuh dapat mempengaruhi kinerja HP . Hapus file dan data yang tidak diperlukan, seperti foto yang tidak diperlukan, video, musik, dan dokumen yang sudah tidak terpakai lagi. Kamu dapat menggunakan aplikasi File Manager atau memindahkan file ke penyimpanan cloud. Bisa juga menggunakan memori eksternal untuk membagi beban kapasitas agar tidak memenuhi memori internal.

4. Nonaktifkan Animasi dan Efek Visual

Sekilas nampak estetik, membuat tampilan hpmu menjadi lebih menawan. Namun, tahukah kamu bahwa efek visual ini bisa memperberat kerja hp? Ya, sebagai solusinya kamu bisa menonaktifkan animasi dan efek visual tersebut, seperti pemakaian transisi layar, animasi jendela atau lainnya. Begini ulasannya :

  • Akses “Settings” di HP terlebih dahulu,
  • kemudian cari dan pilih “Developer Options” (jika tidak tersedia, ketuk “About Phone” dan tekan nomor build beberapa kali untuk mengaktifkan mode pengembang).
  • Di dalam “Developer Options”, cari opsi “Window animation scale”, “Transition animation scale”, dan “Animator duration scale”.
  • Ubah skala animasi menjadi “0.5x” atau kalau perlu nonaktifkan sepenuhnya.

5. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Perbarui sistem operasi HP  kamu dan aplikasi yang terpasang ke versi terbaru. Pembaruan sistem operasi dan aplikasi seringkali mencakup perbaikan bug, peningkatan kinerja, dan fitur baru yang dapat meningkatkan kecepatan dan stabilitas HP . Caranya yaitu :

  • Masuk ke “Settings”.
  • Kemudian pilih “System” atau “Software Update”.
  • Sekarang periksa apakah ada pembaruan yang tersedia atau tidak.
  • Jika ada pembaruan, mulailah unduh dan pasang pembaruan tersebut.
  • Pastikan juga untuk memperbarui aplikasi secara teratur melalui toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau App Store.

Cara memperbaiki hp lemot di atas bisa kamu pelajari, tujuannya untuk meningkatkan kembali performa hp agar bisa digunakan secara maksimal seperti sedia kala.

Related posts