Cara Memperbaiki Facebook yang Tidak Dapat Dibuka (5 Metode)

Cara Memperbaiki Facebook
Cara Memperbaiki Facebook

Saat menggunakan Facebook, ada kalanya kita mengalami beberapa kendala. Salah satunya adalah Facebook tidak bisa dibuka atau mengalami error dengan munculnya pesan “unfortunately Facebook has stopped”. Biasanya pesan ini langsung menghentikan Facebook yang sedang berjalan, sehingga tidak bisa dibuka. Lantas, bagaimana cara memperbaiki Facebook yang tidak dapat dibuka?

Cara Memperbaiki Facebook

Cara Memperbaiki Facebook
Cara Memperbaiki Facebook

Apabila kamu mengalami hal serupa, dimana tiba-tiba Facebook tidak dapat beroperasi dan tidak bisa dibuka, biasanya hal ini disebabkan oleh memori RAM sudah penuh atau adanya penumpukan cache. Sehingga tidak hanya berpengaruh pada Facebook saja, melainkan juga terhadap aplikasi lainnya. Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba berikut :

1. Cara Memperbaiki Facebook dengan Cek Konektivitas Smartphone

Silakan cek konektivitas smartphone, apakah akses internet pada hp android kamu dapat dipakai ataukah tidak. Kamu bisa mengeceknya dengan cara membuka aplikasi yang lain, semisal Play Store, Youtube atau lainya. Apabila lancar, bisa dipastikan yang mengalami error hanya Facebook.

Akan tetapi, jika sama-sama bermasalah dapat dipastikan paket internet kamu yang habis. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan mode pesawat untuk menemukan jaringan baru.

2. Cara Memperbaiki Facebook dengan Restart Hp

Metode kedua yang bisa kamu lakukan adalah restart ponsel/hp. Melalui cara ini, kemugkinan aplikasi Facebook bisa bekerja kembali. Asalkan, masalah Facebook tidak bisa dibuka dikarenakan oleh proses ngelag atau RAM penuh. Tapi apabila setelah merestart hp, masalah Facebook belum teratasi kamu harus coba cara berikutnya.

3. Pakai VPN

Belakangan ini memang gencar sekali pemblokiran media sosial yang dilakukan oleh pihak pemerintah sementara waktu. Para pengguna tidak dapat melihat atau mengirim file berupa foto maupun video, hanya berbentuk tulisan saja yang dapat dilihat. Tentu saja hal ini sangat tidak efektif, mengingat kebutuhan Facebook sudah menjadi salah satu bagian dalam kehidupan masyarakat, apalagi bagi usaha UKM atau bisnis online.

Jika masalah Facebook tidak dapat dibuka karena terkait pemblokiran oleh pemerintah, solusinya yaitu pakai VPN yang berguna untuk melakukan redirect IP hp kamu ke luar negeri, namun biasanya tergantung server VPN-nya, bisa India, Singapura atau negara lainnya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi VPN dengan mengunduhnya via Play Store.

4. Menghapus Cache Perangkat Android

Jika kamu mengakses facebook di android, maka coba hapus cache aplikasi di android. File cache sendiri memang penting guna meningkatkan performa perangkat android, karena cache sangat berguna ketika kamu membuka Facebook. Akan tetapi, jika cache menumpuk terlalu banyak juga bisa menimbulkan masalah.

Silakan buka pengaturan, lalu tekan setelan tambahan dan pilih Manajamen Aplikasi, temukan Facebook, lalu tekan Hapus Cache. 

5. Menghapus Data Facebook

Masih belum juga berhasil meskipun sudah mengikuti langkah-langkah di atas? Jika ya, kamu bisa menggunakan metode yang satu ini. Caranya harus menghentikan aplikasi paksa, sekaligus menghapus data pada aplikasi. Menghapus data dapat menghilangkan data untuk login, history, cache, basis data, setelan serta yang lainnya dengan permanen.

Kamu bisa menghapus data atau memaksa aplikasi Facebook untuk berhenti dengan langkah berikut. Buka pengaturan, masuk ke setelan tambahan, tekan manajemen aplikasi dan tekan facebook lalu paksa berhenti. Selanjutnya, hapus data.

Itulah 5 cara memperbaiki Facebook yang bisa kamu lakukan apabila Facebook tiba-tiba mati dan tidak bisa dibuka. Untuk mengembalikan performa Facebook, kamu bisa memilih salah satu dari metode di atas!

 

Related posts