Cara Kredit HP di Home Credit

Home Credit adalah salah satu perusahaan yang berfokus pada layanan pembiayaan multiguna. Perusahaan ini telah memberikan banyak layanan keuangan untuk para konsumen, terutama untuk pembayaran berbelanja online maupun offline. Kamu juga bisa mencoba cara kredit HP di Home Credit dengan mudah. Melalui layanan kredit ini, tentu saja Kamu bisa mendapatkan Hp dengan mudah sesuai yang Kamu inginkan.

Selain HP, sebenarnya Kamu juga bisa memanfaatkan Home Credit untuk berbagai jenis produk, seperti peralatan elektronik berupa laptop, TV, kamera, hingga peralatan rumah tangga. Untuk memperluas jangkauannya, kini ada banyak merchant yang sudah bekerjasama dengan Home Credit.

Jadi pengguna H0me Credit dapat melakukan pembelian barang secara kredit tanpa memakai kartu kredit di berbagai pilihan merchant atau tempat. Diantaranya seperti cara kredit di Tokopedia, Ibox, Erafone, maupun di toko-toko offline, baik itu di Hypermart, Ikea, Informa dan lainnya.

Cara Kredit Hp di Home Credit

Cara Kredit Hp di Home Credit
Kredit Hp di Home Credit Mudah

Syarat Kredit Hp di Home Credit Disetujui

Agar Kamu dapat menikmati seluruh layanan atau fasilitas Home Credit, maka setiap pelangan wajib mempunyai akun serta sudah memenuhi persyaratan cicilan Home Credit. Selain itu, Kamu juga harus mengetahui biaya, denda dan bunga yang diberlakukan Home Credit. Ini dia persyaratan cara kredit Hp di Home Credit!

1. Persyaratan Umum Kredit di Home Credit

Agar Kamu dapat mengajukan kredit lewat Home Credit, maka setiap pelanggan wajib memenuhi persyaratan berkut :

  • Pengguna wajib berusia 19 tahun minimal atau telah menikah.
  • Jika masih lajang, minimal telah berusia 21 tahun.
  • Berpenghasilan tetap dengan minimum pendapatan Rp. 1,5 juta setiap bulannya. Sementara di Semara dan di Yogya sendiri penghasilan minimumnya masih Rp. 1,2 juta.
  • Setiap pemohon harus sudah mempunyai KTP asli yang berlaku. Paling tidak mempunyai 1 dokumen pendukung.
  • Pastikan pula setiap pemohon tinggal di wilayah atau area layanan Home Credit.

2. Persyaratan Dokumen Kredit di Home Credit

Selain persyaratan uum, Kamu juga harus mengetahui persyaratan dokumen yang harus dilengkapi supaya proses pengajuan dapat disetujui dengan cepat. Adapun persyaratan dokumen ini meliputi :

  • Melengkapi KTP sebagai dokumen wajib.
  • Dokumen pendukung yang bisa dipilih diantaranya kartu SIM, kartu keluarga, kartu paspor, kartu NPWP, BPJS, Jamsostek, Kartu Debit dengan nama Kamu sendiri, kartu kredit, tagihan air tagihan, tagihan listrik, tagihan seluler pasca bayar, dan tagihan telepon rumah.

Sebagai catatan, syarat dokumen untuk mengajukan kredit via Home Credit sebenarnya hanya ada 2 pilihan, yaitu menggunakan KTP dan dokumen pendukung di atas. Sementara untuk pendukung, Kamu harus memilih dokumen yang telah dilengkapi foto seperti paspor atau SIM jika dokumen utamanya berbentuk resi KTP maupun surat keterangan untuk KTP sementara.

Cara Mengajukan Kredit Home Credit

Jika Kamu sudah mengetahui persyaratan kredit, denda, biaya dan bunga Home Credit, Kamu tinggal mengikuti cara kredit HP di Home Credit. Tentu saja cara ini dipilih jika Kamu tertarik berbelanja HP di Home Credit melalui metode cicilan. Adapun panduannya sebagai berikut :

  • Persiapkan semua dokumen yang disyaratkan di atas.
  • Silahkan kunjungi gerai atau toko yang telah bermitra dengan pihak Home Credit. Kamu bisa mengeceknya di sini!
  • Jika sudah, silahkan cari produk yang akan dibeli.
  • Silahkan temui agent atau sales untuk membantu pengisian aplikasi kredit di Home Credit.
  • Jika proses pengisian pengajuan aplikasi sudah selesai, Kamu tinggal menunggu hingga sales memprosesnya. Umumnya hanya diperlukan waktu selama 3 menit.
  • Apabila diterima, Kamu akan diminta menandatangani kontrak perjanjian.
  • Jika sudah, Kamu akan diminta membayar uang muka atau DP terlebih dahulu.
  • Setelah itu, proses untuk serah terima produk pun akan dilakukan.

Cara kredit Hp  di Home Credit sebagai alat pembayaran di atas tentu saja membuat para nasabah memperoleh pengalaman terbaik ketika ingin membeli produk sesuai keinginan.

Bunga Cicilan di Home Credit

Selain mengetahui cara kredit HP di Home Credit, Kamu juga harus mengetahui besarnya bunga cicilan. Kamu tak perlu khawatir, sebab Home Credit telah terdaftar di lembaka OJK resmi. Di samping itu, kisaran bunga kredit yang ditetapkan oleh Home Credit pun terbilang masih kompetitif. Home Credit sendiri telah menentukan kisaran suku bunga kredit mulai dari cicilan 0% hingga 3,99%.

Bunga kredit ini adalah jumlah dari total bunga kredit yang dibayar pengguna dengan cara jumlah kredit dikalikan oleh suku bunga tetap. Selain itu juga bisa diartikan setara dengan nilai suku bunga efektif setiap bulan yang akand ikalikan dengan tenor pinjaan yang Kamu pilih ketika proses pengajuan.

Di samping itu,  pihak Home Credit tidak memberikan bunga yang sama antara produk maupun pelanggan yang satu dengan yang lainya. Sebab didalamnya terdapat beberapa faktor yang menentukan, seperti profil resiko pengguna, hasil penilaian dari pihak HCI, jenis barang, promosi dan tenor pembiayaan yang berlaku ketika pengajuan.

Biaya Kredit di Home Credit

Di samping mengetahui persyaratan cicilan Home Credit, Kamu juga harus memahami sistem pembiayaan yang nantinya ditangguhkan dalam pembiayaan pebayaran kredit Home Credit. Biaya tersebit natinya dibagi ke dalam 3 kategori yang dipakai pada Home Credit untuk dijadikan dasar perhitungan. Dimana ketiga kategori biaya tersebut diantaranya biaya pelunasan awal, biaya administrasi dan biaya pembayaran cicilanper bulan

Cara Pengecekan Status Kredit di Home Credit

Jika pengajuan kredit Hpmu diterima, Kamu tentu saja berkewajiban melakukan pembayaran cicilan atau tagihan per bulannya sesuai dengan tenor cicilan yang Kamu pilih. Baik itu yang 10, 12, 15 bulan hingga 18 bulan maksimal.

Keitka Kamu telah menjalani waktu kredit, bisa saja lupa berapa jumlah tagihan yang mesti dibayar serta berapa lama melakukan pembayaran kredit. Apabila Kamu lupa sudah berapa lama Kamu membayar angsuran di Home Credit, berikut beberapa cara praktis mengecek status kredit/cicilan di Home Credit :

1. Cek Jadwal Pembayaran Cicilan di Kontrak

Kamu akan menerima jadwal pembayaran cicilan sesudah pengajuan cicilan diterima. Dimana jadwal tersebut berguna untuk memberitahumu kapan waktu harus membayar cicilan dan waktu pembayaran kredit akan selesai.

2. Cek Pada Kartu Kredit/Cicilan

Saat Kamu mengambil kredit Hp di Home Credit, biasanya Kamu akan menerima kartu cicilan. Fungsi kartu ini jika Kamu sudah membayar, Kamu pun dapat melakukan checklist bulan secara langsung yang telah dibayarkan. Jadi bulan yang masih belum di checklist tandanya belum dibayar.

3. Cek SMS Konfirmasi Pembayaran Angsuran Terakhir

Konirmasi pembayaran saat Kamu membayar angsuran pertama kali juga biasanya akan langsung dikirimkan lewat pesan SMS. Biasanya Home Credit akan mengirimkan pesan ke HP yang Kamu daftarkan ketika Kamu sudah membayar cicillan terakhir.

4. Unduh Aplikasi Home Credit

Kamu tinggal unduh Home Credit App di Play Store, masuk ke akun Home Creditmu. Di halaman aplikasi biasanya akan langsung terlihat sisa pembiayaanmu dan waktu harus membayar angsuran berikutnya.

Nah, itulah beberapa langkah cara kredit hp di Home Credit dan cara pengecekan status pembayaran tagihan langsung di aplikasi Home Credit. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019