Cara Memperbaiki FD yang Minta Format (Sendiri) 4 Metode!

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format
Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Bagaimana cara memperbaiki FD yang minta format? FD atau flashdisk merupakan salah satu perangkat penyimpanan data. Karena flashdisk berbentuk kecil, mempermudah kamu untuk membawa perangkat ini kemanapun. Di samping itu, fungsi dari flashdisk adalah sebagai tempat penyimpanan file cadangan.

Namun kamu juga harus waspada, sebaiknya tidak menyimpan file atau data penting pada flashdisk terkecuali menyimpan cadangan file di tempat yang lain. Jika FD rusak atau ilang, tentu kamu yang akan kerepotan.

Terlebih, flashdisk seringkali mengalami error sehingga membuat pemiliknya kebingungan. Misalnya saja, flashdisk meminta format ketika dicolokkan ke perangkat komputer, padahal proses format ulang bisa menghilangkan seluruh data atau file di dalam flashdisk. Apabila kamu tidak ingin file atau data terhapus, bisa mencoba cara untuk mengatasi flashdisk yang minta di format, di bawah ini!

Cara Memperbaiki FD yang Minta Format

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format
Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Apabila kamu mengalami masalah FD minta di format, sebaiknya ikuti beberapa trik untu mengatasi flashdisk yang minta format :

1. Cara Memperbaiki FD yang Minta Format dengan Mencolokkan FD ke Port USB Lain

Laptop atau PC mempunyai kemampuan untuk mendeteksi flashdisk atau perangkat USB biasanya ditentukan berdasarkan driver. Maksud driver di sini yaitu sekumpulan file atau data yang dapat diinstal supaya sistem operasi bisa mengenali sekaligus berhubungan dengan card reader, printer, USB flashdisk dan modem.

Ketika FD kamu minta untuk diformat, maka kemungkinan akibat kesalahan yang terjadi pada pemasangan driver. Biasanya hal tersebut dapat mengakibatkan salah satu dari port USB PC mendeteksi peragkat FD sebagai RAW. Maka dari itu, kamu bisa mencoba mencolokkan FD ke port USB lain. Apabila FD masih terus minta diformat, ikuti cara berikutnya.

2. Cara Memperbaiki FD yang Minta Format dengan Menghubungkan FD ke PC Lain

Setiap PC mempunyai kondisi berbeda. Seringkali dua perangkat komputer yang memiliki OS serupa mempunyai kemampuan dan kecepatan berbeda. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh jumlah dan jenis aplikasi terinstall.

Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba mencolokkan flashdisk ke PC lain. Karena siapa tahu, PC lain bisa mendeteksi keberadaan FD kamu dengan normal. Apabila berhasil, kamu bisa melakukan pencadagan file-file penting. Ini artinya, ada masalah yang terdapat pada perangkat komputermu.

3. Mengecek Flashdisk lewat CMD

Metode lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan CMD. Kamu  bisa memakai instruksi chkdsk guna mengecek integritas file pada sistem FD serta memperbaiki kerusakan-kerusakan.

Silakan buka menu Command Prompt lewat kolom pencarian pada Windows di samping kiri bawah. Lalu ketikkan “cmd” lalu tekan run as administrator. Lalu, ketikkan tulisan “chkdsk d:/f” di command prompt/. Kamu harus mengganti huruf “d” sebelumnya menggunakan partisi FD yang bermasalah. Kemudian, enter lalu tunggu hingga pengecekan berhasil dilakukan.

4. Memakai Aplikasi untuk Pengembalian Data

Apabila metode di atas belum berhasil juga dalam memperbaiki FD yang minta untuk diformat, paling tidak kamu dapat mencoba menyelamatkan beberapa data yang ada di dalamnya terlebih dahulu.

Kamu dapat memakai aplikasi MiniTool Power Data Recovery untuk mengambil file atau data pada flashdisk, yang data atau file systemnya telah terdeteksi RAW. Untuk memakai aplikasi ini, kunjungi www.minitool.com, lalu tekan download. Setelah itu, gulir layar ke bawah dan temukan MiniTool Data Recovery. 

Nah, itulah beberapa langkah cara memperbaiki FD yang minta format dan bisa kamu praktekkan agar flashdisk bisa berfungsi sebagaimana mestinya, sekaligus bisa menyelamatkan data-data di dalamnya.

Related posts