Cara Memperbaiki Charger Hp yang Lama Mengisi, Anti Gagal!

Cara Memperbaiki Charger Hp yang Lama Mengisi
Cara Memperbaiki Charger Hp yang Lama Mengisi

Sudah mengisi baterai hp dari 1 jam yang lalu, tapi belum juga ada perubahan? Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Namun jangan khawatir, kami ada solusi cara memperbaiki charger hp yang lama mengisi untuk kamu.

Jika lama waktu pengisian daya baterai pada hp di atas 3 jam, maka artinya kondisi ini tidak normal. Sebab umumnya pengisian baterai hp hanya berlangsung sekitar 1-2 jam sampai penuh.

Read More

Apalagi, dengan teknologi pengisian ulang daya baterai yang kian canggih seharusnya membuat proses pengisian lebih cepat. Namun jika sebaliknya, kamu harus bisa mencari solusinya!

Cara Memperbaiki Charger HP yang Lama Mengisi

Cara Memperbaiki Charger Hp yang Lama Mengisi
Memperbaiki Charger Hp yang Lama Mengisi

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang membuat charger hp mejadi lama mengisi, antara lain tidak memiliki fiturĀ fast charging, kerusakan pada IC adaptor, baterai hp rusak, port USB yag bermasalah, dan menurunnya fungsi kabel data. Untuk mengatasinya, simak cara memperbaiki charger hp yang lama mengisi berikut :

1. Cara Memperbaiki Charger Hp yang Lama Mengisi dengan Mengganti Adaptor Charger Ponsel Lain

Apabila kamu memerlukan waktu sangat lama dalam mengisi daya baterai hp, hingga berjam-jam tapi masih belum penuh juga, silakan pakai charger berbeda. Silakan pinjam dari salah satu anggota keluarga, kerabat atau teman.

Jika ternyata waktu pengisian baterai dengan adaptor charger ponsel lain berjalan normal, maka persoalannya terdapat pada perangkat charger hpmu. Solusinya adalah, beli charger atau pengisi daya hp yang baru. Dengan catatan, input dan outpunya harus sesuai spesifikasi hp.

2. Pakai Kabel Data Lain

Kamu juga bisa menggunakan metode lain, yaitu dengan menggunakan kabel data yang lain, alias ganti kabel data. Sebab masalah pengisian daya baterai yang lama biasanya dialami juga pada bagian kabel dataya.

Apabila kamu tidak memiliki cadangan kabel data, kamu bisa meminta bantuan anggota keluarga di rumah untuk meminjam perangkat kabel data. Kemudian jika pengisian daya baterai kembali normal setelah memakai kabel data lain, kamu tinggal membeli kabel data berkualitas dan masih baru.

3. Membersihkan Port USB

Port USB yang kotor juga bisa menjadi penyebab pengisian daya baterai yang lama mengisi. Maka dari itu, kamu harus membersihkannya dengan rutin supaya aliran listrik tetap lancar. Silakan ikuti beberapa langkah membersihkan port USB di bawah ini :

  • Kamu harus mempersiapkan pembersih khusus untuk perangkat elektronik yang bisa kamu beli dari outlet atau toko elektronik.
  • Selanjutnya semprotkan cairan pembersih ke kedua perangkat pors USB secara perlahan.
  • Kamu bisa menyikat bagian tersebut secara lembut, menggunakan kuas lembut dan bersih, seperti sikat gigi atau kuas hingga seluruh kotoran yang terdapat pada port USB terangkat.

4. Lakukan Charge Dalam Kondisi Hp Mati

Silakan isi baterai hp dalam kondisi hp mati. Tujuannya yaitu agar meminimalisir kosumsi daya baterai yang dilakukan aplikasi ketika ponsel menyala, alhasil membuat prosesĀ charging menjadi semakin optimal.

Kesimpulan

Mengatasi masalah baterai yang lambat mengisi adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Karena baterai hp merupakan komponen yang paling vital bagi perangkat ponsel itu sendiri. Jika baterai hp rusak, otomatis hp tidak dapat bekerja dengan normal. Sebab sumber kehidupan perangkat hp terletak dari baterai hp itu sendiri.

Oleh sebab itu, apabila ada masalah dalam pengisian baterai hp sebaiknya langsung ketahui faktor penyebabnya. Dengan begitu, kamu bisa mencoba cara memperbaiki charger hp yang lama mengisi dengan baik sesuai permasalahan atau kondisi hp.

Related posts