6+ Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas
Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

WIGATOS | Kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi kepala charger HP panas. Karena permasalahan tersebut membuat pengisian data menjadi lebih lama dari biasanya. Selain itu, jika dibiarkan bisa merusak sistem dalam perangkat. 

Kepala charger panas mungkin bukan permasalahan baru. Banyak juga yang sering mengalaminya. Karena itulah, Kamu harus paham bagaimana menanganinya agar dampak yang ditimbulkan bisa diminimalisir. 

Read More

Di samping itu, pada penjelasan berikut akan diterangkan juga apa saja faktor penyebabnya. Setiap permasalahan memiliki pemicu yang tidak sama. Inilah uraian lengkap penyebab kepala charger cepat panas dan cara menanganinya:

Penyebab Kepala Charger HP Panas

Ada banyak hal yang membuat kepala charger HP atau adaptor itu cepat panas. Bisa jadi karena permasalahan internal maupun eksternal. Tapi yang paling sering diakibatkan oleh kesalahan penggunaan. 

Agar Kamu tidak mengalami hal serupa di kemudian hari, pastikan paham apa saja penyebabnya berikut ini. Dengan begitu Kamu bisa lebih aware dan tidak asal menggunakan charger asal bisa masuk. Di bawah ini beberapa faktor yang membuat kepala charger HP cepat panas:

1. Menggunakan Charger Tidak Sesuai

Faktor pertama ini sering terjadi pada Kamu yang suka asal menggunakan charger. Misalkan pakai charger saat main ke rumah teman, yang mana spesifikasinya tidak sedia. Setiap ponsel itu memerlukan supply daya berbeda dari adaptor. 

2. Tetap Memakai HP Saat Dicas

Berikut ini kebiasaan yang sangat buruk. Pasti Kamu sering menggunakan HP padahal saat itu sedang dicas. Selain membuat kepala charger panas, ini juga dapat merusak sistem. Jadi, lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut. 

3. Melakukan Pengisian Terlalu Lama

Penyebab kepala charger cepat panas yang lain adalah terlalu lama melakukan pengisian ulang. Entah karena charger rusak, sehingga baterai lebih lama terisi daripada biasanya. Bisa juga Kamu yang tetap cas HP walaupun sudah penuh. 

4. Mengisi Baterai Dalam Kondisi Mati

Ternyata mengisi baterai HP dalam kondisi mati juga bisa membuat adaptor charger mudah panas. Pasalnya, charger dipaksa bekerja lebih ekstra dibanding biasanya. Padahal HP selalu memberikan peringatan jika kapasitas baterai sudah habis dan harus segera dicas. Sedangkan Kamu memilih untuk mengisinya jika 0 persen. 

5. Usia Charger Sudah Lama

Usia pemakaian juga turut mempengaruhi performa charger. Setiap alat elektronik jika sudah lama digunakan pasti mengalami penurunan fungsi. Begitu pula yang terjadi pada charger HP, terlebih produk-produk keluaran lama. 

6. Charger Tetap Dicolokkan

Kebiasaan buruk lainnya yang paling sering dilakukan pengguna HP adalah membiarkan charger tetap dicolokkan ke stopkontak. Padahal saat itu tidak ada ponsel yang sedang dicas. Tidak heran kalau lebih panas dari biasanya. 

7. Ponsel Tetap Bekerja Saat Dicas

Kamu mungkin mengira kalau HP terkunci, berarti semua aktivitas terhenti. Padahal yang terjadi yaitu ponsel tetap bekerja meskipun tidak digunakan secara langsung. Contohnya ketika ada aplikasi yang berjalan di belakang layar. 

8. Arus Listrik Tidak Stabil

Selain karena kesalahan penggunaan, ada juga faktor eksternal lainnya. Lonjakan mungkin terjadi ketika arus listrik tidak stabil. Ini akan berdampak pada semua alat elektronik yang terhubung, termasuk juga charger HP. 

Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas
Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

Kamu sudah paham mengenai faktor yang membuat adaptor charger lebih mudah panas. Sekarang, cari tahu bagaimana solusi untuk mengatasinya. Ada beragam cara yang dapat Kamu lakukan. 

Pilih cara yang sesuai dengan penyebabnya. Pastikan Kamu segera mengatasinya agar charger dapat berfungsi lebih baik lagi. Langsung saja cek penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Jangan Memakai HP Saat Dicas

Salah satu penyebab kepala charger cepat panas adalah menggunakan HP sambil dicas. Apa yang harus Kamu lakukan jika faktor permasalahannya itu? Maka solusi satu-satunya yang paling benar adalah berhenti menggunakan perangkat yang sedang diisi saya. 

Saat dicas, sebaiknya istirahatkan HP secara total. Jangan memakainya, terlebih untuk tugas berat karena memicu kenaikan suhu pada charger. Kalau memang mendesak, lebih baik charger dilepas dahulu. 

HP yang dipakai ketika diisi daya itu membuat adaptor bekerja lebih keras. Contohnya dipakai sambil teleponan, nonton film, bahkan main game online. Tindakan seperti itu membuat daya terus berkurang, sehingga pengisian menjadi lebih lama. 

2. Menutup Aplikasi Ketika Dicas

Cara mengatasi kepala charger HP panas selanjutnya yaitu menutup aplikasi secara penuh. Sebelum dicas, sebaiknya Kamu keluarkan satu per satu program yang pernah dibuka. Karena meskipun saat itu tidak digunakan langsung, aplikasi tetap berjalan di belakang layar. 

Aplikasi di background layar tersebut sama-sama membuat pengisian daya lebih lama. Akibatnya, adaptor bekerja lebih keras dan suhunya meningkat. Jadi, pastikan tidak ada aplikasi yang masih terbuka. 

3. Menonaktifkan Data Seluler Sebelum Dicas

Berikut ini cara mengatasi kepala charger HP panas yang mungkin tidak terlalu diperhatikan. Karena yang paling simpel agar suhu adaptor tidak cepat naik yaitu dengan mematikan data seluler. Sebaiknya cas HP dalam kondisi tidak tersambung ke jaringan internet. 

Kasus ini sama dengan aplikasi yang berjalan di belakang layar. Data seluler yang menyala akan membuat HP terus dalam kondisi aktif. Lebih baik aktifkan airplane mode sekalian. Cara ini pun membuat proses charging lebih cepat penuh. 

4. Mengatur Posisi Jack

Mungkin Kamu menganggap kalau cara yang keempat ini sepele. Banyak juga pengguna lain yang mengabaikannya. Padahal, posisi jack yang salah membuat adaptor lebih cepat panas daripada biasanya. 

Kenapa kesalahan posisi jack membuat kepala charger panas? Karena arus listrik yang masuk tidak dapat didistribusikan secara merata. Pastikanlah bahwa sudah tercolok dengan benar dan posisinya tidak miring. Kalau kurang penekan, itu juga membuatnya cepat panas. 

5. Menggunakan Charger Sesuai Spesifikasi HP

Inilah cara mengatasi kepala charger HP panas yang paling valid. Mulai sekarang, jangan lagi asal menggunakan charger. Tapi pakailah bawaan HP dan yang sesuai spesifikasinya. Karena kalau supply daya kurang atau berlebih, akan buat adaptor overheating

Apabila rusak, gantilah dengan charger yang asli. Waspada ketika membelinya di situs jual beli online yang harganya lebih murah. Yang paling utama adalah memastikan spesifikasinya sesuai agar tidak mengalami penurunan fungsi. Di samping itu, menggunakan cas asli juga dapat memperpanjang usia baterai. 

6. Memperhatikan Waktu Pengecasan

Cara mengatasi kepala charger HP panas yang terakhir yaitu dengan memperhatikan waktu pengecasan. Jangan isi ulang daya ketika kapasitas baterai tinggal 0 persen atau bahkan mati total. Yang paling bagus, diisi saat tersisa 10—15 persen. 

Di samping itu, yang paling bagus adalah tidak mengecasnya sampai penuh. Sebaiknya hentikan isi ulang jika sampai 90 persen. Kalau sudah selesai, jangan lupa untuk mencabut charger dari stopkontak. 

Itulah cara mengatasi kepala charger HP panas. Kamu harus lebih aware dan hentikan kebiasaan buruk saat mengecas HP. Jangan lupa menggunakan adaptor asli untuk memperpanjang usia perangkat.

Related posts