Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi

Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi
Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi

Sebenarnya ada banyak pilihan cara memperbaiki charger hp lambat mengisi. Proses pengisian daya merupakan hal terpenting karena dengan pengisian ulang baterai bisa membuat hp bisa bekerja dengan baik. Akan tetapi, seiring waktu biasanya proses charger hp melambat karena ada beberapa faktor penyebab. Saat proses charger lambat bisa saja menjadi indikasi kerusakan komponen yang mengisi daya.

Pengisian baterai ponsel normalnya bisa sampai 1-2 jam. Apabila lebih dari 3 jam ternyata baterai hp tidak terisi sampai penuh, mungkin bisa saja ada masalah terjadi pada perangkat. Ada beberapa penyebab lambatnya pengisian baterai hp, antara lain kabel tidak terpasang benar, akibat suhu hp tingi, masalah bug hingga port charger kotor.

Read More

Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi

Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi
Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi

Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, maka kamu dapat mengikuti beberapa cara memperbaiki charger hp lambat mengisi di bawah ini :

1. Matikan Hp Ketika Pengisian

Mematikan hp ketika proses charger baterai merupakan metode paling efektif untuk mengatasi lambatnya pengisian baterai. Bermain hp ketika mengisi daya ponsel adalah hal utama penyebab lambatnya pengisian daya baterai, serta dapat menyebabkan masalah lainnya.

2. Mengganti Adaptor Pada Charger Hp

Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi selanjutnya adalah mengganti adaptor pada charger hp. Untuk mengeceknya, kamu bisa melakukan mengisi daya baterai memakai adaptor lain. Apabila lama waktu pengisian normal, maka kamu dapat melakukan pembelian adaptor hp orisinal sesuai dengan merek hp yang kamu pakai.

3. Ganti Kabel Charger

Lambatnya pengisian baterai hp juga bisa jadi akibat kabel charger yang mengalami kerusakan. Karena seiring waktu penggunaan, kinerja kabel USB bisa saja menurun. Oleh sebab itu, ganti saja kabel charger ori sesuai spek hp yang digunakan.

4. Cek Port USB

Silakan cek port USB untuk pengisian hp. Biasanya kondisi port USB kotor dapat mengakibatkan pengisian baterai hp menjadi terlambat. Apabila terdapat debu, maka bersihkan port USB memakai sikat kecil.

Tidak hanya kotor, port data USB yang sudah usang akibat penggunaan sudah lama dapat mengakibatkan pengisian daya baterai yang lambat. Apabila terjadi kerusakan, maka kamu dapat membawa hp ke tempat servis secara resmi sesuai dengan merk hp yang digunakan jika kamu ingin mengganti port kabel USB.

5. Matikan Aplikasi yang Memerlukan Banyak Daya

Langkah berikutnya adalah untuk menonaktifkan seluruh aplikasi yang telah digunakan. Terkadang beberapa aplikasi memerlukan banyak daya baterai yang banyak. Jika aplikasi dibiarkan terus aktif pada latar belakang hp, maka menyebabkan proses pengisian hp menjadi tidak optimal. Sebagai solusinya, kamu dapat mengecek aplikasi tertentu yang memakai baterai terlalu banyak dengan langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka Pengaturan.
  • Silakan pilih menu Baterai.
  • Tap Battery Usage.
  • Selanjutnya sistem akan langsung menampilkan list aplikasi yang memakai terlalu banyak daya.
  • Silaka pilih paksa berhenti atau uninstall pada aplikasi yang kamu maksud.

6. Melakukan Update Sistem

Tips untuk mengatasi charger hp yang lambat mengisi selanjutnya adalah dengan cara melakukan updae sistem. Metode ini biasanya dilakukan untuk mengecek apakah hp yang digunakan mempunyai bug yang mengakibatkan pengisian baterai melambat.

Kesimpulan

Itu adalah beberapa cara memperbaiki charger hp lambat mengisi yang bisa kamu lakukan. Selain itu, untuk mengoptimalkan kinerja baterai hp saat melakukan pengisiaaiknya jangan pernah memainkan hp ketika melakukan pengisian daya baterai. Tunggu sampai pengisian baterai hp penuh, baru setelah itu kamu bisa menggunakan hp kembali untuk beraktivitas.

Related posts