Cara Memperbaiki Charger Hp yang Rusak: 5 Trik Rahasia!

Cara Memperbaiki Charger Hp yang Rusak
Cara Memperbaiki Charger Hp yang Rusak

Saat charger hp rusak, tentu masalah ini sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, kita tidak akan bisa mengisi ulang baterai ponsel karena charger hp sudah tidak dapat digunakan kembali. Namun jangan buru-buru langsung menggantinya, karena kamu bisa mencoba cara memperbaiki charger hp yang rusak disini!

Cara Memperbaiki Charger Hp yang Rusak

Cara Memperbaiki Charger Hp yang Rusak
Memperbaiki Charger Hp yang Rusak

Jika kerusakan tidak terlalu parah, sebenarnya ada banyak trik yang bisa kamu coba untuk memperbaiki charger ponsel yang mengalami kerusakan. Simak beberapa trik berikut :

Read More

1. Cara Memperbaiki Charger Hp yang Rusak dengan Bersihkan Kotoran Port USB

Debu  atau kotoran yang menempel pada port USB charger sebenarnya bisa menjadi salah satu faktor penyebab kinerja charger ponsel tidak optimal. Silakan bersihkan port USB charger yang tersumbat atau tertutup kotoran dengan cara meniupnya kencang memakai sedotan. Kamu juga dapat memakai kompresor udara pada bagian portnya.

2. Ganti Kabel Data

Cara memperbaiki charger hp yang rusak selain membersihkan kotoran pada port USB, kamu juga bisa mengganti kabel data. Kabel data atau kabel charger ini termasuk komponen yang sering mengalami kerusakan, terutama jika kabel tersebut sering kamu tarik atau gulung. Apabila kerusakan yang terjadi pada kabel datanya, silakan ganti kabel data dengan membelinya secara terpisah.

Namun jangan asal beli saja, kamu juga harus memilih kabel data berdasarkan arus charger hp yang kamu miliki, silakan cek pada label adaptor yang terletak dalam chargeran hp saat membelinya.

3. Coba Matikan Hp Saat Mengisi Ulang Baterai

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan hp ketika hp di charger, maka inilah masalahnya. Apalagi jika kamu membuka aplikasi berat yang menghabiskan daya baterai. Inilah kebiasaan yang membuat baterai lebih mudah mengalami kebocoran.

Sebagai antisipasinya, sebaiknya matikan hp secara total saat kamu mengisi baterai hp. Dengan demikian, metode ini dapat mempercepat durasi pengisian ulang baterai hp secara signifikan. Sementara itu, apabila tidak dimatikan paling tidak hp kamu dalam kondisi mode pesawat.

4. Upgrade/Downgrade Software

Seringkali masalah yang membuat kondisi charger tidak maksimal adalah disebabkan oleh upgrade software. Apabila kamu mengalami kondisi ini sesudah upgrade software, sebaiknya lakukan downgrade lagi ke dalam sistem software yang pertama.

Di samping itu, kondisi upgrade juga dapat melakukan perbaikan bug yang mengakibatkan masalah saat pengisian ulang baterai. Efek ini umumnya akan terasa ketika kamu melakukan upgrade sistem perangkat android. Sedangkan upgrade aplikasi itu sendiri, cenderung tidak menunjukkan perbedaan apapun secara signifikan.

5. Memakai Charger Original

Walaupun memiliki bentuk colokan yang sama, tapi tidak semua perangkat charger dapat melakukan pengisian daya baterai secara optimal sebaik charger asli/ori. Hal ini dikarenakan arus yang berbeda dapat menyebabkan slow charging bahkan bisa membuat baterainya gampang bocor.

Jika kamu harus menggunakan charger hp lain atau charger universal, maka pastikan charger yang kamu pakai mempunyai tegangan dan arus yang sama seperti charger asli.

Kamu juga perlu tahu, bahwa charger menggunakan laptop, power bank atau lainnya hasilnya bisa tidak semaksimal menggunakan charger yang asli.

Kesimpulan

Mengingat pentingnya perangkat charger untuk mengisi ulang daya baterai hp, tentu saja kamu harus menjaga agar perangkat charger tetap bisa berfungsi dengan baik. Karena jika charger hp tetap awet, maka kamu tetap dapat menggunakannya untuk mengembalikan performa hp agar tetap bisa dipakai untuk multitasking. Jika terjadi kendala atau kerusakan, sebelum membelinya pastikan ikuti cara memperbaiki charger hp yang rusak di atas!

 

Related posts