Cara Klaim Garansi Samsung

Cara Klaim Garansi Samsung

Samsung sebagai salah satu brand elektronik ternama di Indonesia, tak hanya menyuguhkan produk-produk gadget terbaru dengan spesifikasi andalan saja. Tetapi, menawarkan kemudahan kepada para penggunanya untuk bisa mengklaim garansi Samsung. Jadi, bagi Kamu yang ingin mengklaim garansi hp Samsung jangan lewatkan tutorial cara klaim garansi Samsung disini. Namun sebelumnya, pastikan Kamu sudah mengikuti cara cek garansi hp Samsung terlebih dahulu ya!

Sebagai pabrikan ponsel mewah saingan Apple, Samsung selalu memanjakan para pengguna atau pelanggannya dengan cara meningkatkan layanan after sales. Salah satunya yaitu melalui layanan klaim garansi.

Read More

Dengan layanan klaim garansi inilah, saat mengalami kerusakan pada hp Samsung, Kamu tak perlu panik lagi. Karena kini Kamu bisa mengklaim beberapa kerusakan yang terjadi di pusat layanan hp Samsung. Hal ini diberikan oleh Samsung, tak lain karena Samsung ingin memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada para penggunanya.

Informasi Mengenai Garansi Samsung

Karena Samsung merupakan salah satu brand terkenal yang selalu menjamin kualitas produk yang mereka yang diluncurkan. Maka upaya nyata dalam meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan adalah dengan memberikan informasi seputar garansi terhadap setiap produk Samsung.

Secara umum, masa garansi produk Samsung untuk smartphone yaitu 12 bulan semenjak tanggal pembelian. Untuk perbaikan selama masa garansi tidak dipungut biaya sama sekali, namun jika lebih dari 12 bulan ketentuan masa garansi, maka akan dikenakan biaya service produk.

Perbaikan mengenai produk smartphone yang masih dalam masa garansi dilakukan di seluruh pusat Service Center Samsung yang tersebar diseluruh Indonesia. Mengingat saat ini Samsung sudah memiliki lebih dari 100 gerai Service Center resmi yang bisa membantu keluhan pelanggan terkait produk Samsung yang akan di klaim garansinya.

Selama kurun waktu 12 bulan tersebut, maka seluruh suku cadang yang diganti merupakan suku cadang asli dari Samsung berikut jasa perbaikannya yang di lakukan langsung oleh tenaga professional.

Ketentuan Garansi Samsung

Sebelum melakukan klaim garansi, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipahami para penggunanya supaya klaim garansi bisa berlangsung dengan lancar tanpa hambatan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa ketentuan garansi yang wajib kamu ketahui :

  • Jaminan garansi berlaku sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan berdasarkan ketetapan dari PT. Samsung Electronics Indonesia. Adapun masa berlakunya yaitu selama 12 bulan semenjak tanggal pembelian produk Samsung.
  • Jaminan hanya diberikan khusus bagi seluruh produk Samsung yang langsung didistribusikan serta dijual oleh perusahaan Samsung Electronics Indonesia. Tentu saja, dengan ketentuan hanya bisa di klaim di seluruh wilayah Indonesia.
  • Jika produk mengalami kerusakan akibat cacat produk, maka seluruh biaya mengenai penggantian suku cadang dan biaya service tidak akan dikenakan baya sama sekali.
  • Untuk pelaksanaan reparasi terhadap produk yang di klaim. Biasanya akan dilakukan di Pusat Pelayanan Purna Jual Samsung yang ada di seluruh Indonesia dengan syarat harus membawa kartu jaminan.

Apa yang Menyebabkan Klaim Garansi Tidak Disetujui?

Selain ketentuan di atas, ada beberapa ketentuan lainnya yang mengakibatkan klaim garansi tidak akan di proses oleh Service Center Samsung, diantaranya :

  • Kartu jaminan yang dimiliki tidak di isi dengan lengkap dan tidak sesuai dengan nomor IMEI, nomor seri, dan model dari smartphone yang akan di klaim.
  • Nomor IMEI, nomor seri, dan juga model yang terdapat pada beberapa bagian smartphone telah mengalami perubahan atau terdapat coretan yang menyebabkan data tidak dapat di validasi.
  • Kerusakan yang diakibatkan oleh kelalaian
  • Hologram atau segel yang terdapat pada smartphone telah rusak akibat sebelumnya mengganti suku cadang diluar Service Center. Sehingga memungkinkan ada beberapa suku cadang perangkat yang tidak asli dan bukan keluaran Samsung.
  • Perangkat lunak ataupun perangkat keras yang sudah di modifikasi oleh penggunanya yang mengakibatkan produk tidak original lagi.
  • Jangka waktu jaminan telah berakhir untuk melakukan klaim garansi Samsung.
  • Ketersediaan suku cadang di Service Center tidak ada sehingga memungkinkan produk akan disimpan terlebih dahulu sebelum suku cadang tersedia.
  • Jaminan klaim garansi tidak akan berlaku mengenai segala jenis kehilangan ataupun kerusakan data yang dimiliki oleh pengguna.

Jika sudah memahami ketentuan klaim garansi Samsung di atas, Kamu bisa mengikuti tutorial cara klaim garansi Samsung yang akan dijelaskan di bawah ini!

Cara Klaim Garansi Samsung

Cara Klaim Garansi Samsung
Klaim Garansi Samsung

Panduan Klaim Garansi Samsung

Untuk klaim garansi Samsung langkah-langkahnya sangat mudah, kamu hanya perlu datang langsung ke Service Center terdekat. Berikut tutorial cara klaim garansi Samsung :

1. Persiapkan Dokumen Garansi

Langkah pertama, persiapkan seluruh dokumentasi yang dibutuhkan yaitu kartu garansi yang umumnya sudah tersedia di tiap produk Samsung. Khusus untuk klaim produk Samsung, kamu tidak perlu membawa nota pembelian produk karena tidak ada hubungannya dengan proses klaim dalam hal administrasinya.

2. Lakukan Pengecekan Nomor IMEI

Cara klaim garansi Samsung selanjutnya, sebaiknya lakukan pengecekan nomor IMEI smartphone kamu secara online. Tujuannya untuk mengetahui secara pasti sisa waktu klaim semenjak tanggal pembelian, karena untuk memastikan apakah smartphone tersebut masih bisa di klaim ataupun tidak. Mengingat batas waktu klaim maksimal adalah 12 bulan atau 1 tahun.

3. Datang ke Service Center Samsung

Silahkan datang langsung ke Service Center terdekat di kotamu dengan membawa kartu garansi dan hp yang ingin kamu klaim akibat kerusakan yang terjadi. Namun jika ternyata kamu tidak mengetahui letak Service Center dimana, lebih baik hubungi terlebih Customer Service Samsung, untuk mengarahkanmu ke tempat Service Center tersebut.

4. Konfirmasikan Tujuanmu

Cara klaim garansi Samsung selanjutnya, jika sudah datang ke layanan Service Center. Silahkan beritahukan maksud dan tujuan kamu mengenai klaim garansi pada smartphone tersebut.

5. Pengecekan Oleh Customer Service

Pihak customer akan langsung mengecek smartphone tersebut dengan memastikan apakah kerusakan pada smartphone bisa tercover garansi atau tidak bisa. Jika ternyata kerusakannya akibat cacat mutu dari pabrik, maka proses klaim akan dilanjutkan.

6. Tunggu Beberapa Menit

Cara klaim garansi Samsung berikutnya, tunggu beberapa saat hingga produk tersebut dilakukan reparasi oleh para staf Samsung.. Akan tetapi bila ternyata suku cadangnya tidak ada, maka dengan terpaksa harus menunggu beberapa hari sesuai dengan ketersediaan suku cadang pada produk milikmu.

7. Mengambil Perangkat Samsung Kembali

Jika sudah selesai klaim, Kamu pun tinggal mengambil perangkat smartphone-mu. Pastikan proses klaim tersebut telah didokumentasikan dalam kartu jaminan.

Catatan penting yang perlu kamu ketahui mengenai cara klaim garansi Samsung yaitu hanya menerima perbaikan akibat cacat pabrik. Namun, jika ternyata kerusakan pada smartphone tersebut bukan cacat pabrik melainkan human error maka klaim tidak bisa dilakukan.

Kesimpulan Lain

Adapun beberapa kerusakan akibat human error contoh umumnya adalah layar pecah akibat terjatuh, smartphone tidak nyala akibat terkena air, lalu smartphone mengalami konsleting akibat pengisian daya yang tidak sesuai. Biasanya hal ini disebabkan Kamu memakai charger lain yang bukan peruntukannya.

Oleh karena itu, sebelum pergi ke pelayanan Service Center, harus dipastikan terlebih dahulu apakah kerusakannya diakibatkan oleh cacat produk dari pabrik atau karena human error. Sarannya jika ternyata terjadi akibat human error, maka kamu bisa memperbaiki di tempat perbaikan elektronik yang terpercaya dan tidak perlu datang ke Service Center.

Demikian ulasan cara klaim garansi Samsung yang perlu kamu ketahui. Berdasarkan hal ini, penting sekali untuk selalu membeli produk Smartphone Samsung di gerai yang terpercaya. Tujuannya yaitu untuk meminimalisir terjadinya kerusakan produk, baik itu yang disebabkan oleh kelalaian pabrik maupun dari tokonya. Selain itu juga mempermudah Kamu untuk mengklaim garansi Samsung. Semoga bermanfaat!

 

Related posts