Cara Kunci Aplikasi di Vivo

Cara Kunci Aplikasi di Vivo

Sebagai salah satu merk smartphone terbaik, Vivo telah menyematkan fitur pengunci berbentuk fingerprint, Face ID, sandi, PIN dan pola. Sehingga memungkinkan kamu dapat mengunci hp. Di samping itu, keberadaan fitur tersebut bisa digunakan juga untuk lock berbagai macam aplikasi yang bersifat private. Kamu bisa mencoba cara kunci aplikasi di Vivo dengan mudah.

Mengunci aplikasi di Vivo memungkinkan pengguna bisa memberi kata sandi di setiap aplikasi tertentu yang dipilih.

Read More

Lalu, Aplikasi Apa Saja yang Dapat Dikunci di Perangkat Vivo?

Dengan adanya privasi maupun enskripsi pada aplikasi yang terdapat di perangkat Vivo, tentu saja berguna untuk kebutuhan lock aplikasi. Tujuannya supaya semua file dan data yang bersifat rahasia atau private tidak akan diketahui orang lain. Fitur hp Vivo ini secara keseluruhan dapat membantu meningkatkan sistem keamanan penguncian pada layar utama memakai kata sandi maupun fingerprint.

Untuk aplikasi yang dikunci, sebenarnya bisa saja mengunci seluruh aplikasi. Tapi sebagai saran, alangkah baiknya hanya mengunci aplikasi-aplikasi bersifat pribadi. Beberapa diantaranya aplikasi Telegram, WhatsApp, Facebook, Twitter, Mobile Banking, Instagram dan lainnya sesuai kebutuhan.

Sementara aplikasi yang memerlukan akses cepat serta jarang dipakai, sebaiknya tidak perlu memakai password. Hal ini dikarenakan akan sangat merepotkan saat kamu ingin mengaksesnya. Meskipun demikian, tentu saja kembali lagi pada keputusanmu sendiri karena pilihan tersebut bersifat pribadi.

Cara Kunci Aplikasi di Vivo

Cara Kunci Aplikasi di Vivo
Tutorial Kunci Aplikasi di Vivo

Tutorial Kunci Aplikasi di Vivo

Untuk mengunci aplikasi di hp Vivo kesayanganmu, ada beberapa panduan cara kunci aplikasi di vivo berikut ini :

1. Kunci Aplikasi Melalui Menu Setting (Fontouch OS 3.0 atau Lebih Tinggi)

Bagi pengguna ponsel Vivo yang disematkan Funtouch OS 3.0 maupun versi yang lebih tinggi, kamu bisa mengakses menu setting untuk mengunci aplikasi memakai password. 

  • Buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘settings’ di perangkat Vivo milikmu.
  • Pilih ‘Security & Privacy’.
  • Setelah itu, pilih lagi ‘Privacy and App Encryption’.
  • Kemudian kamu akan langsung dibawa ke menu untuk menginputkan password. 
  • Setelah menentukan password, maka kamu akan dihadapkan langsung di halaman bertuliskan ‘Privacy and App Encryption’.
  • Di halaman ini, kamu bisa memilih aplikasi tertentu yang akan dikunci sesuai kebutuhan.
  • Jika aplikasi sudah berhasil dikunci, masuk ke homescreen perangkat kembali.
  • Selanjutnya silahkan coba untuk membuka aplikasi kembali yang dikunci sebelumnya.
  • Kettika membuka aplikasi, kamu diminta menginputkan password, Face ID atau fingerprint, maka artinya kamu sudah berhasil mengunci aplikasi.

2. Kunci Aplikasi Melalui Manager (Fontouch OS 2.6 ke Bawah)

Jika kamu memakai hp Vivo yang disematkan sistem operasi dari Funtouch OS 2.6 ke bawah, maka kamu bisa mencoba cara kunci aplikasi di Vivo tersebut berikut ini :

  • Akses menu ‘Manager’ di hp.
  • Pilih ‘App Manager’
  • Kemudian tekan lagi ‘App Lock’.
  • Silahkan lakukan konfigurasi dengan mengatur pertanyaan keamanan dan kata sandi.
  • Jika sudah,kamu bisa memilih aplikasi tertentu yang ingin dikunci.
  • Selamat, aplikasi yang ingin kamu lock sudah berhasil dikunci.

Jika cara kunci aplikasi di Vivo di atas tanpa memakai aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga, maka beda lagi dengan metode di bawah ini. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mengunci aplikasi di hp Vivo milikmu.

Kunci Aplikasi di Vivo Memakai Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengunci aplikasi di hp Vivo atau perangkat android lainnya. Berikut ulasannya :

1. LOCKit

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk lock aplikasi di Vivo adalah LOCKit. Ini adalah aplikasi yang telah dikembangkan SuperTools Corporation. Merupakan aplikasi canggih, karena hanya perlu sekali klik maka kamu sudah dapat mengunci aplikasi sekaligus menyembunyikan video atau foto dengan mudah.

Sehingga seluruh data pribadi di perangkat hp yang tersimpan mejnadi lebih aman sebab tidak ada seorangpun yang bisa mengaksesnya walaupun memakai pembobol password.

Ada beberapa kelebihan memakai aplikasi LOCKit, diantaranya fitur selfie bagi penyusup, yang memungkinkan hpmu bisa memotret wajah penyusup secara otomatis. Ada pula pilihan untuk membuka kunci, baik menggunakan sidik jari, pin dan pattern. Menariknya lagi, kamu juga mendapatkan berbagai opsi tema gratis.

2. AppLock

Merupakan aplikasi untuk mengunci aplikasi terpopuler, bahkan banyak dipakai pemilik smartphone saat ini. Cara kunci aplikasi di Vivo dengan aplikasi ini, memungkinkan kamu bisa mengunci aplikasi dengan berbagai jenis atau varian password sesuai kebutuhan pengguna.

Tidak hanya dapat mengunci aplikasi, tetapi aplikasi ini juga bisa memungkinkanmu dapat mengunci pengaturan pada sistem sampai panggilan masuk.

Kelebihan Applock yaitu memiliki fitur berlimpah, mempunyai tampilan UI sederhana yang mudah dipakai, termasuk aplikasi lock aplikasi yang ringan, dan tanpa iklan. Hanya saja, pada beberapa perangkat aplikasi ini terkadang mengalami error.

3. AppLock by IVYMOBILE

Meskipun namanya sama, namun aplikasi AppLock ini adalah hasil dari pengembang IVYMOBILE dan sudah diunduh oleh 10 juta pengguna lebih. Termasuk aplikasi lock aplikasi yang paling aman dan bisa kamu pakai untuk lock aplikasi maupun menyembunyikan video dan foto. Hal tersebut bisa mencegah penyusup untuk mengintip file atau data pribadimu.

Selain itu, Applock menawarkan power saving untuk bisa menghemat daya sampai 50%. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi harus mencari cara untuk menghemat daya baterai.

Aplikasi Applock juga memiliki kelebihan lainnya yaitu ukuran aplikasi yang kecil serta ringan dipakai, sederhana, dan cara kunci aplikasi di Vivo dapat dilakukan dengan mudah memakai aplikasi ini.

Namun sayangnya, aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu terkadang mengalami error, dan ada iklan yang mengganggu.

4. Smart Applock

Smart Applock adalah salah satu aplikasi pengunci aplikasi yang bisa diandalkan dan telah dibekali oleh banyak fitur menarik. Aplikasi ini memiliki fitur utama untuk lock aplikasi yang diinstall memakai berbagai varian password.

Akan tetapi, aplikasi Smart AppLock mempunyai fitur menarik lainnya diantaranya seperti dapat mengunci rotasi layar, dan tingkat kecerahan, mengunci Wifi, jaringan 3G dan panggilan masuk.

Kamu bahkan bisa menyembunyikan SMS, video maupun foto yang bersifat privasi dan rahasia supaya keamanannya tetap terjamin. Namun kekurangannya ialah seringkali mengalami error, dan untuk fitur tertentu kamu harus membelinya.

5. Applocker

Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi AppLocker di Vivo untuk mengunci aplikasi tertentu yang diinginkan. Tidak jauh berbeda dari aplikasi pengunci lainnya, aplikasi ini memungkinkan untuk melakukan penguncian aplikasi serta menyembunyikan video atau foto rahasia.

Menyediakan berbagai macam fitur menarik, seperti mengganti tampilan untuk tema lockscreen serta berbagai opsi metode pembuka kunci, fingerprint atau pattern. 

Ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan memakai aplikasi ini, diantaranya aplikasi pengunci yang sangat ringan, ada banyak varian password penguncian, dan metodenya mudah dilakukan. Sementara kekurangannya terkadang kamu harus berhadapan dengan bug, dan ada iklan yang mungkin sangat mengganggumu.

Dari pilihan cara kunci aplikasi di Vivo di atas, kamu bisa memilih cara menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Namun jika cara tanpa aplikasi dirasa lebih simpel dan dapat bekerja, tentu saja sebaiknya memilih cara kunci aplikasi tanpa aplikasi pihak ketiga.

 

Related posts