Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi

Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi
Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi

Saat charger smartphone kamu tidak dapat melakukan pengisian, tentu saja kamu wajib mengetahui penyebabnya. Karena cara memperbaiki charger hp yang tidak mengisi bisa kamu sesuaikan tergantung akar permasalahannya. Ada beberapa faktor penyebab, namun paling sering adalah akibat port charging kotor, charger rusak hingga hp sedang mengalami hang.

Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi

Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi
Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi

Jika kamu ingin memperbaiki charger ponsel yang tidak dapat melakuka pengisian, ada beberapa langkah yang dapat kamu coba di bawah ini :

1. Melakukan Restart Hp

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan restart hp kamu terlebih dahulu. Bisa jadi, hp kamu sedang tidak dalam kondisi yang normal. Selain itu, bisa saja ada software hp yang tidak bekerja karena masalah tertentu.

Maka dari itu, hal ini bisa menyebabkan sistem dalam pengisian data tidak dapat berfungsi atau berjalan dengan baik. Guna mengatasinya, kamu bisa melakukan restart hp supaya bisa mengembalikan performa hp ke kondisi normal.

2. Cek  Power Adapter dan Kabel USB

Bisa jadi masalah tidak dapat mengisi ulang baterai bukan dari perangkat. Karena penyebab lainnya bisa saja dari charger hp yang kamu miliki. Mungkin kabel USB charger hp yang error akibat sering terlipat.

Jika kabel USB kamu mengalami kerusakan, alangkah baiknya untuk membeli kabel bawaan hp asli supaya kamu bisa memakainya kembali tanpa ada risiko apapun. Namun ingat, jangan memakai kabel USB sembarangan.

Sesudah mengecek kabel USB, kamu juga harus mengecek power adapter. Seringkali akibat salah penggunaan, arus pada power adapter menjadi berkurang, alhasil baterai hp tidak dapat terisi penuh.

Untuk mengeceknya, kamu dapat meminjam charger milik orang lain. Jika dipakai hp kamu terisi penuh, dapat dipastikan jika power adapter atau kabel USB bermasalah. Jika kabel USB bermasalah, solusinya silakan beli kabel USB charging yang baru.

3. Bersihkan Charging Port

Selanjutnya, coba bersihkan charging port hp kamu karena ketika ada sedikit saja kotoran yang menyumbat, bisa membuat proses pengisian ulang baterai tidak dapat berjalan dengan semestinya. Maka dari itu, kamu wajib mengecek komponen sparepart pada hp untuk melakukan pemeriksaan apakah charging port terdapat kotoran atau bersih.

Apabila ada kotoran, hal ini memungkinkan hp kamu tidak bisa menerima pengisian daya.

4. Cek Software Bug

Terjadinya software bug umumnya disebabkan oleh sistem tidak berjalan hingga selesai. Contohnya, ketika membuka aplikasi lalu tidak berjalan. Dengan banyaknya bug pada software juga bisa menjadi penyebab pengisian daya tidak dapat berjalan. Maka dari itu, silaka periksa apakah hp kamu ngebug ataukah tidak. Adapun caranya yaitu kamu bisa memakai ampere.

5. Lakukan Update OS

Saat kamu tidak update OS, bisa jadi  mempengaruhi proses pengisian daya. Sehingga, ketika kamu menerima notifikasi tentang pembaharuan OS, sebaiknya lakukan update. Ini bisa menjadi langkah untuk dapat mengatasi persoalan hp tidak bisa melakukan pengisian daya.

6. Melakukan Kalibrasi Baterai

Sekarang coba kalibrasi baterai agar kamu bisa mencoba perangkat charger hp milikmu bisa dipakai seharusnya. Lantas, bagaimana cara melakukan kalibrasi? Kamu bisa mengkalibrasi baterai dengan memakai hp sampai baterai posel habis. Kemudian, charger ponsel hingga 100%.

7. Hp Tidak Tergenang Air

Cara memperbaiki charger hp yang tidak mengisi selanjutnya adalah kamu harus memastikan jika hp kamu tidak terkena air sebelumnya. Jika ada air pada posel, umumnya bisa menjadi penyebab yang mengakibatkan hp kamu tidak bisa dicharger.

Lantas, bagaimana jika semua cara memperbaiki charger hp yang tidak mengisi di atas tidak bekerja? Solusi terakhir adalah kamu harus menggantinya dengan charger yang baru. Pastikan untuk membeli charger ori sesuai dengan merk hpmu.

Related posts