Cara Agar Kucing Mau Makan Saat Sedang Sakit, Dijamin Ampuh!

Cara Agar Kucing Mau Makan
Cara Agar Kucing Mau Makan

Hewan berbulu imut satu ini, memang banyak sekali tingkahnya. Apalagi, kalau tiba-tiba dia mogok makan. Sang babu, pasti harus mencari cara agar kucing mau makan. Luar biasa melelahkan bukan kelihatannya?

Meskipun begitu, tidak mengurangi kegencaran para babu (manusia) untuk terus menjaga kesehatan si kucing. Ya, karena bagaimanapun juga namanya hewan peliharaan pasti harus disayangi dan dirawat.

Apa Penyebab Kucing Tidak Nafsu Makan?

Sebelum kita membahas lebih jauh terkait cara penanganan kucing yang tidak mau makan, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa saja penyebab kucing tidak nafsu makan. Kira-kira apakah penyebabnya?

1. Stress

Tahukah kamu, salah satu penyebab kurangnya nafsu makan pada kucing tidak lain karena stress. Hal tersebut, bisa kamu ketahui dengan mudah ketika melihat kebiasaan atau gerak tubuh kucing yang tampak tidak seperti biasanya.

Contoh, tidak mau makan meskipun sudah disuguhkan makanan kesukaannya atau memperlihatkan gerakan yang terlihat gelisah. Penanganan di awal demi menjaga kesehatan mental kucing, coba kamu ajak bermain.

2. Sakit

Kedua, sakit. Sudah jelas bukan, setiap makhluk hidup yang sedang terjangkit suatu penyakit pasti nafsu makannya akan menurun. Untuk itu, segera kamu bawa ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Kurang Perhatian

Makhluk hidup berbulu ini, juga termasuk hewan yang perasa. Kurangnya perhatian dapat memicu depresi terhadap kucing. Gejala awal yang terlihat, yakni berkurangnya nafsu makan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengelus kucing minimal 10 menit setiap harinya.

4. Bosan dengan Makanan yang Tersaji

Penyebab lain yang membuat sang majikan enggan menyentuh makanannya karena merasa bosan dengan apa yang telah kamu sajikan. Coba variasikan dengan makanan yang kamu buat sendiri. Jangan selalu memberikan makanan kucing instan.

5. Perubahan Hormon

Kemudian, ada perubahan hormon. Seperti halnya manusia, ketika hormon sedang tidak stabil dapat memicu stress hingga menyebabkan malas makan. Sama halnya dengan makhluk hidup imut satu ini (kucing).

Untuk itu, coba kamu konsultasikan permasalahan tersebut dengan dokter hewan terpercaya. Siapa tahu, kucingmu membutuhkan obat untuk menstabilkan hormon di dalam tubuhnya agar nafsu makannya dapat kembali.

Cara Agar Kucing Mau Makan

"<yoastmark

Cara agar kucing mau makan makanan yang kamu berikan tanpa harus dibawa ke dokter hewan terlebih dahulu. Ya, selain memastikan kalau kucing kamu tetap dalam suasana hati yang bahgia, kamu harus perhatikan kebersihannya.

Baik itu lingkungan tempat tinggal si kucing maupun tubuh sang majikan itu sendiri. Berikut ada beberapa cara agar kucing kamu kembali makan dengan lahap dalam berbagai situasi dan kondisi.

Cara Agar Kucing Mau Makan Saat Sakit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab kucing tidak mau makan salah satunya karena sakit. Oleh sebab itu, supaya kucingmu tetap mau makan saat sakit, awali dengan merubah makanan yang diberikan.

Coba kamu berikan makanan nasi yang dicampur dengan daging ayam beraroma kuat. Apabila makanan ini masih tidak mampu membuat kucing kamu mau makan, ganti dengan pasta dan campuran daging cincang.

Cara Agar Kucing Mau Makan Makanan Kering

Sedangkan untuk kamu yang sudah terlalu sering memberikan makanan basah ke kucing. Tenang, ada kok cara agar kucing mau makan makanan kering. Tapi, jangan sekaligus memberikannya dry food saat itu juga ya kawan.

Kenalkan secara perlahan ke kucing kamu dengan mencampurkan makanan wet food dengan dry food dalam porsi yang imbang. Misalnya, 50% wet food dan 50% dry food. Lakukan selama seminggu sampai kucing mulai terbiasa.

Cara Kucing Mau Makan Nasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengoleskan makanan basah atau nasi ke bagian hidung kucing terlebih dahulu. Cara ini, dilakukan sebagai pengenalan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Mudah kan ternyata cara agar kucing mau makan? Asalkan kamu telaten dan sabar dalam melakukannya pasti bisa. Setelahnya, kamu bisa perhatikan kecantikan kulitmu sendiri. Lihat informasi selengkapnya di cara agar kulit putih.

 

 

Related posts