Cara Daftar Gojek Online

Sulitnya mencari pekerjaan sekarang ini, membuat banyak orang mulai beralih profesi sebagai tukang ojol (ojek online) baik sebagai penghasilan tambahan maupun pekerjaan utama (full time). Salah satu perusahaan ojek online terkemuka ialah Gojek. Popularitas Gojek nampaknya semakin meroket berkat banyaknya orang yang penasaran dengan cara daftar Gojek online.

Perusahaan Gojek memang membuka peluang besar-besaran untuk para pemilik kendaraan roda dua menjadi driver ojol dengan persyaratan daftar yang sangat mudah. Bahkan untuk diterima menjadi driver Gojek sendiri, tidak memerlukan jenjang pendidikan yang tinggi. Semua orang dapat mendaftar driver Gojek online asalkan sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Untuk mendaftar driver Gojek online sendiri tak perlu jenjang pendidikan yang tinggi. Semua orang dapat melakukannya asalan sudah memenuhi seluruh persyaratan yang sudah disediakan. Gojek bahkan menawarkan bonus dalam jumlah besar sesuai point yang sudah terkumpulkan saat menjalankan tugasnya mengantarkan penumpang.

Syarat Mendaftar Driver Gojek

Sebelum lanjut ke cara daftar Gojek online, Kamu mungkin penasaran ingin mengetahui apa saja persyaratan untuk mengajukan lamaran sebagai driver Gojek. Selain itu tak perlu khawatir, karena syarat untuk mendaftar driver Gojek sendiri sangat mudah, sebab tidak memerlukan jenjang pendidikan tinggi bahkan tanpa puungutan biaya sedikitpun.

Adapun untuk mengecek persyaratan yang diperlukan sebelum mendaftar layanan Gojek secara online ataupun secara langsung, Kamu bisa cek di bawah ini :

  • Para calon driver yang melamar Gojek harus mempunyai KTP aktif atau masih berlaku untuk dijadikan sebagai identitas diri.
  • Usia minimal driver Gjek ialah 17 tahun, serta wajib mempunyai KTP. Sementara usia maksimalnya hingga 55 tahun.
  • Mempunyai SIM C aktif dan masih berlaku.
  • Wajib mempunyai kendaraan bermotor yang telah dilengkapi oleh STNK asli.
  • Harus mempunyai smartphone android maupun iPhone yang akan dipakai untuk membuka aplikasi Gojek.
  • Wajib menyertakan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Jika semua persyaratan menjadi driver Gojek di atas sudah terpenuhi, maka peluangmu menjadi driver akan semakin terbuka lebar. Selanjutnya pihak Gojek langsung memeriksa keaslian seluruh berkas yang Kamu kumpulkan saat mendaftar driver secara online atau langsung.

Sesudahnya baru diputuskan apakah Kamu layak bergabung bersama Gojek ataukah tidak. Jika Kamu merasa telah memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya Kamu cukup mendaftar saja.  Adapun panduan cara daftar Gojek online, ialah di bawah ini!

Cara Daftar Gojek Online

Cara Daftar Gojek Online
Mendaftar Driver Gojek Online

Mendaftar Driver Gojek Online

Perlu diketahui bahwa persyaratan daftar driver Gojek online di atas berlaku bagi layanan Go Ride saja, sementara untuk layanan Go Send misalnya Kamu perlu cara daftar Go Send yang berbeda. Akan tetapi, semua pendaftar driver Gojek sudah memenuhi usia yang disyaratkan dan mempunyai kendaraan sendiri.

Persyaratan utama untuk mendaftar Gojek ialah harus memiliki SIM. Jadi Kamu harus memperpanjang SIM jika masa berlakunya habis. Selain itu, jika Kamu belum mempunyai SIM harus membuatnya terlebih dahulu.

Jika SIM yang Kamu miliki sudah dipersiapkan, selanjutnya Kamu tinggal mendaftar Gojek Online. Oke, langsung saja simak panduan cara daftar Gojek online di bawah ini!

1. Foto Berkas-Berkas yang Diperlukan

Sebelum mendaftar layanan Gojek online, pastikan Kamu sudah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan terlebih dahulu, seperti KTP, SKCK, STNK dan SIM. Lalu foto atau scan semua dokumen tersebut. Namun pastikan hasilnya tidak buram dan terlihat jelas untuk memudahkan proses mendaftar driver Gojek online.

2. Buka Web Resmi Gojek

Cara mendaftar Gojek online berikutnya sesuda semua berkas dipersiapkan, Kamu langsung mengunjungi web resmi untuk pendaftara GoRide di link ini. Setelah itu, silahkan buka web tersebut di komputer atau Hp. Untuk lebih mempermudah, sebaiknya akses dan daftar Gojek online lewat smartphone. Namun pastikan pula smartphone-mu sudah didukung oleh koneksi internet stabil, sebab nantinya Kamu harus mengupload dokumen yang telah dipersiapkan.

3. Isi Formulir Registrasi Driver Gojek Online

Cara daftar Gojek online berikutnya ialah harus mengisi formulir registrasi driver Gojek online. Beberapa kolom dalam form registrasi yang perlu diisi ialah nama depan dan belakang, nomor Hp, alamat email dan kota yang Kamu pilih sebagai lokasi tempat mendaftar.

Adapun nomor yang diisi atau dimasukkan harus aktif, sebab akan digunakan untuk melanjutkan pendaftaran. Di samping itu, Kamu harus memakai akun Gmail dan diisi di kolom akun/alamat email.

4. Pilih Kota Pendaftaran

Gojek sendiri sudah melakukan ekspansi layananya hingga ke berbagai wilayah atau kota yang ada di Indonesia. Cara daftar Gojek online berikutnya ialah memilih kota tempat Kamu mendaftar. Kamu bisa leluasa memilih kota yang diinginkan tanpa mengikuti domisi yang terdapat pada KTP. Sesudah itu, klik “Setuju” atau centang di kolom persetujuan. Lalu klik “Daftar”.

5. Melakukan Verifikasi Nomor Hp

Sesudah melakukan pengisian formulir pendaftaran secara online, pihak Gojek selanjutnya akan langsung mengirimkan pesan singkat ke nomor Hp yang sudah Kamu masukkan dalam formulir. Pastikan nomor Hp yang diinputkan sudah benar, sebab nantinya akan digunakan untuk login ke menu registrasi Gojek.

6. Inputkan Kode Verifikasi

Apabila nomor Hp yang sudah dimasukkan benar, secara otonatis Kamu akan menerima kode verifikasi yang terdiri atas 4 digit lalu masukkan ke menu atau kolom verifikasi. Jika sudah menginputkan kode verifikasi, Kamu cukup menekan “Kirim”.

7. Isi Data-Data Pribadi

Langkah selanjutnya lakukan pengisian data pribadi. Beberapa data tersebut diantaranya nama depan dan belakang, nomor Hp, alamat email, nomor Hp darurat, pilihan kota dan pekerjaan sebelumnya. Kamu harus mengisi seluruh data pribadi dengan lengkap dan benar. Pastikan data tersebut sesuai pada KTP. Jika sudah, klik “Lanjutkan” untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya.

8. Mengupload Dokumen KTP dan SKCK

Cara daftar Gojek online selanjutnya ialah mengunggah atau mengupload beberapa dokumen terdiri atas STNK, SKCK, KTP dan SIM. Seluruh dokumen tersebut pelrul di scan atau di foto dengan jelas. Setelah itu, unggah SKCK dan unggah KTP. Lakukan pengisian NIK KTP, masa berlaku dan tanggal lahir.

9. Mengupload Dokumen STNK dan SIM

Jika KTP dan SKCK sudah diunggah, cara selanjutnya ialah mengunggah STNK dan SIM. Adapun hal yang perlu Kamu lakukan ialah dengan mengupload SIM yang telah difoto, kemudian inputkan nomor SIM dan masa berlakunya.

Apabila SIM sudah berhasil diunggah, selanjutnya upload STNK dan isi formulir yang berupa data tahun kendaraan dan nomor kendaraan. Jika sudah silahkan klik “Kirim”.

10. Lakukan Konfirmasi

Langkah terakhir, jika semua proses telah diselesaikan selanjutnya Kamu akan ditampilkan pop up berisi tentang konfirmasi apakah semua data sesuai ataukah belum. Jika sudah benar, silahkan tekan “Ya” tapi jika salah tekan “Tidak” untuk menuju menu sebelumnya.

Apabila semua langkah cara daftar Gojek online di atas sudah Kamu kerjakan, selanjutnya tinggal tunggu konfirmasi dan persetujuan pihak Gojek saja. Setelah data-data yang Kamu isi sudah disetujui, pihak Gojek pun akan mengirimkan SMS yang berisi pemberitahuan untuk langsung datang ke cabang Gojek dengan menyertakan dokumen dan persyaratan lainnya.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019