Cara Konsumsi Cuka Apel Untuk Diet

Cara Konsumsi Cuka Apel Untuk Diet
Mengonsumsi Cuka Apel Untuk Diet

Apple cider vinegar atau cuka apel adalah hasil fermentasi buah apel. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi diet dan kesehatan. Dimana asam asetat adalah kandungan yang sangat penting pada cuka apel untuk menghambat kemampuan mencerna pati. Ini tentu saja menjadi kunci untuk menurunkan bobot badan dengan cepat. Lalu, bagaimana cara konsumsi cuka apel untuk diet?

Cara Konsumsi Cuka Apel Untuk Diet

Cara Konsumsi Cuka Apel Untuk Diet
Mengonsumsi Cuka Apel Untuk Diet

Mengonsumsi Cuka Apel Untuk Diet

Jika Kamu ingin mengonsumsi cuka apel untuk membantu program diet, ada beberapa cara konsumsi cuka apel untuk diet yang harus Kamu  ketahui berikut ini :

1. Resep Diet Cuka Apel dan Biji Fenugreek

Kamu bisa mengonsumsi cuka apel yang dicampurkan dengan biji fenugreek untuk resep diet. Adapun bahan-bahan yang digunakan diantaranya air 1 gelas, biji fenugreek 2 sdt, dan cuka sari apel 1 sendok.

Adapun cara mempersiapkan resep diet cuka apel ini, diantaranya :

  • Pertama-tama, biji fenugreek direndam semalaman pada secangkir air.
  • Kemudian pada pagi hari, Kamu bisa menambahkan cuka sari apel pada air fenugreek.
  • Silahkan aduk secara merata sampai tercapur dan minum.

Biji fenugreek pada cuka sari apel berguna untuk meningkatkan metabolisme sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sensitif pada insulin. Campuran biji fenugreek dan cuka apel adalah kombinasi sempurna untuk menurunkan berat badan. Di samping itu, kombinasi rasa pahit dan manis pada biji fenugreek juga bisa membantu meminimlisir rasa asam pada cuka apel.

2. Resep Dressing Salad dari Cuka Sari Apel

Cara konsumsi cuka sari untuk diet yang kedua ialah dengan membuat dressing salad cuka sari apel. Untuk membuat menu diet yang satu ini, Kamu memerlukan bahan-bahan berikut :

  • Mustard Dijon 1 sdt.
  • Minyak zaitun extra virgin 4 sdt.
  • Cuka sari apel 2 sdt.
  • Secukupnya garam.
  • Bumbu segar cincang 1 sdm.
  • Lada hitam yang ditumbuh 1/4 sdt.
  • Kulit lemon 1/2 sdt.

Adapun cara konsumsi cuka apel untuk diet dalam pembuatan dressig salad itu sendiri, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan masukkan seluruh bahan pada toples kaca.
  • Lalu goyangkan toples dengan baik.
  • Kamu tinggal menyajikan dressed salad yang renyah dan sehat.

Penggunaan saus salad sebenarnya memiliki kandungan kalori tinggi yang tidak terlihat, baik berbentuk mayones, gula, dan garam.

3. Resep Diet Campuran Teh Hijau dan Cuka Sari Apel

Kamu juga bisa membuat resep diet campuran dari cuka sari apel dan teh hijau. Cara konsumsi cuka apel untuk diet ini dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah ditemukan. Kamu hanya perlu mempersiapkan air 1 gelas, madu 1 sdt, daun teh hijau 1 sdt, dan cuka sari apel 1 sdt.

Adapun cara pembuatannya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan panaskan air 1 cangkir hingga mendidih terlebih dahulu.
  • Kemudian keluarkan pot pada nyala api lalu tambahkan dengan daun teh hijau. Silahkan tutup bagian penutupnya, biarkan sampai 3 menit.
  • Saring teh pada cangkir, kemudian tambahkan cuka apel ke dalamnya.
  • Kamu tinggal menambahkan 1 sdt madu.
  • Kemudian aduk merata lalu minum.

Resep ini sangat cocok untuk diet karena kandungan teh hijau memiliki zat antioksidan tinggi untuk membantu meminimalisir kadar toksin yang ada dalam tubuh. Hal tersebut juga dapat membantumu supaya lebih rileks sekaligus dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi pencernaan. Teh hijau dengan cuka apel dan madu merupakan resep sempurna dalam menurunkan berat badan, serta dapat menekan nafsu makan.

4. Resep Smoothie Suka Apel Untuk Diet

Kamu juga bisa mencoba resep smoothie dari bahan cuka sari apel. Adapun bahan tambahan lainnya untuk pembuatan smoothie ini ialah :

  • Bayam 1 ikat.
  • Aprikot cincang 1 sdt.
  • Delima 1/2 gelas.
  • Cuka apel 1 sdt.

Kamu tinggal mencampurkan semua bahan di atas, lalu tuangkan saja ke dalam gelas saji dan tinggal diminum.

Manfaat Cuka Sari Apel

Setelah mengetahui cara konsumsi cuka apel untuk diet di atas, Kamu juga harus tahu sejumlah manfaat yang terkandung dalam cuka apel. Berikut ulasannya :

1. Menurunkan Bobot Badan

Pada sebuah penelitian, dengan hanya mengonsumsi 2 sdm cuka apel hingga 12 minggu, dapat memberikan hasil penurunan bobot badan sampai kurang lebih 2 kg. Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan diet makanan. Penelitian juga telah menyebutkan jika cuka apel bisa memaksimalkan rasa kenyang, sehingga bisa membantu menekan asupan makanan dalam tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan bobot tubuh.

2. Menurunkan Resiko Kanker

Kanker biasanya diakibatkan oleh tumbuhnya sel-sel abnormal secara tak terkendali yang dapat merusak jaringan pada sel-sel sehat. Dalam cuka apel terkandung antioksidan dan betakaroten untuk menangkal paparan radikal bebas. Selain itu, kita bisa menjumpai radikal bebas pada asap rokok, polusi kendaraan dan radiasi sinar UV.

3. Dapat Membunuh Bakteri

Selain untuk tambahan makanan diet, cuka apel juga bisa mengawetkan makanan supaya lebih tahan lama dengan cara alami. Cuka sari buah apel bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan dapat membunuh kuman, salah satunya Escherichia coli yang menyebabkan diare. Selain itu, Kamu juga dapat memakai cuka apel jka ingin mengawetkan makanan secara alami supaya lebih tahan lama.

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi cuka apel selain berperan untuk menurunakn berat badan juga ternyata baik untuk menurunkan gula darah. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada tikus. Penelitian tersebut menunjukkan jika pemberian cuka sari apel pada tikus yang sedang mengalami diabetes dalam waktu 4 minggu ternyata, dapat menekan kadar gula darahnya dengan signifikan.

5. Dapat Mengatasi Sembelit

Apabila Kamu memiliki masalah pencernaan, misalnya perut kembung atau sulit buang air besar. Maka salah satu solusi alternatif yang dapat dicoba ialah dengan memakai cuka apel. Pasalnya cuka apel memiliki kandungan priobiotik yang baik bagi kesehatan usus sekaligus dapat menyehatkan organ pencernaan. Selain itu, kandungan asam juga dapat membanut penyerapan nutrisi makanan.

6. Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dengan mengonsumsi cuka apel secara rutin setiap pagi, bisa memperkuat daya tahan tubuh, mencegah kuman dan bakteri penyebab penyakit tumbuh di dalam tubuh. Sehingga kondisi ini akan sangat membantu untuk mengatasi timbulya gejala flu atau pilek, seperti dapat meringankan gejala penyakit sinus dan sakit tenggorokan.

7. Dapat Mencegah Kolesterol Tinggi

Penumpukan kolesterol jahat adalah salah satu sumber penyakit stroke dan jantung. Kegunaan cuka apel salah satunya ialah mengandung antioksian alami yang tinggi untuk dapat menurunkan tingkat LDL (kadar kolesterol jahat) sekaligus dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh. Cuka apel juga bisa membantu menenangkan pembuluh darah, karenanya tekanan darah menjadi cepat terkontrol dan tidak mudah naik.

8. Mengobati Infeksi Jamur

Kandungan antiseptik yang terdapat dalam cuka apel  bisa dimanfaatkan untuk mengobati infeksi jamur penyebab terjadinya keputihan. Pemakaiannya snagat mudah, Kamu hanya perlu menambahkan 1,5 cangkir cuka apel ke dalam bak mandi hingga 3 hari lamanya.

Itulah 8 manfaat cuka sari apel yang dapat Kamu rasakan apabila rutin mengonsumsi bahan alami ini. Selain itu, cara konsumsi cuka apel Untuk Diet yang sangat mudah juga membantumu untuk mengonsumsi cuka apel ke dalam berbagai jenis makanan dan minuman.

Related posts