Cara Live Location WA

Cara Live Location di WA

Banyak yang menanyakan tentang informasi cara live location WA meskipun fitur live location sendiri sebenarnya sudah ada dari dulu. Kita ketahui bahwa WhatsApp adalah aplikasi perpesanan atau chatting yang memiliki banyak pengguna di dunia. Kini pengguna WhatsApp lebih mudah untuk berbagi lokasi karena telah dimanjakan fitur terbaru untuk berbagi lokasi scara live melalui fitur WhatsApp Live Location.

Live Location sendiri adalah fitur terkini yang ditawarkan WhatsApp untuk mempermudah pemilik akun WA saat hendak berbagi lokasi kepada teman, kerabat, atau keluarga. Dalam fitur Live Location juga ada kontrol untuk memungkinkan para penggunanya dapat memilih untuk membagikan lokasi ke siapapun.

Cara Live Location di WA

Cara Live Location di WA
Live Location di WhatsApp

Fitur Untuk Melacak Lokasi Pengguna Lain

Cara live location di WhatsApp dianggap sebagai cara palinga aman dan sederhana untuk  para pengguna karena membuat pengguna lain dapat mengetahui lokasi keberadaanmu. Seperti misalnya, orangtua yang dapat mengetahui keberadaan dimana anake mereka sekarang ini atau Kamu bisa mengetahui atau melacak lokasi keberadaan temanmu saat diajak untuk ketemuan.

Kamu harus tahu bahwa fitur Live Location WhatsApp ini memanfaatkan teknologi enkripsi berbasis end to end, dengan demikian informasi yang Kamu bagikan keamanannya lebih terjamin. Fitur Live Location sebenarnya bukan fitur baru. Sebab aplikasi lain seperti Google Maps dan Facebook Messenger sudah meluncurkan fitur berbagi lokasi dengan sistem yang sama.

Cara Memakai Fitur WhatsApp Live Location

Untuk bisa menikmati layanan Live Location WhatsApp, para pengguna tak perlu harus mengupdate aplikasi WhatsApp ke dalam versi terbaru. Sebab fitur yang satu ini adalah fitur update dari server WhatsApp. Jadi pengguna hanya perlu mengecek apakah fitur Live Location ini telah diaktifkan atau masih belum diaktifkan.

Adapun cara live location di WA itu sendiri, terdiri dari beberapa langkah berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka pesan atau chat di aplikasi WhatsApp baik japri maupun grup yang ingin Kamu bagikan lokasinya melalui layanan Live Location.
  • Kemudian tap opsi “file attachment” yang memiliki ikon paper clip terletak di ujung sebelah kanan kolom pengetikkan pesan.
  • Setelah itu, akan muncul opsi attachment yang ingin di share, baru selanjutnya memilih “Locaation”.
  • Dalam aplikasi WhatsApp telah tersedia dalam fitur ini, selanjutnya akan tampil menu “Share Live Location” dalam fitur “Send Locaation” yang telah ada.
  • Apabila Kamu baru menggunakannya pertama kali, biasanya akan muncul tampilan pop up bertuliskan “To send a nearby place or your location, allow WhatsApp acces to yout location”. Selanjutnya tekan “continue”
  • Pada jendela bertuliskan “Send Location”, Kamu bisa memiliki lokasi keberadaan yang akan dibagikan, baik itu lokasi keberadaanmu saat ini maupun lokasi lainnya yang Kamu inginkan.
  • Kamuu dapat melakukan pengaturan berapa lama waktu yang ditentukan untuk share lokasi tersebut dengan cara real time melalui beberapa opsi yang tersedia, yakni mulai dari 15 menit, satu jam hingga 8 jam.
  • Jika ingin membatalkan share Live Location, Kamu hanya perlu menekan opsi “Stop Sharing”.

Adapun fitur terbaru Live Location WA ini nantinya akan diluncurkan dengan bertahap bagi pengguna yang ada di seluruh dunia selama beberapa waktu. Biasanya fitur tersebut tersedia di seluruh perangkat iOS dan android. Bagi Kamu yang ingin memakai fitur Live Location WhatsApp, Kamu dapat membuka aplikasi WA secara langsung.

Lacak Lokasi via WhatsApp Lainnya

Selain memakai cara live location di WA, Kamu juga dapat menggunakan aplikasi lainnya untuk melacak keberadaan seseorang lewat WhatsApp. Namun harus diingat, tujuan melacak lokasi orang lewat WhatsApp alangkah baiknya tidak bermaksud melanggar privasi dari orang tersebut. Jadi cara ini dapat digunakan hanya untuk keperluan penting dan mendesak saja.

1. Memakai HLR Lookup

Untuk melacak posisi keberadaan seseorang via WhatsApp selain lewat live location WhatsApp ialah dengan memakai Home Location Register atau HLR. Dimana cara yang satu ini bisa digunakan apabila Kamu merasa curiga terhadap pesan penipuan. Karena terkadang kita kerap menerima chat atau pesan yang telah mengatasnamakan teman atau orang lain dengan tujuan penipuan. Kamu dapat mengetahui provider dan lokasi atau posisi keberadaan pengirim pesan.

Adapun cara memakai HLR Lookup itu sendiri, diantaranya :

  • Unduh aplikasi HLR pada Google Play Store atau PlayStore.
  • Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara langsung, cukup dengan menginputkan nomor WhatsApp dari pengirim pesan. Selanjutnya Kamu tinggal menekan “Send” untuk mengirimkan.
  • Jika sudah, akan muncul informasi tentang pengirim telepon. Seperti informasi mengenai layanan provider, kode negara, area, wilayah dan kota nomor HP tersebut.
  • Pelacakan lokasi orang menggunakan aplikasi HLR Lookup di WhatsApp mungkin tidak begitu akurat, sebab bisa jadi nomor tersebut didaftarkan hanya di kota terkait. Sementara pengirimannya sendiir ada di kota yang berbeda.

Meskipun demikian, informasi di atas setidaknya bisa Kamu pakai sebagai bahan referensi terutama bila terkait penipuan mengatasnamakan teman/orang terdekat maupun istansi tertentu.

2. Memakai Google Maps

Tidak hanya dapat digunakan untuk sistem navigasi maupun penunjuk arah saja, tetapi Google Maps pun kerap diaplikasikan sebagai cara untuk mengetahui lokasi keberadaan seseorang via WhatsApp. Apalagi, sistem pelacakan lewat Google Maps sendiri dapat menghasilkan informasi dan data lebih akurat. Hanya saja persyaratannya yaitu, orang yang akan diketahui keberadaannya harus mengirimkan pesan tempat keberadaan atau posisinya kepadamu. Sehingga, Kamu dapat menemukan lokasi dari orang tersebut.

Cara yang satu ini dapat digunakan untuk mereka yang merasa malas menjelaskan atau mendiktekan dimana posisi keberadaan mereka. Selain itu, ada pula yang memakainya karena benar-benar tidak mengetahui lokasi keberadaan mereka pada saat itu.

Jika mengirimkan lokasi lewat Google Maps, maka Kamu dapat mengetahui letak posisi mereka dengan pasti. Adapun cara memakai Google Maps untuk mengetahui posisi seseorang di WhatsApp, adalah sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi Google Maps di Hp-mu terlebih dulu.
  • Ketuk tombol menu di samping kiri bagian atas.
  • Klik opsi Berbagi Lokasi.
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan yang menunjukkan posisimu kepada teman. Tekan tombol “Mulai”.
  • Pilih lama atau durasi real time waktu yang ingin digunakan.
  • Tekan ikon WhatsApp.
  • Silahkan kirim ke nomor telepon atau kontak yang akan Kamukirim lokasinya. Kini lokasi pengirim pun sudah dapat dibaca penerimanya.

3. Memakai IP Tracker

Kamu juga bisa mengetahui keberadaan seseorang via WhatsApp dengan memakai bantuan dari IP tracker. Caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka WhatsApp web memakai browser apa saja. Jika sudah, Kamu bisa menghubungkan WA-mu dengan WA web lebih dulu.
  •  Jika ingin mengetahui keberadaan orang, Kamu bisa mengajak orang tersebut untuk berkirim pesan terlebih dahulu. Silahkan ajak target untuk chatting-an.
  • Kamu harus menutup seluruh tugasmu yang sedang berjalan saat itu terkecuali web browser yang dipakai untuk membuka situs WA web.
  • Selanjutnya jalankan comman prompt melalui perintah ketik Ctrl+R di PC. Lalu ketik “cmd” serta akhiri dengan mengetuk enter. Jika sudah ketik “netstat-an” lalu akhiri lagi dengan menekan enter. Dari sana, Kamu akan melihat IP Addres orang atau target yang Kamu tuju. Silahkan catat IP Addres-nya.
  • Jika sudah menemukan dan mencatat IP Addres target, silahkan tracking di alamat https://www.whatismyip.com dengan tujuan untuk mengecek lokasi orang tersebut.

Itulah langkah-langkah cara live location di WA dengan fitur Live Location dan fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi lokasi. Semoga bermanfaat!

Related posts