Cara Menghilangkan Noda di Baju

Cara Menghilangkan Noda di Baju
Cara Menghilangkan Noda di Baju

Bagaimana cara menghilangkan noda di baju ?, saat kita sedang mencuci pakaian sudah biasa dengan adanya noda yang menempel pada bagian pakaian.

Terkadang ada noda tersebut bisa berasal dari makanan, pewarna, dan lain sebagainya yang membuat noda tersebut menjadi sulit untuk dihilangkan.

Read More

Begitu pula dengan baju putih apabila sudah terkena noda dan tidak segera dibersihkan maka noda tersebut akan sulit hilang.

Karena itulah kamu perlu mengetahui tips-tips untuk menghilangkan noda di baju yang akan dibahas pada artikel ini. Sebelumnya artikel mengenai cara menghilangkan noda luntur di baju putih juga pernah dibahas sebelumnya.

Cara Menghilangkan Noda di Baju

Cara Menghilangkan Noda di Baju
Cara Menghilangkan Noda di Baju

Jika kamu ingin menghilangkan noda yang ada di baju akan tetapi dengan cara yang tidak tepat bukannya noda membandel menghilang malahan baju kamu yang akan rusak.

Karena itulah jika ingin menghilangkan noda membandel di pakaian sebaiknya Perhatikan cara yang tepat untuk membersihkannya.

Berikut ini adalah beberapa metode untuk menghilangkan noda di pakaian yang bisa kamu coba dan terapkan pada pakaian kamu yang terkena noda.

1. Menggunakan Cairan Penghilang Noda

Banyak orang yang menilai jika noda yang terdapat di pakaian bisa hilang hanya dengan menggunakan deterjen.

Akan tetapi cara menghilangkan noda menggunakan deterjen tidak cukup efektif meskipun kamu menggunakan deterjen sebanyak apapun mudah tidak akan bisa hilang.

Oleh karena itu lebih baik kamu memilih untuk menggunakan cairan yang khusus menghilangkan noda seperti Proclin penghilang noda pakaian, venish, dan lain sebagainya. Cara ini bisa kamu terapkan untuk menghilangkan noda khususnya pada pakaian berwarna putih.

Langkah-langkahnya juga cukup mudah siapkan air bersih secukupnya, lalu kamu bisa menuangkan cairan penghilang noda sesuai petunjuk pemakaian, kemudian masukkan baju yang terkena noda dan rendam selama 15 menit.

Apabila sudah 15 menit kucek-kucek sebentar pada bagian pakaian yang terkena noda. Kemudian jika noda sudah hilang cuci baju seperti biasa dan keringkan dengan dijemur ataupun menggunakan pengering di mesin cuci.

2. Menggunakan Bantuan Cuka

Cara kedua untuk menghilangkan noda pada pakaian yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan bahan dapur yaitu cuka.

Selain bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk menambah cita rasa pada makanan, cuka juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda membandel.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan noda membandel menggunakan bantuan cuka :

  • Pertama-tama siapkan air bersih di dalam wadah dan isikan setengah cangkir cuka.
  • Lalu Rendam baju selama kurang lebih 1 jam.
  • Setelah itu kucek baju pada bagian yang terkena noda.
  • Lalu bilas menggunakan air bersih.
  • Jika sudah cuci baju seperti biasa dan keringkan.
  • Selesai.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Terkadang saat kita sedang makan bisa jadi baju kamu terciprat dan menimbulkan noda di baju. Apabila sudah tersebut tidak segera dibersihkan maka akan menjadi noda membandel dan susah hilang dari pakaian kamu.

Oleh sebab itu jika pakaian kamu terkena noda segera bersihkan noda tersebut sebelum noda menjadi membandel.

Salah satu hal yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda di pakaian berwarna maupun pakaian putih adalah dengan menggunakan bantuan jeruk nipis.

Langkah-langkah  menggunakan jeruk nipis menghilangkan untuk menghilangkan noda juga cukup mudah yaitu siapkan jeruk nipis dan campurkan perasan jeruk nipis dengan sedikit air.

Lalu bilas pakaian yang terkena noda dengan sedikit air terlebih dahulu dan rendam bagian baju yang terkena noda ke dalam air jeruk nipis.

Diamkan pakaian selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih dan keringkan baju. Maka noda makanan yang terdapat di pakaian kamu akan menghilang.

4. Dengan Menggunakan Alkohol

Metode keempat yang bisa kamu coba untuk membersihkan noda yang ada pada pakaian seperti moda karena lipstik adalah dengan menggunakan bantuan cairan alkohol.

Selain itu alkohol juga mudah kamu dapatkan di apotek terdekat. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan noda di pakaian menggunakan :

  • Pertama-tama siapkan alkohol, kain, dan tisu yang dapat menyerap cairan.
  • Setelah itu gunakan tisu sebagai alas pakaian yang terkena noda.
  • Langkah selanjutnya ambil kain dan celupkan ke dalam alkohol.
  • Jika sudah gunakan kain tersebut untuk menekan bagian baju yang terkena noda, tekan-tekan noda tersebut menggunakan kain yang sudah diberi alkohol hingga noda menghilang.
  • Cukup tekan baju yang terkena noda dan jangan digosok-gosok.
  • Kamu bisa mengganti alas tisu yang sudah basah.
  • Apabila noda membandel di pakaian kamu sudah hilang segera cuci pakaian seperti biasa dan keringkan.

5. Menggunakan Bantuan Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan salah satu benda yang cukup mudah untuk ditemukan kamu bisa membelinya di toko terdekat.

Selain bisa untuk membersihkan gigi pasta gigi juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda yang terdapat di baju.

Pasta gigi juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk membersihkan noda-noda yang dinilai membandel seperti membersihkan sepatu putih, membersihkan softcase, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin menghilangkan noda di pakaian menggunakan pasta gigi. Ikutilah langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama ambil pasta gigi secukupnya dan tempatkan pada baju yang terkena noda.
  • Jika sudah siapkan sikat dan beri sedikit air lalu gosok baju yang sudah kamu beri pasta gigi tadi.
  • Gosoklah secara perlahan hingga noda menghilang.
  • Kemudian bilas sisa pasta gigi di baju dan cuci pakaian seperti biasanya menggunakan deterjen hingga bersih.
  • Lalu keringkan pakaian dengan dijemur atau menggunakan mesin pengering di mesin cuci.
  • Selesai.

6. Menggunakan Selai Kacang

Selain cuka maupun jeruk nipis kamu juga bisa menggunakan salah satu bahan makanan untuk menghilangkan noda yaitu selai kacang.

Salah satu noda yang bisa dihilangkan menggunakan selai kacang adalah noda yang disebabkan karena stiker atau label pakaian.

Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan selai kacang supaya bisa membersihkan noda :

  • Pertama siapkan terlebih dahulu selai kacang.
  • Lalu oleskan selai kacang pada bagian baju yang terkena label atau stiker.
  • Setelah itu diamkan pakaian kurang lebih 5 menit hingga minyak yang ada pada selai terserap oleh kain supaya mengurangi stiker yang melekat di pakaian.
  • Lalu lepaskan stiker perlahan dan bilas pakaian.
  • Kemudian cuci pakaian menggunakan deterjen seperti biasa.

Itulah langkah-langkah untuk menghilangkan noda akibat pakaian tertempel label atau stiker dengan mudah tanpa harus merusak pakaian.

7. Menggunakan Air Dingin

Untuk kamu pecinta kopi tentu sudah pernah mengalami pakaian yang terkena noda kopi. Noda kopi adalah salah satu noda yang sulit dihilangkan akan tetapi kamu bisa mencoba untuk membersihkan noda kopi di baju menggunakan air dingin.

Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkannya :

  • Langkah pertama bilas pakaian yang terkena noda kopi menggunakan air dingin kamu bisa membilas dari arah belakang hingga noda kopi terbawa air.
  • Lalu jika noda kopi hilang oleskan deterjen di bekas noda dan Diamkan selama kurang lebih 5 menit.
  • Setelah itu bilas dan cuci pakaian seperti biasa.

Itulah informasi mengenai cara menghilangkan noda di baju yang bisa kamu terapkan apabila baju kamu terkena noda membandel. Selamat mencoba.

Related posts