Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih
Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Mencuci baju secara bersamaan tanpa dibedakan warnanya berisiko baju berwarna putih menjadi terkena noda kelunturan dari warna baju lainnya. Oleh karena itu kamu perlu membedakan warna baju sebelum mencuci, namun apabila kamu sudah mengalami baju putih kelunturan maka kamu perlu tahu cara menghilangkan luntur di baju putih.

Meskipun harus membedakan warna-warna baju seperti memisahkan baju putih dengan warna-warna lain seperti pastel, kuning, hitam, dan warna lainnya cukup memakan waktu dan harus mencuci  dua kali. Namun hal ini penting untuk kamu lakukan supaya baju putih kesayangan kamu tidak terkena noda kelunturan.

Read More

Sebab apabila sudah kelunturan maka akan sulit dihilangkan, Akan masih ada beberapa cara yang bisa kamu coba jika baju putih kamu terkena lunturan warna baju lain.

Untuk kamu yang sedang mencari cara menjual baju trift, ikutilah penjelasan pada artikel yang sudah pernah dibahas ya.

Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih
Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Jika baju warna putih kesayangan kamu sudah terlanjur terkena lunturan warna baju lain yang kamu cuci bersamaan dengan baju putihmu, tenang saja jangan langsung beli baju baru. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba menghilangkan noda kelunturan dengan mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Ada beberapa metode untuk menghilangkan luntur di baju putih yang bisa kamu coba dan ikuti, berikut ini penjelasannya. Simak !.

1. Rendam Baju Putih Menggunakan Air Panas dan Deterjen

Apabila baju kamu yang terkena kelunturan itu belum sampai 24 jam, maka noda bisa lebih mudah untuk dihilangkan. Metode pertama untuk menghilangkan noda luntur yang dapat kamu coba adalah dengan cara merendam baju menggunakan air panas yang sudah diberi deterjen.

Kamu bisa memilih deterjen yang khusus untuk menghilangkan noda seperti vanish pink cair yang banyak dijual disekitar kamu. Langkah-langkah untuk menggunakan cara ini juga mudah, cukup rendam baju putih menggunakan venish pink cair selama kurang lebih 1 jam. Lalu setelah 1 jam bilas baju menggunakan air biasa, dan jemur.

Jika baju kamu terkena noda kelunturan kurang belum lama, maka akan hilang dengan mudah.

2. Dengan Menggunakan Cuka

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan cuka, cairan cuka tidak hanya bisa untuk bahan campuran acar, dan masakan lain. Akan tetapi kamu juga bisa memanfaatkan cuka ini untuk menghilangkan noda pada baju.

Jika baju putih kamu terkena noda luntur, maka kamu bisa mencoba menggunakan bahan dapur ini untuk membersihkannya. Langkah-langkahnya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan cuka pada bagian baju putih yang terkena noda luntur.

Setelah itu diamkan sampai noda memudar, kemudian cuci baju seperti biasa dengan menggunakan deterjen. Lalu keringkan menggunakan mesin cuci Samsung. Selesai, yang perlu kamu perhatikan apabila kamu sudah tahu baju milikmu terkena noda luntur segerakan lakukan langkah-langkah menghilangkan noda supaya noda tidak membandel dan tidak bisa menghilang.

3. Bersihkan Dengan Jeruk Nipis

Selain cuka, kamu juga bisa mencoba cara lain untuk membersihkan noda luntur dibaju putih yaitu dengan jeruk nipis. Untuk langkah-langkahnya hampir sama dengan menggunakan cuka yaitu siapkan jerus nipis lalu oleskan pada noda luntur di baju kamu.

Lalu diamkan seberntar hingga noda luntur menghilang, kemudian cucilah baju seperti biasanya yaitu menggunakan deterjen dan juga pewangi.

Noda luntur yang akan di baju kamu akan hilang dan baju bersih, selain untuk menghilangkan noda karena kelunturan baju berwarna jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda kuning yang muncul di baju kamu. Cukup mudah bukan ? selain itu jeruk nipis juga mudah dicari.

4. Dengan Menggunakan Belimbing Wuluh

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan apabila baju putih kamu kelunturan karena kamu mencucinya bersamaan dengan baju berwarna adalah dengan  membersihkan noda menggunakan belimbing wuluh. Bahan ini juga memiliki sifat asam seperti cuka dan juga jeruk nipis.

Jadi belimbing wuluh juga cukup efektif untuk menghilangkan noda di pakaian. Caranya juga mudah kamu hanya perlu memotong belimbung wuluh menjadi dua, setelah itu gosokan pada bagian pakaian yang terkena noda luntur.

Kemudian tunggu selama 3o menit agar cairan asam yang ada pada belimbing bekerja menghilangkan noda, jika sudah 30 menit cuci pakaian dan jemur hingga kering.

5. Menggunakan Larutan Vetsin dan Deterjen

Metode kelima untuk membersihkan noda di pakaian berwarna putih karena kelunturan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan laturan vetsin dan deterjen. Jika kamu belum tahu, vetsin merupakan bubuk MSG.

Cara untuk memanfaatkan vetsin sebagai bahan penghilang noda adalah dengan melarutkannya bersamaan dengan deterjen. Langkah-langkahnya adalah campurkan vetsin dan deterjen dengan rasio 3:2. Kemudian larutkan menggunakan air hangat.

Jika sudah masukan baju, dan rendam selama kurang lebih 30 menitan, lalu kucek hingga noda hilang. Setelah itu bilas baju menggunakan air bersih, dan keringkan pakaian kamu.  Biasanya noda luntur yang ada pada pakaian akan hilang.

6. Menggunakan Hair Spray

Jika kamu memiliki hair spray dirumah, maka kamu bisa memanfaatkan hair spray ini untuk memnghilangkan noda di pakaian putih milikmu. Jika biasanya hair spray hanya bisa digunakan untuk menata rambut, namun kamu juga bisa menggunakannya untuk membersigkan noda.

Metode ini sangat mudah, cukup dengan menyemprotkan hair spray di bagian baju yang terkena noda luntur secukupnya. Lalu tunggu hingga 15 menit, atau sampai noda sedikit hilang.

Kemudian kuceklah baju tersebut, dan cuci seperti biasa. Maka noda kelunturan di pakaian kamu akan menghilang. Mudah bukan ?.

7. Gunakan Aseton

Untuk kamu yang suka menggunakan kuteks sendiri tentu sudah tidak asing dengan aseton bukan, aseton merupakan cairan untuk membersihkan kuteks. Selain bisa menghilangkan kuteks di kuku kamu, cairan aseton ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda luntur di baju.

Caranya cukup dengan mengolesakan aseton pada bagian baju yang terkena kelunturan, setelah itu diamkan selama 30 menit. Jika sudah kamu bisa mencuci baju seperti biasa, dan kucek bagian yang terkena noda luntur tadi. Lalu keringkan baju, dan luntur dibaju putih bisa hilang kamu tidak perlu membuang baju tersebut.

8. Menggunakan Larutan Alkohol

Metode menghilangkan luncur di baju putih berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan larutan alkohol. Cara ke delapan ini efektif untuk memberihkan noda luntur di pakaian putih. Selain itu cairan alkohol juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek terdekat.

Langkah-langkah menghilangkan noda kelunturan menggunakan larutan alkohol adalah dengan mengosokan alkohol pada bagian baju yang bernoda sampai noda memudar. Lalu sikatlah bagian tersebut menggunakan deterjen, lalukan hingga luntur di baju benar-benar hilang.

9. Gunakan Baking Soda

Cara selalanjutnya yang bisa kamu coba yaitu menggunakan baking soda, metode ini juga tidak kalah mudahnya dari metode-metode yang telah dibahas sebelumnya. Caranya hanya rendam pakaian menggunakan baking soda selama 15 menit, lalu kucek dan bilas.

Demikianlah sedikit informasi seputar cara menghilangkan luntur di baju putih yang bisa kamu ikuti. Cobalah metode yang menurut kamu paling efektif untuk menghilangkan noda luncur di baju putih milikmu. Selamat mencoba.

 

Related posts