Cara Bersihkan Cache di iPhone

Cara bersihkan cache di iPhone sangat penting bagi pengguna iPhone, untuk memperlancar kinerja perangkat iPhone dengan baik. Apalagi bagi perangkat iPhone yang notabene-nya sebagai salah satu produk ponsel pintar eksklusif, yang tentu saja selalu digunakan untuk multitasking. iPhone banyak dipilih karena menawarkan performa dan kualitas yang handal dan tentu saja tak diragukan lagi.

Hanya saja, harganya yang selangit membuat Sebagian masyarakat dari kalangan menengah ke bawah harus berpikir dua kali sebelum membeli perangkat pintar besutan Apple ini. Dengan sistem operasi iOS, iPhone menghadirkan sistem smartphone canggih dengan spek mumpuni dan bisa dikatakan tahan banting.

Read More

Akan tetapi, karena seringnya kita menggunakan iPhone untuk melakukan banyak aktivitas, seperti membuka beberapa aplikasi, browsing dan lainnya, tak jarang membuat perangkat iPhone-mu lemot. Kinerja yang menurun ini biasanya diakibatkan oleh penumpukan cache pada iPhone.

Apa Itu Cache?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara bersihkan cache di iPhone, Kamu harus tahu dulu tentang pengertian cache. Setiap perangkat smartphone, baik itu android maupun iOS pada iPhone, tentu saja memiliki system cache yang berguna bagi performa hp itu sendiri.

Cache merupakan proses penyimpanan sementara pada perangkat untuk meminimalisir proses loading jika membuka aplikasi maupun website. Sehingga cache bisa membantu dalam menampilkan halaman web maupun aplikasi dengan cepat.

Terkait:  Cara Format Kartu SD di HP Samsung

Jika di analogikan dengan sebuah pasar, saat kamu pergi ke sebuah pasar yang baru untuk pertama kalinya. Lalu kamu ingin membeli daging ayam, maka hal pertama yang akan kamu lakukan adalah mencari posisi penjual daging ayam tersebut.

Jika kamu hendak membeli daging ayam lagi di tempat yang sudah kamu kunjungi sebelumnya, maka kamu tidak perlu mencari posisi letak penjual tersebut Kembali. Melainkan langsung ke lokasi penjual ayam tanpa harus berkeliling pasar lagi.

Setelah kamu memahami analogi di atas, maka itulah yang terjadi dengan memanfaatkan cache. Jika saja hp tidak dilengkapi dengan cache maka proses yang dibutuhkan oleh sistem baik membuka website maupun aplikasi akan membutuhkan waktu yang lama.

Apa yang Terjadi Jika Data Cache Tidak Dibersihkan?

Meskipun cache sebenarnya berguna untuk mempermudah akses kita saat menggunakan perangkat iPhone, tapi lama kelamaan cache akan semakin menumpuk. Dari sinilah Kamu harus rajin membersihkan cache pada perangkat iPhone-mu. Apa saja sih efek jika tidak membersihkan cache pada iPhone?

1. Membuat Memori Perangkat Semakin Berkurang

Data pada cache jika tidak dihapus dalam jangka yang cukup lama maka akan membuat folder cache akan semakin besar. Oleh karena itu, jika cache tidak dihapus secara berkala maka dampaknya akan menghabiskan memori cukup besar pada perangkatmu. Alhasil, Kamu akan kehabisan ruang untuk menyimpan foto, data, video atau bahkan akan instal aplikasi.

2. RAM akan terasa berat

Efek lain jika cache tidak dihapus secara berkala adalah akan menyebabkan processor dan RAM tidak bisa bekerja dengan optimal. Ketika kamu menggunakan hp iphone, maka setiap membuka website atau aplikasi akan terasa sangat berat.

3. Loading Saat Membuka Website atau Aplikasi

Cache bisa menimbulkan masalah yang saling berhubungan, jika tidak dihapus secara berkala. Selain RAM dan processor menjadi lebih berat, membuat kecepatan akses saat membuka aplikasi maupun website pun akan menurun. Jangankan aplikasi yang bersifat berat, aplikasi ringan pun bisa menyebabkan loading yang cukup lama yang disebabkan oleh penumpukan data cache.

4. Boros Baterai

Kelemahan lain jika kamu tidak membersihkan cache secara berkala adalah akan menyebabkan penggunaan baterai menjadi lebih boros dari biasanya. Dengan kata lain, jika Kamu menghapus cache rutin, bisa menghemat pemakaian baterai. Sehingga membuat penggunaan baterai pun tak cepat panas dan lebih tahan lama.

Terkait:  Cara Buang Sampah di Hp Samsung

Cara Bersihkan Cache di iPhone

Cara Bersihkan Cache di iPhone
Bersihkan Cache di iPhone

Tutorial Cara Bersihkan Cache di iPhone

Setelah mengetahui dan memahami dampak tidak menghapus data cache secara berkala di atas. Sudah saatnya, Kamu membersihkannya di perangkat iPhone supaya kinerja iPhone-mu meningkat Kembali. Berikut tutorial cara bersihkan cache di iPhone :

1. Restart Perangkat iPhone

Cara bersihkan cache di iPhone yang pertama tentunya sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan restart perangkat iPhone, lalu hidupkan kembali hpnya. Metode ini tidak memerlukan proses yang rumit. Jadi, silahkan restart dulu perangkat iPhone-mu untuk mengembalikan kinerjar iPhone.

2. Hapus Cache dengan File Data Aplikasi

Metode yang kedua adalah dengan menggunakan file data aplikasi, untuk lebih detilnya berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu setting pada perangkat iphone kamu, setelah itu pilhlah menu general untuk masuk ke menu selanjutnya.
  • Masuk ke iphone storage, nanti akan terbuka dengan banyaknya jumlah aplikasi yang sudah kamu instal pada perangkat iphone.
  • Kamu juga bisa dengan mudah melihat informasi setiap aplikasi yang kamu gunakan secara rinci. Seperti, saat aplikasi digunakan pertama kali dan terakhir kali, serta ukuran dari aplikasi tersebut.
  • Carilah aplikasi yang paling banyak memakan memori, lalu kamu pilih aplikasi yang menurutmu menghabiskan banyak memori.
  • Setelahmemilih aplikasi yang tepat, klik aplikasi tersebut lalu pada pengaturan lanjutan klik offload app. Setelah itu, akan muncul jendela pop up, kamu tinggal klik lagi offload app.
  • Dengan klik offload app maka kamu melakukan pembersihan data pada aplikasi tersebut yang nantinya memori hp kamu bisa bertambah dengan sendirinya.

Sedikit informasi mengenai penghapusan suatu aplikasi, kamu bisa melakukannya dengan cara otomatis untuk aplikasi yang jarang digunakan. Selain itu, bisa juga dengan cara manual dengan memilih aplikasi yang ingin dihapus dan membiarkan aplikasi yang tidak perlu dihapus karena suatu saat akan digunakan lagi.

Terkait:  Cara Clear Cache Samsung

3. Memakai Browser Safari

Browser safari adalah aplikasi bawaan yang ada di setiap iphone. Keutamaan browser safari ini adalah penampilannya yang user friendly juga sangat ringan digunakan.

Selain dengan fungsinya yaitu untuk browsing berbagai situs yang akan kamu buka, aplikasi browser safari juga bisa digunakan untuk menghapus cache yang ada pada hp iphone kamu. Langkah-langkahnya sangat mudah, dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara menghapus cache melalui browser dengan mudah :

  • Bukalah menu settings yang ada pada hp iphone kamu.
  • Jika sudah masuk ke menu settings silahkan cari aplikasi safari.
  • Selanjutnya dibawah tab privacy & security di aplikasi safari tinggal klik saja clear history & website data.
  • Jika sudah klik bagian tersebut, nanti akan muncul jendela pop up, kamu tinggal clear history & data untuk memulai langkah penghapusan data cache pada aplikasi safari.

Itulah 3 langkah mudah cara bersihkan cache di iphone milikmu. Yang paling utama dalam manajemen cache adalah hapus data secara berkala. Kamu bisa melakukannya dengan 3 cara di atas atau bisa dengan menggunakan aplikasi penghapus cache yang sangat banyak di App Store.

Optimalisasi pengaturan cache akan membuat umur hp kamu semakin panjang. Sehingga kamu bisa menggunakan iPhone lebih leluasa dan tentu saja lebih ringan saat mengakses aplikasi atau browsing di internet. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkannya secara berkala dengan cara bersihkan cache di iPhone seperti di atas.

 

 

Related posts