Cara Membuat Soal di Google Classroom

Cara Membuat Soal di Google Classroom

Google Classroom merupakan salah satu produk persembahan dari Google untuk proses belajar mengajar secara online yang di kemas semenarik mungkin. Dengan tujuan agar semua orang yang terlibat pada kegiatan mengajar melalui Google Classroom merasa nyaman. Bagi tenaga pengajar, kalian bisa mencoba cara membuat soal di Google Classroom dengan mudah.

Kehadiran Google Classroom dapat membantu semua pihak agar belajar menjadi lebih efektif lagi. Sebab bukan tenaga pengajar atau pendidik tidak hanya mengajarkan materi lewat Google Classroom. Melainkan dapat memanfaatkan berbagai macam fitur menarik lainnya.

Read More

Beberapa fitur tersebut, diantaranya melakukan penilaian dengan mudah, membuat evaluasi belajar (raport), bisa beralih antar kelas, dan tentu saja kalian bisa membuat soal sebagai bahan evaluasi untuk para siswa. Sehingga kalian bisa menilai, apakah siswa mampu menyerap materi yang telah dipelajari sebelumnya ataukah tidak dengan cepat.

Tentu hal ini sangat menarik sehingga bagi tenaga pengajar. Sebab kalian tidak perlu lagi membuka tools di luar Google Classroom untuk membuat soal. Karena semuanya sudah bisa diakses dan dilakukan lewat Google Classroom bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Fitur-fitur Google Classroom

Penggunaan fitur di Google Classroom dapat dioptimalkan apabila para penggunanya mengetahui apa saja fitur yang dapat dipakai. Berikut ini :

1. Dashboard

Fitur Dashboard dapat mempermudah pendidik maupun tenaga pendidik untuk memantau aktivitas para siswanya. Dashboard dapat meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar secara daring. Sehingga, meskipun tidak langsung bertatap muka, kalian tetap dapat mengawasi siswa dengan baik.

2. Edit Soal dan Menilai Tugas

Tenaga pendidik juga dapat melakukan editing soal dan memberikan penilaian pada tugas-tugas yang telah dikumpulkan murid. Dalam hal ini, tugas yang telah dikumpulkan bisa dievaluasi langsung oleh guru.

Guru nantinya dapat melakukan editing file tugas, seperti memberi komentar. Selain itu, file yang telah diedit dapat dikembalikan ke siswa kembali untuk dijadikan sebagai bahan belajar.

3. Pengumuman

Dalam Google Classroom juga terdapat kemudahan untuk memberikan pengumuman. Biasanya pengumuman tersebut dapat dibagikan berbentuk teks yang dilengkapi gambar hingga video.

Cara Membuat Soal di Google Classroom

Tutorial Membuat Soal di Google Classroom

Sebagai tenaga pengajar yang ingin memposting sejumlah pertanyaan, baik itu pertanyaan berupa pilihan ganda, isian maupun essay. Untuk lebih jelasnya, simak cara membuat soal di Google Classroom berikut :

Metode 1 : Membuat Soal Melalui Perangkat komputer

Langkah-langkahnya cukup mudah, para tenaga pengajar harus memiliki koneksi internet terlebih dahulu agar bisa mengakses Google Classroom melalui perangkat komputer. Begini panduannya :

  1. Buka terlebih dahulu browser pada komputer kalian.
  2. Selanjutnya sorot pada kolom pencarian yang ada di bagian atas browser untuk mengetik alamat dari Google Classroom yaitu : www.Classroom.Google.com.

 

  • Login dengan menggunakan akun sendiri. Biasanya akan otomatis masuk ke akun sendiri, jika kalian sedang mengakses akun Google di perangkat yang sama, cukup klik lanjutkan.
  • Setelah itu, di halaman utama, silakan pilih Kelas lalu pilih opsi lanjutan ‘Tugas Kelas’.

 

 

  • Pada bagian atas di halaman Tugas Kelas, pilih ‘Buat’ dan di lanjut dengan pilih ‘Pertanyaan’.

 

 

  • Silakan untuk memasukkan pertanyaan dan petunjuk sesuai dengan keinginan.

Ada beberapa ketentuan lainnya yang bisa dilakukan khususnya untuk pertanyaan dengan jawaban yang singkat pada Google Classroom. Sehingga, siswa dapat mengedit jawaban mereka apabila butuh koreksi jawaban yang di anggap kurang benar.

Bahkan mereka juga bisa saling membalas komentar bersama para tenaga pengajar melalui jawaban tersebut. Opsi ini bisa di aktifkan ataupun di nonaktifkan sesuai dengan kebutuhan. Adapun pilihan opsi nya yaitu :

1. Siswa Dapat Mengedit Jawaban

Jika kalian sebagai tenaga pengajar ingin mengaktifkan opsi ini, maka untuk mengaktifkannya bisa klik tombol berupa slider ke posisi On (geser ke sebelah kanan). Ini akan mengizinkan semua siswa dapat mengedit jawabannya. Apabila dalam posisi OFF (posisi slider di geser kembali ke sebelah kiri), maka siswa tidak bisa melakukan editing jawaban ketika akan mengoreksi jawaban yang di anggap salah.

Yang paling penting jika mengaktifkan fitur ini adalah, siswa hanya bisa mengedit jawaban ketika tenaga pengajar belum memberikan penilaian pada soal-soal yang diberikan kepasa siswa.

2. Siswa Dapat Saling Membalas

Fitur ini cukup menarik jika di aktifkan, karena nantinya siswa bisa saling melihat dan mengomentari jawaban antar teman sekelas di Google Classroom. Sehingga dengan cara ini memungkinkan kelas bisa menjadi lebih efektif dan saling berdiskusi terkait soal yang di bahas.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, kalian tinggal geser slider dari posisi OFF menjadi on (geser ke sebelah kanan) pada halaman edit soal. Adapun kelebihan fitur ini adalah tidak ada batasan karakter untuk pertanyaan jawaban yang telah di atur secara singkat.

Metode 2 : Membuat Soal Melalui HP android

Cara membuat soal di Google Classroom kedua bisa dilakukan jika kalian tidak bisa mengakses komputer untuk membuat soal. Dengan memakai HP android, Kalian bisa tetap membuat soal atau kelas Google Classroom meskipun sedang berada di perjalanan. Bahkan bisa langsung mengevaluasi hasil pembelajaran. Adapun langkah-langkahnya yaitu :

  • Buka aplikasi Google Classroom dengan menggunakan akun sendiri.

  • Setelah masuk pada halaman utama dari Google Classroom, silakan klik Classroom lalu pilih menu ‘Kelas’.
  • Setelahnya, pilih opsi lanjutan yaitu ‘Tugas Kelas’.
  • Di sana akan ada ada opsi untuk menambahkan pertanyaan dengan cara klik tombol ‘Tambahkan’ yang bertanda (+).
  • Berikutnya klik ‘Pertanyaan’.

  • Setelah itu kalian tinggal membuat pertanyaan sesuai dengan kebutuhan.

Pada HP android, kalian bisa mengaktifkan opsi lanjutan untuk membuat siswa lebih interakif lagi, yaitu bisa mengedit jawaban atau saling membalas komentar. Cara untuk mengaktifkannya yaitu :

1. Mengaktifkan opsi agar siswa dapat mengedit jawaban

Di halaman edit pertanyaan, silakan geser slider dari kiri ke kanan (dari OFF menjadi on) sehingga siswa bisa mengedit jawaban mereka sebelum di nilai oleh tenaga pengajar.

2. Mengaktifkan mengaktifkan membalas komentar

Masih di halaman yang sama, geser slider ke posisi on. Ini memungkinkan mengizinkan siswa bisa melihat dan mengomentari jawaban antar teman sekelasnya setelah menjawab pertanyaan yang tersedia.

Namun, jika ingin menonaktifkannya dengan alasan privasi masing-masing siswa yang di ebaluasi, kalian tinggal geser saja slider yang semual on menjadi OFF (geser ke sebelah kiri).

Metode 3 : Membuat Soal Melalui iPhone dan iPad

Untuk metode yang ketiga lebih dikhususkan bagi tenaga pengajar yang menggunakan iPhone maupun iPad sebagai media utamanya. Simak cara membuat soal Google Classroom berikut :

  • Silakan buka terlebih dahulu aplikasinya.

  • Ketuk Classroom lalu pilih opsi ‘Kelas’.
  • Pada opsi lanjutannya, pilihlah opsi ‘Tugas Kelas’.

  • Untuk membuat pertanyaan, pilih opsi ‘Tambahkan’ yang bertanda (+), lalu buatlah pertanyaan sesuai dengan pelajaran yang akan di evaluasi.
  • Mulailah masukan pertanyaan dan juga petunjuk dari pertanyaan tersebut.

Opsi tambahan dari membuat soal melalui iPhone dan iPad sama dengan membuat soal dari komputer maupun HP android. Karena kalian dapat mengaktifkan opsi agar siswa dapat mengedit jawaban dan dapat saling membalas pada jawaban soal antar siswa.

 

Related posts