Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Hp Xiaomi sering lemot atau tiba-tiba nge-hang? Atau mungkin sering mati tanpa alasan? Hal ini bisa jadi disebabkan ada masalah pada baterai hp Xiaomi-mu. Jangan sepelekan Kesehatan baterai hp, karena bisa membuat performa hp Xiaomi-mu menjadi menurun. Inilah pentingnya mengetahui cara cek Kesehatan baterai Xiaomi, agar performa dan daya tahan baterai hp tetap terjaga.

Jika baterai perangkatmu tetap prima, maka kinerja hp akan tetap berjalan lancar. Kamu pun lebih leluasa saat melakukan multitasking bersama hp kesayanganmu. Sebenarnya baterai Xiaomi sendiri telah disematkan kapasitas baterai yang cukup besar, inilah yang membuat banyak orang memiliki Xiaomi. Terlebih lagi, Xiaomi selalu memberikan harga yang terjangkau untuk seri produknya. Ini karena Xiaomi menyasar konsumen di kelas middle end hingga low end.

Read More

Baterai ibarat nyawa bagi perangkat itu sendiri, jika baterai mati total, otomatis semua aktivitas di hpmu pun ikut mati. Inilah kenapa, Kamu harus memahami bagaimana cara cek Kesehatan baterai Xiaomi. Tujuannya agar Kamu tetap mengantisipasi kerusakan yang terjadi pada baterai, sekaligus bisa menggunakannya secara bijak tanpa berlebihan.

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi
Panduan Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Tutorial Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Berbeda dengan cara cek Kesehatan baterai Realme yang hanya bisa dilakukan lewat aplikasi pihak ketiga saja, Xiaomi menawarkan lebih banyak opsi cara cek Kesehatan baterai Xiaomi. Karena Kamu bisa menggunakan kode dial, mengakses menu pengaturan dan memakai aplikasi pihak ketiga untuk memantau Kesehatan baterai hp Xiaomi.

Terkait:  Cara Cek HP Sony

Bagi Kamu yang belum tahu caranya, mari simak panduan untuk mengecek baterai Xiaomi melalui 3 opsi cara di bawah ini :

1. Memakai Kode Dial

Cara cek Kesehatan baterai Xiaomi yang pertama ini paling hemat dan praktis, asalkan Kamu mengetahui kode rahasianya. Metode ini tidak memerlukan kuota internet untuk melakukannya. Langkah-langkahnya juga cukup simpel, Kamu hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka hp Xiaomi terlebih dahulu.
  • Masuk ke menu panggilan telepon atau menu dial untuk mengetikkan kode rahasia yaitu *#*#4636#*#*.
  • Tunggulah beberapa lama, sampai perangkat Xiaomi-mu memasuki menu Pengujian.
  • Silahkan cari menu baterai, kemudian cek status dan Kesehatan baterai ponsel Xiaomi-mu.

Biasanya di info baterai, ada tampilan tentang status baterai hp pada saat itu, kondisi baterai, level baterai, suhu baterai, kapasitas pengisian daya baterai, hingga skala baterai.

Tak hanya dapat mengecek Kesehatan baterai hp Xiaomi, tetapi cara kode dial ini memungkinkanmu dapat mengecek berbagai macam fitur yang tersedia di hp Xiaomi. Kode dial tersebut juga bisa diandalkan Ketika Kamu hendak membeli hp second di konter-konter hp. Apabila spesifikasi dan fiturnya masih alam kondisi prima termasuk kondisi daya baterainya, Kamu pun bisa memutuskan untuk membelinya.

2. Melalui Menu Pengaturan di Hp Xiaomi

Selain lewat kode dial up, jika Kamu sulit menghafal kode rahasia tersebut bisa menggunakan menu pengaturan untuk mengecek Kesehatan baterai hp Xiaomi-mu. Berikut langkah-langkah cara cek Kesehatan baterai Xiaomi yang dapat Kamu coba :

  • Silahkan akses menu settings pada perangkat Xiaomi-mu.
  • Selanjutnya pilih opsi about phone pada menu pengaturan tersebut.
  • Jika sudah, di menu tersebut Kamu akan melihat opsi ‘Versi Kernel’. Tekan menu Versi Kernel sebanyak 3 kali, agar Kamu mengakses menu pengujian.
  • Setelah masuk, kamu pilih menu lanjutan yaitu klik ‘single item test’.
  • Beebrapa saat kemudian akanmuncul banyak fitur pengujian, diantaranya pengujian Camera, LED, Headset, Vibrations, Speaker, kartu SIM, Key, Bluetooth, Wifi dan yang paling utama yaitu pengujian baterai.
  • Karena tujuan awalmu ingin mengecek Kesehatan baterai, kamu klik pengujian baterai.
  • Nantinya kamu akan diarahkan ke menu baru lagi yaitu ‘Engineering Mode’, dimana akan ada beberapa tes fitur pengujian
  • Klik tombol ‘Battery’, disini Kamu akan memperoleh beberapa informasi seperti Battery Status, Battery Health, Battery Level, Battery Scale, Battery Voltage dan Battery Temperature.
  • Lihatlah informasi tersebut, khususnya untuk status battery health. Jika baterai hp xiaomi dalam keadaan bagus maka akan ada tertulis ‘good’. Namun jika informasi terkait kondisi baterai yang didapatkan berstatus ‘bad’ atau buruk. Maka kamu harus siap-siap mengganti baterai lama dengan baterai yang baru.
Terkait:  Cara Cek Resi Lazada

3. Memakai Aplikasi Kaspersky Battery Life

Cara cek Kesehatan baterai Xiaomi selanjutnya ialah bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya memakai Kaspersky Battery Life. Memakai aplikasi ini, tak hanya digunakan untuk memantau Kesehatan baterai saja, tetapi juga dapat menghemat baterai. Aplikasi Kaspersky Battery life akan menginformasikan tentang kondisi baterai hpmu, apakah dalam kondisi prima atau justru bermasalah.

Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk mengecek Kesehatan baterai Xiaomi memakai Kaspersky :

  • Silahkan unduh aplikasi Kaspersky terlebih dulu di Google Play Store Xiaomi.
  • Jika sudah, buka dan jalankan aplikasinya dengan tekan fitur monitor Ketika ingin mengecek baterai setiap menjalankan aplikasi di hpmu.
  • Sesudah itu, aplikasi ini akan langsung memberitahukan tentang aplikasi mana saja yang bisa menyedot kapasitas baterai.

4. Memakai Aplikasi Battery Repair Life Pro

Kamu juga bisa memakai aplikasi Battery Repair Life Pro untuk mengecek Kesehatan baterai hp. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengkalibrasi ulang. Adapun tujuannya ialah mengembalikan kinerja daya baterai agar bisa dipakai dalam waktu lama. Kamu bisa memakai aplikasi Battery Repair Life Pro dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan download dan install aplikasinya seperti biasa.
  • Jika sudah menginstalnya, Kamu bisa mengecek kondisi suhu, sisa baterai, dan arus di sekitar baterai. Caranya tinggal klik pada opsi yang telah tersedia.

5. Aplikasi Activity Launcher

Activity Launcher adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek Kesehatan baterai Xiaomi, Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. Tak perlu khawatir, Kamu bisa mengunduh aplikasi ini tanpa takut kehabisan kapasitas penyimpanan hpmu. Sebab ukuran aplikasinya hanya sebesar 240 Kb saja. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama download kemudian install aplikasinya seperti biasa di Play Store.
  • Selanjutnya jika sudah diunduh, tinggal buka aplikasinya dan ketik ‘Battery Info’ pada pencarian.
  • Setelah itu, tekan Battery Info. Jika sudah, Kamu akan mendapatkan informasi status Kesehatan terkait baterai-mu saat ini.
Terkait:  Cara Cek Saldo BRI Lewat HP

Hindari Kebiasaan Buruk yang Menurunkan Performa Baterai Hpmu

Selain dengan cara di atas, pastikan Kamu mengetahui perawatan baterai hp dengan baik untuk meningkatkan performa baterai itu sendiri. Caranya mudah saja, salah satunya ialah cukup optimalkan saat pengisian ulang daya baterai.

Sebab jika salah saja melakukan pengisian daya baterai, justru membuat performa baterai menurun. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pengguna smartphone dan wajib Kamu hindari, diantaranya :

  • Memakai ponsel saat di charge,hal justru bisa membuat baterai perangkatmu cepat panas dan akan mengikis performa baterai secara terus menerus.
  • Menggunakan perangkat charger, yang bukan charger bawaan hp xiaomi.
  • Charge hp pada saat kondisi baterai benar-benar habis atau 0 %.

Oke, itulah penjelasan cara cek Kesehatan baterai hp Xiaomi yang dapat Kamu lakukan untuk tetap meningkatkan performa baterai hp Xiaomi agar lebih tahan lama. Semoga bermanfaat!

 

Related posts