Cara Menghemat Air

Cara menghemat air sebenarnya adalah hal yang mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Hanya saja perlu konsisten dalam menerapkan langkah-langkah penghematan air supaya tidak boros dalam penggunaan air bersih. Ada banyak manfaat yang  bisa didapatkan dengan menghemat air seperti membantu melestarikan lingkungan dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu bahwa air merupakan salah satu hal yang memiliki peran pending dalam kehidupan manusia. Jika saat ini kamu tinggal di daerah yang memiliki air melimpah, bukan berarti kamu tidak perlu menghemat air. Justru kamu harus menghemat persediaan air supaya bisa digunakan dikemudian hari.

Cara untuk menghemat persediaan air bersih juga cukup mudah, ada banyak cara mudah yang bisa kamu coba dan terapkan dalam melakukan langkah-langkah menghemat air. Kamu bisa menyimak metode yang akan dijelasakan pada artikel ini.

Cara Menghemat Air

Cara Menghemat Air
Cara Menghemat Air

Air adalah salah satu sumber kehidupan bagi manusia, banyaknya persediaan air menjadikan orang-orang menjadi boros dalam menggunakan air bersih. Oleh karena itu sebaiknya kita melakukan langkah menghemat air khususnya saat musim kemarau.

Hal ini dilakukan supaya bisa menjaga persediaan air bersih, untuk melindungi lingkungan dan juga mengantisipasi terjadinya kekeringan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin melakukan penghematan air.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai metode-metode yang bisa kamu ikuti untuk menghemat persediaan air bersih, simak penjelasannya !.

Terkait:  Cara Menghemat Energi Yang Berupa BBM

1. Matikan Keran Apabila Sudah Tidak Dipakai

Metode pertama yang paling mudah diterapkan supaya penggunaa air menjadi lebih hemat adalah dengan cara mematikan keran air apabila sudah tidak dipergunakan.

Hal sederhana seperti mematikan keran setelah menggunakannya untuk melakukan aktifitas seharai-hari seperti mencuci piring, sikat gigi, cuci baju dan lain sebagainya bisa menghemat hingga beberapa galon per orang setiap harinya. Jadi lakukan kebiasaan mematikan keran air apabila selesai menggunakannya.

2. Kurangi Penggunaan Air Saat Mandi

Cara kedua yang juga bisa kamu coba supaya penggunaan air bersih menjadi lebih hemat adalah dengan cara mengurangi penggunaan air saat kamu mandi. Caranya adalah jangan mandi terlalu lama sehingga penggunaan air untuk mandi menjadi lebih sedikit.

3. Perhatikan Penggunaan Air Saat Mencuci Pakaian

Berikutnya supaya kamu bisa menghemat air dan listrik jika kamu mencuci pakaian menggunakan mesin cuci sebaiknya kamu mencuci pakaian hanya saat pakaian kotor sudah banyak dan cukup dibatas maksimum mesin cuci.

Karena jika hanya sedikit pakaian kotor dan kamu sudah mencucinya maka akan semakin banyak penggunaan air dan listrik yang diperlukan oleh mesin cuci. Sebab kamu mencuci pakaian lebih dari satu kali.

4. Rawat Pipa Air dan Penampungan Air Dengan Baik

Selanjutnya salah satu penyebab penggunaan air bersih menjadi boros adalah karena adanya kebocoran pipa air ataupun saluran penampungan air. Oleh karena itu kamu bisa melakukan perawatan pada pipa air maupun pada penampungan supaya bisa segera diperbaiki apabila rusak.

Dengan melakukan langkah tersebut kamu bisa menghemat pengeluaran untuk membayar tagihan air bulanan.

5. Jangan Menyiram Taman Terlalu Sering

Untuk menghindari penggunaan air yang terlalu boros kamu bisa melakukan langkah untuk tidak terlalu sering menyiram tanaman. Sebab selain boros air, terlalu banyak kandungan air juga tidak baik untuk tanaman.

Karena terlalu banyak air bisa membuat tanaman menjadi busuk. Oleh karena itu pilihlah tanaman yang tidak memerlukan banyak air seperti sukulen, lidah buaya, dan lain sebagainya. Lalu siram hanya pada bagian tanahnya saja.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

6. Tampung Air Hujan

Langkah ke enam ini juga bisa kamu lakukan untuk menghemat persediaan air bersih. Yaitu dengan cara menampung air hujan, air hujan yang sudah kamu tampung bisa kamu gunakan untuk memcuci piring, menyiram pakaian, dan lain sebagainya.

Untuk caranya sendiri kamu bisa menyiapkan tong penampung air hujan, supaya saat hujan air bisa tertampung disitu, dan kamu bisa meletakan saluran pembuangan air hujan yang ada diatap rumah lalu arahkan ke tong penampungan air hujan yang nantinya bisa kamu gunakan.

7. Mengurangi Penggunaan Air Saat Musim Kemarau

Berikutnya saat musim panas telah tiba, tentu saja penggunaan air menjadi meningkat. Hal ini dikarenakan untuk keperluan menyiram halaman ataupun tanaman. Penyiraman halaman dilakukan oleh masyarakat untuk mengurangi debu yang ada karena cuaca yang kering.

Oleh sebab itu saat musim panas, menghemat air juga perla kamu lakukan dengan cara mengurangi penggunaan air, dengan cara menyiram tanaman ataupun halaman hanya pada saat sore hari. Hal ini dilakukan agar penggunaan air tidak boros yang membuat tagihan air menjadi meningkat.

8. Menggunakan Filter Air

Ada juga metode kedelapan untuk melakukan langkah penghematan air, yaitu dengan cara menggunakan filter air. Filter air ini berguna untuk menghemat penggunaan air galon ataupun air kemasan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Meskipun harga dari filter air ini bisa dikatakan cukup mahal akan tetapi hal ini bisa menjadi salah satu investasi dan juga langkah mengheman penggunaan air bersih.

9. Menggunakan Sabun Secukupnya

Selain kamu bisa memperhatikan jumlah air saat mandi ataupun mencuci piring. langkah ke sembilan ini juga penting kamu bisa menggunakan sabun baik untuk mandi, untuk mencuci piring, ataupun mencuci baju secukupnya saja. Karena jika kamu menggunakan terlalu banyak sabun maka kamu juga memerlukan banyak air untuk membilasnya.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai Samsung

Karena itulah mulai terapkan penggunaan sabun yang secukupnya saja tidak perlu berlebihan dalam penggunaannya.

10. Gunakan Gatung Untuk Menyiram

Yang perlu kamu ketahui jika dengan menekan tombol flush, volume air akan lebih banyak daripada yang kamu butuhkan. Karena itu untuk menghemat penggunaan air kamu bisa menggunakan gayung sebagai pengganti flush untuk menyiram tolilet. Akan tetapi jika kamu sedang terburu-buru kamu baru bisa menggunakan flush.

11. Matikan Keran Saat Menyikat Gigi

Kemudian saat kita sedang menyikat gigi terkadang keran air kita biarkan terbuka. Hal ini bisa membuat air menjadi terbuar sia-sia. Oleh karena itu untuk menghemat jumlah konsumsi air bersih, sebaiknya kamu mematikan keran air saat sedang menyikat gigi.

Kamu bisa membuka keran saat diperlukan dan matikan keran apabila sudah tidak dipergunakan lagi. Dengan menghemat air maka tagihan bulanan rumahmu tidak akan membengkak karena penggunaan air yang tinggi.

12. Pilihlah Peralatan Rumah Tangga Yang Hemat Air

Berikutnya supaya penggunaan air untuk kebutuhan sehari-hari bisa lebih hemat, kamu bisa memilih untuk menggunakan peralatan rumah tangga yang tidak hanya hemat listrik namun juga yang hemat air seperi mesin cuci.

Meskipun harganya bisa lebih mahal, namun ini bisa membuat pengeluaran kamu lebih sedikit dikemudian hari. Jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli peralatan rumah tangga.

13. Jangan Sering Menggunakan Bathtup

Penggunaa bathtup saat mandi bisa menjadikan penggunaan air menjadi lebih boros dibandingkan penggunaan shower ataupun gayung. Karena itulah jangan terlalu sering menggunakan bathtup saat mandi.

Demikianlah informasi seputar cara menghemat air yang bisa kamu coba. Lakukan langkah-langkah diatas dan lihat penggunaan air milikmu menjadi lebih hemat, Selamat mencoba.

Related posts