Cara Menandai Lokasi di Google Maps

Cara Menandai Lokasi di Google Maps

Google Maps adalah salah satu aplikasi yang saat ini sangat populer di berbagai platform seperti komputer, smartphone, baik android atau iphone dan ipad. Aplikasi ini begitu populer karena sering dijadikan sebagai petunjuk arah untuk pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sama sekali. Salah satu fitur yang bisa digunakan di Maps adalah cara menandai lokasi di Google Maps.

Tujuan utama dari aplikasi Google Maps adalah selain untuk menghindari perjalanan ke suatu tempat tanpa takut tersesat. Kalian juga bisa mengestimasikan waktu perjalanan dari titik awal perjalanan hingga titik akhir perjalanan. Pada keterangan lanjutan juga akan ada pemberitahuan bahwa jalan yang sedang dilalui apakah sedang mengalami kemacetan atau tidak, sehingga bisa saja kalian membuat jalan alternatif baru.

Read More

Kelemahan dari Google Maps yaitu tidak semua tempat terdokumentasikan pada Google Maps. Hal ini sangatlah wajar, mengingat dari waktu ke waktu setiap tempat selalu mengalami perubahan. Akan tetapi, untuk update peta atau lokasi tidak setiap hari bisa di ubah.

Sebenarnya untuk mengubah peta Google Maps tidak bisa dilakukan oleh pengguna Google Maps. Kecuali jika bertujuan hanya untuk menandai saja, seperti di lokasi tertentu membuat lokasi rumah, kantor, tempat makan, atau mungkin bisnis yang sedang kalian jalani.

Kalian bisa menambahkan lokasi-lokasi tersebut ke Google Maps dengan cara menandai lokasinya. Lalu beri nama yang relevan dengan bisnis., agar orang lain tertarik dengan bisnis kalian di aplikasi Google Maps.

Cara Menandai Lokasi Di Google Maps

Cara Menandai Lokasi di Google Maps
Tutorial Menandai Lokasi di Google Maps

Untuk menandai lokasi yang ingin kalian record di Google Maps bisa dengan beberapa cara sesuai dengan platform yang digunakan. Namun yang paling utama yaitu harus melakukan log in dengan akun sendiri, untuk menambah keterangan lokasi supaya lebih leluasa. Untuk itu, simak penjelasan cara menandai lokasi di Google Maps di bawah ini :

Metode 1 : Menandai Lokasi Menggunakan Komputer

Step 1

Cara menandai lokadi di Google Maps yang pertama, bisa menggunakan PC atau komputer. Berikut tutorialnya :

  • Siahkan buka web browser yang ada di komputer. Cukup banyak browser yang bisa kalian gunakan untuk membuka Google Maps. Kalian bisa memakai web browser apapun yang sering digunakan.
  • Klik pada menu pencarian di browser Google Chrome dengan mengetik : www.Google.com/Maps.
  • Setelah jendela utama dari website tersebut terbuka, selanjutnya klik ikon tanda panah yang berada di sebelah kiri bagian atas.
  • Berikutnya cukup klik ikon tiga garis yang bergaya horizontal untuk masuk pada opsi selanjutnya.
  • Opsi yang dipilih adalah ‘Your Place’. Setelah itu silakan masukan alamat secara rinci yang akan kalian simpan di Google Maps.
  • Setelah selesai menulis alamat, selanjutnya tinggal klik ikon yang berbentuk notes.
  • Berikutnya akan muncul beberapa pilihan yang bisa dipilih di antaranya : favorit, tempat yang ditandai, ingin dikunjungi, dan daftar baru. Pilihlah sesuai kebutuhan.
  • Jika ingin menandai tempat yang lain, silakan ulangi langkah-langkahnya di atas.
  • Langkah terakhir, lakukan share tempat untuk berbagi tempat berdasarkan titik lokasi yang sudah dibuat di Google Maps.

Step 2

Selain cara menandai lokasi menggunakan komputer di atas, ada cara lain lagi yang bisa dilakukan jika ingin menandai lokasi di Google Maps melalui komputer, yaitu :

  • Buka website Google Maps pada browser Google chrome dengan alamat : www.Google.com/Maps
  • Setelah itu, carilah alamat yang ingin kalian tambahkan di Google Maps. Jika alamatnya tidak ketemu, bisa mencari posisi alamatnya di peta dengan menggeser peta letak titik lokasi yang ingin ditandai.
  • Berikutnya, silakan klik kanan di simbol pin yang berwarna merah. Nanti akan muncul opsi lanjutan untuk selanjutnya pilih opsi tambah tempat.
  • Isi alamat secara lengkap mulai dari nama, kategori, jam operasional, lokasi, situs web, kontak, hingga foto-foto lokasi.
  • Apabila informasi tersebut sudah dipastikan di isi semua, selanjutnya tinggal klik tombol Kirim.

Baik cara pertama atau cara kedua yang telah di jelaskan di atas, nanti pihak Google akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terkait alamat yang ditambahkan. Setelah itu, alamat tersebut akan di validasi baru bisa muncul pada Google Maps.

Informasi terkait penandaan lokasi di Google Maps akan ada pemberitahuan juga melalui alamat email yang sama ketika log in pada Google Maps. Apabila pihak Google menyetujuinya, maka lokasi yang ditambahkan melalui Google Maps via browser sudah bisa terlihat oleh orang lain.

Untuk lamanya verifikasi dan validasi, biasanya estimasi waktu hanya membutuhkan paling tidak 24 jam setelah penandaan lokasi di Google Maps.

Metoed 2 : Menandai Lokasi Menggunakan Smartphone

Kalian juga bisa mencoba cara menandai lokasi di Google Maps via smartphone. Sebenarnya, menandai lokasi di Google Maps pada smartphone langkahnya tidak jauh berbeda dari menggunakan PC.

Step 1

Namun yang membedakannya adalah media penandaannya yang sebelumnya menggunakan browser, namun pada smartphone bisa menggunakan aplikasi Google Maps.  Ini tutorialnya :

  • Terlebih dahulu pastikan aplikasi Google Maps sudah terinstal pada smartphone.
  • Setelah itu, silahkan masuk memakai akun Google kalian.
  • Kalian tinggal memasukkan alamat yang ingin di simpan dengan cara geser titik biru yang ada di halaman peta pada Google Maps.
  • Setelah melakukan perintah di atas, selanjutnya tinggal ketuk lalu tahan ikon berbentuk balon yang berwarna merah pada lokasi yang sudah ditentukan.
  • Nantinya, layar akan memunculkan sebuah opsi tepat berada di bagian bawah lokasi.
  • Silakan gulir opsi tersebut hingga menemukan tulisan simpan.
  • Pilihan beriktnya adalah tinggal menambahkan alamat tersebut ke dalam daftar yang kalian inginkan. Seperti pada daftar favorit, daftar ingin dikunjungi, daftar tempat yang ditandai, atau bisa juga membuat daftar alamat baru. Pilihlah sesuai keinginan kalian.
  • Langkah terakhir adalah tinggal membagikan alamat yang sudah ditandai di Google Maps dengan klik bagikan. Kalian bisa membagikannya ke berbagai aplikasi yang terhubung dengan Google Maps atau copy link saja.

Step 2

Masih menggunakan aplikasi Google Maps, kalian bisa mencoba cara menandai lokasi di Google Maps via smartphone lainnya,berikut ini :

  • Setelah buka aplikasi Google Maps, dilanjut dengan klik opsi kontribusi lalu setelah itu pilihlah opsi edit peta.
  • Selanjutnya silakan klik opsi tambahkan. Opsi ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki tempat yang sudah tersemat di Google Maps.
  • Berikutnya tinggal menambahkan tempat saja dan masukan berbagai informasi mengenai lokasi yang ditambahkan tersebut meliputi nama, kategori, jam operasional jika ada, alamat lokasi, nomor kontak, alamat website, hingga foto-foto lokasi.
  • Apabila sudah mengisi informasi lengkapnya, silakan klik kirim.
  • Untuk lebih memperkenalkan lokasi yang sudah kalian buat, kalian bisa membagikannya kepada orang lain baik melalui pesan singkat, aplikasi perpesanan, hingga media sosial.

Cukup mudah bukan? Jadi, selain bisa dilakukan melalui browser, kalian juga bisa mencoba cara menandai lokasi di Google Maps via aplikasi di hp.

Related posts