Cara Auto Reply WhatsApp

Cara Auto Reply WhatsApp

Bagaimana cara auto reply WhatsApp? Ya, kini membuat auto reply WhatsApp tak hanya bisa dilakukan untuk WhatsApp Business saja, melainkan juga untuk WhatsApp reguler atau biasa. Ada kalanya kita merasa tidak ingin diganggu dengan banyaknya chatting yang masuk via WA. Entah itu, karena Kamu lagi sibuk mengerjakan PR atau tugas kantor, atau mungkin sedang menyetir.

Jika beberapa kondisi memungkinkanmu untuk tidak bisa membalas pesan WhatsApp sesegera mungkin, maka Kamu bisa mengaktifkan layanan auto reply di WhatsAppmu.

Read More

WhatsApp sendiri masih menjadi primadona dalam jajaran aplikasi chatting. Selain lebih ringan, mudah dipahami dan simpel, WhatsApp juga sangat cocok digunakan sebagai aplikasi perpesanan yang aman untuk berbagai kalangan.

Tak hanya itu, WhatsApp juga sering menawarkan berbagai macam fitur tambahan yang dapat memanjakan penggunanya. Meskipun demikian, masih ada bebapa fitur bermanfaat yang mungkin masih belum bisa ditemukan di WhatsApp. Fitur terseebut salah satunya adalah fitur balas otomatis (auto reply).

Fitur Auto Reply sendiri sebenarnya telah tersemat dalam WhatsApp Business. Selain itu, Kamu juga dapat memakai bot responder yang digunakan untuk balas pesan secara otomatis. Namun di sini kita juga akan membahas cara auto reply WhatsApp tanpa perlu memakai bot atau WhatsApp Business.

Kenali Cara Kerja WhatsApp Auto Reply di WA Business

Biasanya auto reply WA dapat bekerja dengan cara mengirimkan pesan otomatis berbentuk balasan sederhana atas pertanyaan pelanggan. Dimana jawaban tersebut sesuai dengan chat template WhatsAppp yang sudah dibuat sebelumnya. Berikut ada 3 jenis pola yang dipakai pada auto reply WA, diantaranya :

1. Memindai Kata Kunci

Sebelum Kamu memberikan jawaban, maka fitur ini biasanya akan memindai ‘keyword’ atau ‘kata kunci’ dari pengguna. Jika sudah terdeteksi, maka akan langsung direspon memakai jawaban yang mirip atau sesuai dengan ‘keyword’ yang dipakai pelanggan. Jika kata kunci ini tak ditemukan, sistem auto reply pun tak bisa memberikan jawaban sesuai.

2. Memberikan Opsi Jawaban

Autoresponder WA juga menawarkan pilihan pertanyaan yang ada di awal percakapan yang bisa dipilih secara langsung. Auto reply biasanya hanya bisa memberikan jawaban sesudah pengguna memilih pertanyaan yang sudah tersedia di dalam sistem. Jika pertanyaan dari pelanggan tak ada dalam opsi tersebut, maka pelanggan akan langsung diarahkan agar menghubungi layanan call center.

3. Perencanaan yang Strategis

Langkah terakhir memerlukan perencanaan terarah dan strategis, agar bisa membalas pesan memakai layanan bahasa seperti manusia. Selain itu, fitur auto reply juga memerlukan database cukup besar agar  bisa menjawab semua bentuk permintaan atau pertanyaan pelanggan. Adapun caranya yaitu melalui pengumpulan data pelanggan beserta transkrip percakapan. Dimana dengan semakin banyak pengumpulan data yang dilakukan, tentu saja kemampuan balas otomatis untuk merespon pun  menjadi semakin berkembang.

Siapa Saja yang Bisa Memakai Auto Reply?

Layanan ini hanya bisa dimiliki WhatsApp Business, entah itu WhatsApp API atau WA Business biasa. Akan tetapi, aplikasi berbasis auto reply WA terbaik dalam WhatsApp API dapat bekerja lebih lengkap dan cepat. Supaya Kamu bisa memakainya, maka Kamu harus mempunyai akun WA business API lebh dulu lewat auto reply.

Namun kini, Kamu yang tidak memiliki WA Business pun tak perlu repot lagi harus menggunakan bot reposnder. Untuk lebih jelasnya, berikut cara auto reply WhatsApp dengan atau tanpa bot responder.

Cara Auto Reply WhatsApp

Cara Auto Reply WhatsApp
Tutorial Auto Reply WhatsApp

Tutorial Auto Reply WhatsApp Tanpa Bot Respnder

Untuk cara auto reply WhatsApp pertama, kita tidak memakai bot responder dan berlaku bagi yang bukan pemilik WhatsApp Business. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi GBWhatsApp lebih dulu. Ini ulasannya :

  • Pertama-tama, silahakn unduh dan instal GBWhatsApp terlebih dahulu.
  • Kemudian buka GBWhatsApp yang sudah dipasang di perangkat hpmu. Lalu tekan “Setuju dan Lanjutkan”. Jika sudah, inputkan nomor hp yang Kamu pakai untuk verifikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya tap opsi tiga titik di ujung sebelah kanan bagian atas dan pilih GB Settings.
  • Lalu tap pada menu bertuliskan “Auto Reply Message” dan tap ikon ‘+’ jika ingin menambahkan layanan balasan pesan secara otomatis.
  • Inputkan kalimat balasan pesan secara otomatis pada kolom yang bertuliskan “Auto Reply Message”. Lalu, receiver dapat memilih contacts atau group dan bisa juga memilih both untuk keduanya.
  • Setelah itu, Kamu tinggal mengatur waktu untuk memulai serta berakhirnya balasan pesan otomatis memakai opsi Start Time serta End Time.
  • Selanjutnya, tap Add lalu aktifkan “Auto Reply Message” di bagian atas.

Itulah panduan cara auto reply WhatsApp bagi yang tidak memiliki WhatsApp Business dan tanpa memakai bot di perangkat android.

Tutorial Auto Reply WhatsApp dengan Bot Responder

Jika Kamu menggunakan WhatsApp Business, Kamu bisa memanfaatkan beberapa penyedia aplikasi balasan pesan otomatis terbaik ini :

1. Chatbot

Ini adalah aplikasi bot responder WhatsApp yang bersifat multifungsi. Pasalnya, aplikasi yang satu ini memungkinkanmu dapat membalas pesan secara otomatis pada WhatsApp. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa diintegrasikan ke dalam berbagai platform chat singkat, diantaranya seperti LiveChat, Facebook Messenger, Youtube, Twitter, dan Skype.

2. Qontak.com

Untuk Qontak.com menawarkan aplikasi pesan otomatis WA terbaik yang ad di Indonesia. Ini adalah mitra resmi dari WhatsApp Business API. Sehingga, WA auto reply untuk membalas pesan otomatis di WA dijamin aman. Di samping itu, Qontak.com juga telah terintegrasi oleh sistem CRM atau Customer Relationship Management. Karena itu, bisnis bisa dijalankan lebih efisien dan lebih baik.

3. AutoRespond Bot

Aplikasi ini bisa dipakai untuk pengiriman chat WA otomatis ke pelanggan, baik secara grup maupun personal. Melalui aplikasi yang satu ini, Kamu bisa menjawab pesan WA lewat website. Pasalnya, aplikasi yang satu ini mempunyai tampilan yang user friendly, dapat melakukan jadwal untuk auto respon dengan leluasam dan bisa membalas pesan sampai 99 kali.

4. BotCore

BotCore adalah aplikasi autoresponder WA yang bisa melakukan chatting otomatis. Ini karena dukungan dari teknologi AI (Artificial Intellifgence). Dimana teknologi yang satu ini, bisa merespon tiap pertanyaan konsumen otomatis menggunakan bahasa natural.

5. Botsify

Botsify merupakan aplikasi WA yang bisa dihubungkan pada Facebook Messenger, website dan Slack. Keuntungan Botsify ialah bisa merespon pesan konsumen yang kompleks. Aplikasi ini juga bisa meneruskan pesan tertentu yang tak dapat ditangani kepada agen otomatis.

6. WhatsApp Auto Reply App

Aplikasi ini mempermudahmu untuk melakukan kolaborasi bersama Google Spreadsheet. Pasalnya aplikasi ini menawarkan 3 opsi auto reply, diantaranya welcome messenger, spreadsheet, dan custom reply. Kamu juga dapat memakai aplikasi untuk melakukan pengiriman pesan secara otomatis ke dalam grup yang diikuti.

7. Wabot

Kamu juga bisa melakukan cara auto reply WhatsApp dengan memakai Wabot. Ini adalah aplikasi balasan pesan otomatis untuk membantu bisnismu dalam menyebarkan promosi. Pasalnya, aplikasi yang satu ini telah mendapat dukungan fitur-fitur yang canggih untuk pengiriman pesan secara otomatis, Auto Reply, dan pesan terjadwal.

Oke, itulah beberapa cara auto reply WhatsApp baik itu menggunakan bot reponder ataupun tidak, tergantung kebutuhanmu. Silahkan praktekkan dan buktikan sekarang juga!

 

 

Related posts