Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Banyak pengguna yang kebingungan dengan cara menghapus aplikasi bawaan android. Karena metode ini berbeda dengan menghapus aplikasi pada umumnya. 

Aplikasi bawaan pada hp android memiliki peranan penting bagi sistem ponsel. Hal tersebut adalah alasan aplikasi tersebut dijadikan sebagai aplikasi default. Karena memang peranannya yang lebih penting dibandingkan aplikasi yang harus kita install.

Read More

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android
Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Namun terkadang, brand atau vendor hp android seringkali menawarkan aplikasi bawaan android yang tidak terlalu diperlukan. Justru aplikasi tersebut hanya memenuhi ruang penyimpanan ponsel saja.

Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa menghapus aplikasi bawaah hp android tersebbut. Namun sayangnya, pada aplikasi bawaan sendiri seringkali tidak ada pilihan untuk menghapusnya.

Inilah kenapa banyak orang cenderung kesulitan menemukan bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan hp android.

Jangan khawatir, ada beberapa panduan yang bisa membantumu untuk menghapus aplikasi bawaan pada hp android, antara lain :

Metode 1 : Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Dengan Root

Ada dua metode yang akan ditekankan dalam artikel ini, antara lain cara menghapus aplikasi bawaan hp android dengan root dan tanpa root. Namun, cara paling mudah yang dapat kamu praktekkan adalah pada hp yang telah di root.

Kamu juga ditawarkan beberapa pilihan cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root yang dapat dipilih menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini :

1. Root Explorer Root Explorer

Root Explorer Root Explorer merupakan salah satu program aplikasi yang sangat penting dan wajib dimiliki para pengguna hp android yang sudah di root. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang hampir sama seperti file manager.

Umumnya, kamu dapat menghapus, mengedit dan membuka file padaperangkat android. Namun perbedaannya adalah kamu dapat mengelola file dalam sistem bawaan hp android secara langsung. 

Untuk menghapus dan membersihkan aplikasi bawaan di hp android memakai root explorer ini, cukup dengan melakukan pengaturan izin atau permission root explorer sebelumnya.

  • Pertama, silahkan buka dan masuk ke aplikasi Root Explorer. Selanjutnya, tekan opsi Mount as R/W kemudian ubah pilihan ke dalam R/W (read and write).

  • Lalu, kamu tinggal masuk ke folder System App lewat Root Explorer. Setelah itu, akan terlihat semua list aplikasi bawaan di perangkat android. Kemudian klik tahan, lalu tekan delete jika ingin menghapus aplikasi yang kamu inginkan.

  • Cek dan pastikan terlebih dahulu untuk menekan aplikasi bawaan di android yang tidak terlalu penting. Selain itu, pastikan pula untuk tidak ikut menghapus sistem yang memiliki peranan penting bagi android. Tujuannya supaya terhindar dari proses bootlop.

2. EX Explorer Aplikasi

Ex Explorer termasuk salah satu pilihan aplikasi file manager, dan dapat mengakses folder pada sistem android secara langsung. Tidak jauh berbeda dari root Explorer, perangkat lunak ini sebenarnya menawarkan fitur lebih lengkap dengan tampilan yang menarik. 

Jika ingin menghapus aplikasi bawaan pada hp android dengan aplikasi ini cukup mudah sebenarnya. Kamu tinggal melalukan perizinan untuk akses root pada aplikasi. 

Selanjutnya, kamu dapat memasuki folder sistem kemudian hapus aplikasi yang kamu inginkan. Jika sudah diikuti semua, artinya langkah memakai aplikasi ini juga selesai.

3. System app remover

Sesuai namanya, aplikasi System App Remover menawarkan kemudahan untuk menghapus aplikasi sistem bawaan yang terdapat pada hp android. Untuk dapat menggunakannya, kamu harus melakukan root perangkat android lebih dulu.

Untuk menghapus aplikasi bawaan menggunakan system app remover, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan install System App Remover Apps terlebih dahulu lewat Google Play Store di perangkat hpmu. Jika sudah, buka aplikasi kemudian lanjutkan dengan memberikan perizinan akses rooting aplikasi.

  • Selanjutnya, tinggal centang kotak aplikasi yang akan kamu hapus. Tap uninstall tepat di bagian bawah, lalu pilih Yes jika sudah benar-benar mantap ingin menghapus aplikasi. Selanjutnya tunggu sampai prosesnya selesai. 

  • Kini aplikasi bawaan sistem android sudah berhasil kamu hapus. Apabila perangkat android masih belum di root, kamu bisa juga menggunakan aplikasi ini. Namun aplikasi ini biasanya hanya berguna apabila hp android telah di root.

Metode 2 : Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root

Selain dengan root, kamu juga dapat mencoba cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root dengan mudah. Ada beberapa panduan yang dapat dipraktekkan untuk menghapus aplikasi bawaan, berikut ini :

1. Menonaktifkan Aplikasi

Salah satu opsi untuk menghapus aplikasi bawaan hp yaitu dengan cara menonaktifkan aplikasi. Ini adalah alternatif yang dapat digunakan pengguna android tanpa rooting terlebih dahulu. Langkah-langkahnya sangat mudah, silahkan cek panduan berikut :

  • Kamu hanya perlu mengakses menu pengaturan yang ada di perangkat android terlebih dahulu. Jika sudah, buka menu applications atau apps. Selanjutnya, pilih aplikasi bawaan perangkat yang ingin dihapus. 

  • Lalu, silahkan tap ke dalam pilihan Paksa Berhenti atau Force Stop. Setelah itu, kamu dapat melakukan tap Nonaktifkan atau Disable. 

  • Walaupun aplikasi yang kamu pilih tidak dihapus secara permanen, namun aplikasinya dapat berhenti berjalan. Sehingga, kinerja RAM pada ponsel android tetap maksimal untuk aplikasi lainnya. 

2. Aplikasi CCleaner

Aplikasi yang digunakan untuk membersihkan data yang juga bisa menghapus aplikasi bawaan hp android adalah CCleaner. Sebenarnya aplikasi ini dapat kamu pakai secara gratis lewat Google Play Store. 

Kamu dapat menggunakan aplikasi CCleaner untuk menghapus aplikasi bawaan perangkat android, berikut ini :

  • Pertama, jika belum memiliki aplikasi CCleaner silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasinya. Jika sudah buka dan masuk ke aplikasi, lalu tap garis tiga tepat di samping atas untuk mengakses menu. 

  • Jika sudah, tekan pilihan App Manager. Tap opsi System, lalu tekan tombol hapus yang berikon tong sampah. Setelah itu, berikan centang pada aplikasi yang ingin dihapus. 

  • Selanjutnya, kamu tinggal tekan tombol Uninstal jika ingin menghapus aplikasi. Kemudian tekan OK untuk melakukan konfirmasi. Kamu kini telah berhasil menghapus beberapa aplikasi bawaan pada perangkat android meskipun tanpa akses root. 

Sebenarnya metode ini dapat digunakan langsung di seluruh tipe android. Jadi, jangan khawatir jika hp kamu Vivo, Samsung, Asus, Huawei, Realme, Xiaomi, Oppo dan lainnya.

Ingat, menghapus aplikasi bawaan sebaiknya hanya memilih aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan saja agar tidak membuat sistem perangkat android mengalami down.

Aplikasi apa saja yang tidak boleh dihapus di android?

Meskipun kamu bisa melakukan cara menghapus aplikasi bawaan di android seperti panduan di atas, namun ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak diperbolehkan untuk dihapus. Beberapa diantaranya yaitu Google Play Service, Google Play Store, aplikasi email, kontak dan aplikasi browser bawaan.

Related posts