Cara Menabung Untuk Beli Mobil

  • Whatsapp

Mobil bisa dibilang sebagai kebutuhan sekunder, akan tetapi bisa menjadi barang yang wajib dimiliki jika memang Kamu jauh dari sanak saudara. Namun mengingat harganya yang fantastis, tak jarang orang lebih memilih membeli mobil dengan cara kredit. Tapi jika Kamu ingin memiliki mobil tanpa harus kredit, bisa mencoba cara menabung untuk beli mobil.

Bagi Kamu yang berprofesi sebagai seorang pebisnis, karyawan kantor atau mungkin untuk keperluan bertemu keluarga besar karena jauh dari kampung halaman, memiliki mobil menjadi hal terpenting. Tapi karena harganya lebih mahal dibandingkan motor, seketika banyak orang yang harus mengurunkan niatnya membeli mobil.

Jika penghasilanmu perbulan mencapai puluhan juta sih mungkin tidak masalah, namun bagaimana jadinya jika gajimu tidak seberapa atau di angka hanya 3 – 4 jutaan saja. Eits, nggak perlu khawatir karena Kamu juga tetap bisa membeli mobil dengan cara menabung. Jika tertarik, coba ikuti trik cara menabung untuk beli mobil di bawah ini!

Cara Menabung Untuk Beli Mobil

Cara Menabung Untuk Beli Mobil
Menabung Untuk Beli Mobil

Tutorial Menabung Untuk Membeli Mobil

Ada beberapa trik cara menabung untuk beli mobil yang bisa Kamu coba agar mendapatkan mobil impian. Berikut ini ulasannya :

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Cara menabung untuk beli mobil yang pertama ialah lakukan perhitungan kemampuan finansial terlebih dahulu, kemudian sesuaikan dengan jenis mobil yang dibutuhkan. Kebanyakan orang tentunya menginginkan mobil mewah yang mahal, tapi tetap saja Kamu mesti menyesuaikannya dengan anggaran yang dimiliki.

Terkait:  Cara Belajar Mobil Manual

Hitung penghasilanmu per bulan terlebih dahulu, lalu ketahui apa saja kebutuhan atau tanggungan yang mesti dibayarkan per bulannya. Selanjutnya Kamu dapat memilih harga jual mobil yang diperkirakan mampu dicapai menggunakan tabunganmu. Sehingga Kamu pun bisa membeli mobil lebih cepat apabila merencanakannya dengan baik.

2. Pangkas Anggaran Untuk Belanja Keperluan yang Tak Terlalu Penting

Cara menabung untuk beli mobil berikutnya ialah Kamu bisa memangkas budget yang digunakan untuk keperluan yang tak terlalu penting. Misalnya, jika sebelumnya dalam sebulan Kamu sering berbelanja pakaian, tas atau lainnya yang tak terlalu penting, sebaiknya tahan lebih dulu. Tujuannya agar Kamu bisa menyisihkan budget lebih besar untuk ditabungkan guna kepentingan membeli mobil. Jadi kini potonglah anggaran untuk belanja keperluan yang tak begitu penting. Hal ini juga berlaku bagi Kamu yang ingin melakukan manajemen keuangan.

3. Mulai Belajar Hidup Lebih Hemat

Apabila Kamu memiliki keinginan membeli mobil, agar bisa tercapai sebaiknya mulai belajar hidup lebih hemat. Sebab hidup hemat dapat membantumu lebih mudah menyisihkan uang. Selain itu juga membuatmu bisa menabung guna keperluan pembelian mobil. Agar hidup lebih hemat, Kamu dapat mencoba melakukan beberapa hal kecil terlebih dahulu seperti mulai mengganti kebiasaan.

Bisa saja Kamu selama ini memiliki kebiasaan sering makan di luar, karena malas. Kamu dapat membuatnya lebih hemat, caranya dengan mengurangi makan di restoran atau di luar rumah. Ganti dengan memakan makanan hasil masakanmu sendiri. Sehingga uang yang sering dipakai untuk kuliner di luar, dapat Kamu simpan dananya untuk menabung agar dapat membeli mobil yang baru secara cash.

4. Rutin Memantau Pengeluaran

Cara menabung untuk beli mobil berikutnya ialah dapat memantau pengeluaranmu dengan rutin. Dengan melakukan manajemen keuangan ini, bisa membuatmu memeprkirakan pengeluaran mana saja yang membengkak atau pengeluaran mana saja yang tak begitu penting. Sehingga Kamu tetap dapat memakai uangmu secara bijak serta Kamu dapat menyimpan sebagian dana untuk melakukan pembelian mobil. Sebaiknya, catat pengeluaranmu mulai sekarang di notes hp atau di buku catatan, lalu catat setiap Kamu menyisihkannya untuk membeli mobil.

Terkait:  Cara Baca Kode Bearing

5. Menabung Secara Harian

Kamu juga bisa menabung harian untuk membeli mobil dengan cara cash. Apabila Kamu sudah mengetahui target keuanganm, selanjutnya langsung tabungkan. Dengan menabung harian ini, membuatmu bisa mewujudkan impianmu mendapatkan mobil dengan segera. Tak masalah berapapun uang yang akan Kamu tabungkan, yang terpenting Kamu menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabungkan ke dana pembelian mobil setiap harinya.

6. Cari Penghasilan Sampingan

Apabila Kamu merasa jika tabungan yang telah terkumpulkan kini masih sangat jauh dari target atau tidak mencukupi untuk pembelian mobil, sebaiknya cari penghasilan sampingan. Bisa saja pekerjaan sampingan tersebut dilakukan saat weekend atau hari libur. Kamu bisa menjadi freelancer atau membuka usaha kecil-kecilan misalnya dan mendapatkan penghasilan tambahan. Selanjutnya Kamu dapat memanfaatkan penghasilan tersebut untuk kemudian ditabung agar Kamu bisa cepat mewujudkan impian memiliki mobil.

7. Membuat Rekening Khusus Tabungan

Cara menabung untuk beli mobil selanjutnya, Kamu juga perlu membuat rekening khusus tabungan sendiri untuk mobil. Sebab bisa saja Kamu mencampur uang tabungan untuk mobil dengan dan atabungan lainnya. Mencampur tabungan mobil dengan yang lainnya, atau bahkan kebutuhan sehari-hari bisa membuatnya justru akan terpakai. Maka dari itu, sebaiknya buat rekening tabungan khusus mobil sendiri agar lebih fokus lagi menabung demi kepentingan pembelian mobil.

8. Menyimpan Bonus Akhir Tahun atau THR

Saat Kamu mendapatkan bonus seperti THR atau bonus akhir tahun tentu kita akan merasa sangat senang. Bahkan tertarik membelanjakan uang tersebut untuk membeli produk apa saja yang Kamu inginkan. Akan tetapi, jika Kamu berkeinginan membeli mobil dengan cara tunai atau cash dalam waktu dekat, sebaiknya simpan bonus tersebut. Agar Kamu bisa lebih cepat membeli mobil yang Kamu inginkan.

Terkait:  Cara Ikut Lelang Mobil

9. Mengikuti Layanan Tabungan Auto Debit

Trik yang dapat dilakukan berikutnya agar uang tabungan pembelian mobil cepat terkumpul ialah dengan mengikuti layanan tabungan auto debit. Adapun tabungan auto debit di sini artinya ialah tabungannya akan ditarik oleh bank secara langsung dengan nominal yang sama tiap bulannya. Dengan cara ini, dapat membantumu untuk mengumpulkan uang tabungan mobil lebih cepat.

10. Melakukan Penjualan Barang yang Tak Terpakai Tapi Masih Layak

Kamu mungkin sudah mencari pekerjaan sampingan, namun pendapatanmu masih jauh dari harapan. Cara yang dapat Kamu lakukan agar tabungan pembelian mobilmu cepat terkumpul ialah jual barang-barang yang sudah tak terpakai di rumah tapi masih layak pakai. Silahkan cek sekeliling rumahmu dan cari barang apa saja yang sudah tidak Kamu gunakan selama lebih dari 3 bulan tapi kondisinya masih layak atau bagus. Lalu jual di e-commerce atau marketplace. Selanjutnya penghasilan penjualan tersebut dapat disimpan untuk pembelian mobil baru secara tunai.

Dengan melakukan beberapa trik cara menabung untuk beli mobil yang bisa Kamu lakukan. Cara di atas harus dilakukan dengan konsisten apabila Kamu ingin cepat-cepat memiliki mobil impianmu. Pastikan untuk menahan egomu membeli barang-barang yang tidak begitu diperlukan. Apalagi bagi Kamu yang memiliki gaji pas-pasan, tentu metode di atas harus benar-benar dilakukan dengan ketat agar keinginanmu mendapatkan mobil baru bisa terwujud.

Semoga dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu bisa mewujudkan impianmu mendapatkan mobil yang Kamu idam-idamkan selama ini.

 

 

Related posts