Cara Find My Device

Perangkat kalian tiba-tiba hilang karena dicuri atau jatuh di suatu tempat? Tenang saja. Kalau kamu mengalami hal tersebut, coba terapkan cara find my device. Tidak perlu unduh aplikasi terlebih dahulu. Gunakan saja akun Google yang dimiliki. Akan tetapi, terdapat batasan dari proses pelacakan tersebut dapat berlangsung. Hanya saat terakhir mengaktifkan fitur location.

Fitur location yang secara umum memang terpasang di berbagai ponsel Android atau iPhone ini, memiliki banyak manfaat. Kamu bisa melakukan share location secara real time via WA ataupun aplikasi lainnya. Apalagi, kalian yang berperan aktif dalam penggunaan aplikasi ojol seperti Gojek atau Grab. Bahkan, driver ShopeeFood juga membutuhkan layanan tersebut.

Definisi dari Find My Device

Kalau kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, maka dapat diartikan sebagai temukan perangkat Saya. Sedangkan kalau diartikan secara harfiah, yaitu salah satu layanan yang bisa kalian dapatkan di berbagai perangkat elektronik. Khususnya, alat-alat yang biasa digunakan untuk keperluan komunikasi. Karena sudah terpasang dalam mode default, sulit dihilangkan.

Terdapat 2 ketentuan yang perlu kalian perhatikan untuk dapat mengaktifkan layanan Find My Location tersebut. Pertama, kamu perlu menghidupkan layanan pelacakan di ponsel. Lalu, yang kedua adalah menyalakan tools lokasi bawaan dari Google. Selain dari kedua cara itu, pastikan ponsel dalam keadaan hidup, dan sudah terhubung dengan account Gmail. Standard.

Cara Find My Device

Cara Find My Device
Cara Find My Device

Cara Find My Device Google

Standarisasi yang ditetapkan oleh Google Pixel, membuat fitur Find My Location dapat hadir di tengah-tengah masyarakat. Asalkan perangkat tersebut dapat connect dengan akun Google. Maka, proses pelacakan bisa dilakukan. Berbeda dengan ponsel keluaran dari perusahaan asal negeri ginseng, yaitu Samsung. Mereka sudah menambahkan fitur pelacakan khusus di hpnya.

Terkait:  Cara Install Google Play Store

Cara Find My Device Google, butuh akun Gmail saja. Melalui teknik ini, kalian bisa melacak keberadaan dari perangkat yang menggunakan alamat email kamu. Selain itu, biasanya user yang sudah memasang pengaturan autentikasi 2 faktor, dapat mengetahui ketika ada orang lain yang berusaha masuk ke akunmu. Apalagi, kalau perangkat yang digunakan untuk login berbeda dari yang biasa digunakan. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut:

  1. Buka aplikasi Google, lalu ketik keyword “Find My Device”
  2. Kemudian, pilih hasil teratas > Enter
  3. Masuk ke “Akun Gmail” kalian yang biasa terhubung ke ponsel
  4. Muncul halaman baru yang menampilkan tipe ponsel untuk login
  5. Ketuk “Tipe Perangkat” yang ingin kamu temukan
  6. Tunggu sampai ada notifikasi dari pihak “Google Play Service”
  7. Tap Muncul informasi keberadaan hp yang hilang via “Google Maps”
  8. Perhatikan “Titik Lokasi” ponsel tersebut, dan ikuti arahannya.

Fitur Find My Device tersebut, tersedia untuk seluruh pengguna Google secara gratis. Artinya, tidak ada batasan waktu, atau profesi agar kamu bisa melakukan cara Find My Device pada hp yang hilang. Selain itu, karena cara mengoperasikannya mudah. Maka, pihak Google juga sudah menyediakan metode lain. Yaitu, melalui pemanfaatan dari layanan G-Maps.

Cara Melacak Ponsel yang Hilang Melalui Google Maps

Berikut adalah beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan, ketika ingin lakukan pelacakan pada ponsel yang hilang melalui bantuan dari Google Maps. Ikuti instruksi di bawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi “Google Maps” melalui device lain
  2. Pastikan akun Google yang digunakan, terhubung dengan ponselmu yang akan dicari
  3. Lanjutkan dengan memilih “Your Timeline”
  4. Kemudian, isi sesuai dengan “Tanggal” saat hp tersebut hilang
  5. Lakukan pemeriksanaan history titik lokasi device, saat masih digunakan terakhir kali.
Terkait:  Cara Keluar dari Akun Google

Cara Find My Device Samsung

Layanan temukan perangkat Saya yang tertanam di dalam perangkat ponsel Samsung. Sudah bisa dipastikan, merupakan bawaan dari pihak perusahaan. Secara garis besar, fitur tersebut bersifat resmi. Bukan hasil unduhan melalui Google Play Store! Karena termasuk ke dalam salah satu bagian yang penting. Perusahaan telah menyediakan dua pilihan untuk aktivasinya.

Cara Find My Device Samsung Melalui Ponsel

Demi keamanan, kalian sebaiknya berjaga-jaga untuk terlebih dahulu mengaktifkan fitur Find My Device sebelum ponselmu benar-benar hilang. Nantinya, ketika kamu lupa meletakkan hp atau lebih parahnya dicuri oleh orang lain. Maka, pemilik ponsel yang hilang tersebut, bisa langsung melakukan pelacakan saat itu juga. Begini cara mengoperasikan fiturnya:

  1. Buka menu “Settings” pada ponsel Samsung
  2. Pilih opsi “Lock Screen and Security” dengan ikon gembok
  3. Klik “Find My Mobile” untuk memulai cara Find My Device di hp Samsung
  4. Tap “Add Account” agar akunmu terdaftar di sistem
  5. Login menggunakan “Email serta Kata Sandi” pada akun Samsung
  6. Ketuk “Use Fingerprints or Irises to Confirm Password” untuk login berikutnya
  7. Pilih tombol “Sign In”
  8. Otomatis, fitur Find My Mobile telah aktif di hp Samsung kalian.

Cara Find My Device HP Samsung Melalui PC/Laptop

Prosedur kali ini, bisa kamu terapkan ketika ponsel sudah dalam kondisi hilang. Apabila ada perangkat PC/laptop yang dapat kalian gunakan untuk melakukan proses pelacakan. Segera, nyalakan device tersebut, dan pastikan sudah terhubung dengan jaringan internet. Berikutnya, ini dia langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pemilik hp yang hilang:

  1. Buka browser, lalu kunjungi situs “Find My Mobile Samsung
  2. Pilih “Sign In” untuk masuk ke akun Samsung kalian
  3. Halaman “Informasi Resmi” > ketuk “Centang” di setiap poin ketentuan yang muncul di layar
  4. Pilih “Agree” atau setujui semua persyaratannya
  5. Berhasil masuk ke account Samsung > muncul tampilan laman “Find My Mobile”
  6. Klik “Tools” yang tersedia di dalam fitur tersebut
  7. Mulai proses pelacakan pada ponsel yang tidak diketahui lokasinya.
Terkait:  Cara Instal Ulang Hp Samsung

Kekurangan dari Fitur Find My Device

Dibalik kelebihannya yang mampu melacak keberadaan dari ponsel yang sudah menghilang. Fitur ini, juga memiliki kelemahan yang terkadang jarang disadari oleh para pengguna, Ya, kejadian kehilangan ponsel merupakan suatu hal yang cukup mengejutkan pemiliknya. Oleh sebab itu, ketika layanan tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Bukan karena sistemnya.

  • Pemilik ponsel lupa mengaktifkan tools “Location” di hpnya yang hilang
  • Hp dalam keadaan mati total
  • Belum tersinkronisasi dengan akun Gmail
  • Sebelumnya, ponsel sudah direset terlebih dahulu sebelum menghilang
  • Sambungan internet pada ponsel, tidak diaktifkan (Wi-Fi maupun Mobile Data)
  • Lupa melakukan registrasi akun Samsung
  • Lokasi keberadaan ponsel, tidak terdeteksi oleh satelit
  • Kemungkinan, kondisi hp sudah tidak lagi utuh atau hancur.

Hp merek Samsung, biasanya masih bisa dilakukan pelacakan oleh pihak berwenang. Apabila, kamu kesulitan untuk melakukannya secara mandiri, tentunya. Hal tersebut, dikarenakan masih ada sinyal yang terpancar dari perangkat. Makanya, selama kondisi hpnya masih utuh. Terutama, bagi pengguna Samsung. Kemungkinan untuk ditemukannya kembali, cukup besar.

Sekian pembahasan mengenai beberapa cara Find My Device kali ini. Teliti barang bawaan kalian, terutama ponsel. Apalagi, ketika sedang melakukan aktivitas di luar ruangan. Hindari pemakaian hp saat sedang berkendara, menyebrang jalan raya, atau berada di transportasi umum.  See you on the next topics. Have a nice days, and good rest. Bye bye…

Related posts