Cara Ngelacak HP Samsung

Cara Ngelacak HP Samsung
Cara Ngelacak HP Samsung

Cara Ngelacak HP Samsung menjadi salah satu solusi alternatif jika kamu kehilangan HP Samsung kesayanganmu. Kehilangan HP merupakan kondisi yang tidak terduga dan bisa terjadi tanpa kita inginkan, di manapun, dan kapanpun. Selain itu kamu juga bisa melakukan penglacakan ini dengan menggunakan beberapa metode yang mudah.

Jika kamu penasaran dengan metode apa saja yang bisa kamu gunakan, maka kamu bisa pahami dan ikuti panduan yang ada di artikel kali ini.

Tips Saat Kehilangan HP Samsung

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara ngelacak HP Samsung, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi risiko ketika kamu kehilangan HP Samsung. Berikut adalah tips-tipsnya.

  1. Selalu Aktifkan GPS Atau Location Di HP Samsungmu

Tips pertama yang harus kamu adalah untuk selalu memastikan bahwa GPS yang ada di HP Samsungmu selalu dalam keadaan aktif. Dengan melakukan hal ini, tidak hanya memudahkanmu untuk mengunjungi suatu tempat saja, tetapi juga akan memudahkanmu ketika kehilamgan HP Samsungmu.

Seperti sudah kamu ketahui, Google menyajikan berbagai layanan find my device. Layanan ini memang sudah terhubung dengan maps yang ada di HPmu untuk melacak lokasi HP Samsungmu di manapun berada. Enatg itu saat kamu pergi bekerja, berangkat sekolah, jalan-jalan, ataupun kemanapun dengan kondisi smartphone yang selalu terlacak lokasinya.

Jadi ketika HP Samsungmu hilang, maka kamu tidak perlu khawatir karena kamu tinggal menggunakan fitu ini di perangkat lain dengan cara masuk ke akun google yang sama, dam mencari jejak terakhir lokasimu berada.

  1. Install Aplikasi Yang Berguna

Apabila HP Samsungmu sangat rentan hilang ataupun dicuri, maka alangkah baiknya jika kamu menginstall sejumlah aplikasi yang sekiranya berguna saat HP Samsungmu hilang ataupun dicuri. Salah satunya adalah Lookout Cerberus.

Aplikasi ini nantinyalah yang akan mengamankan smartphonemu beserta isi datanya dengan fitur-fitur pintarnya. Aplikasi ini juga mampu memotret dengan menggunakan kamera depan ataupun memberi alarm ke email jika terjadi sesuatu yang mencurigakan seperti kartu SIM dicopot, smartphone dimatikan, ataupun airplane mode terdeteksi aktif.

  1. Gunakan Akun Login Di HP Samsung Dan Aktifkan Sinkronisasi

Supaya nantinya semua data dan informasi yang kamu simpan di smarphonemu tidak ikut hilang, maka sangatlah penting bagimu untuk menggunakan akun yang bisa digunakan untuk masuk ke smartphonemu dan mengaktifkan sinkronisasi.

Di smartphonemu, kamu bisa menggunakan akun google untuk menyimpan daftar aplikasi yang pernah kamu install di smartphonemu beserta data-data aplikasi sehingga pengaturan di android bisa dibackup dengan akun google.

Cara Ngelacak HP Samsung

Cara Ngelacak HP Samsung
Cara Ngelacak HP Samsung

Jika kamu belum tahu bagaimana cara ngelacak HP Samsung yang hilang, sebab pad artikel ini akan dijelaskan beberapa metode alternatif yang bisa kamu gunakan. Bahkan kamu sudah menyiapkan langkah-langkahnya yang sangat mudah untuk dilakukan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Cara Ngelacak HP Samsung Pakai Aplikasi Find My Mobile Samsung

Metode pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan pakai aplikasi find mobil Samsung. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang dimiliki oleh Samsung. Dengan menggunakan dan memanfaatkan fitur ini, maka alami bisa mengetahui kira-kira posisi terakhir HPmu berada dan bisa melakukannya dengan menggunakan nada dering, kuncian otomatis, dan hapus data.

Namun harus kamu ingat, kamu bisa menggunakan layanan aplikasi ini jika HP Samsungmu masih dalam kondisi terkoneksi dengan jaringan internet. Dan berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk bisa melakukan metode ini.

  • Pertama,  kamu masuk ke ke website resmi Samsung dan login dengan menggunakan akun Samsung yang ada di HP Samsung hilang
  • Maka secara otomatis website tersebut akan langsung melacak di mana posisi HP Samsungmu berada
  • Tampilan yang disajikan akan berupa maps yang menunjukkan di mana ponsel Samsungmu berada

Cara Ngelacak HP Samsung Pakai IMEI

Metode kedua yang bisa kamu gunakan untuk ngelacak HP Samsung adalah dengan menggunakan IMEI. Metode ini sebenarnya hampir sama dengan sebelumnya, karena IMEI ini juga perlu dimiliki oleh kalian para pengguna HP Samsung. Namun untuk bisa menggunakan metode ini, kamu harus tahu nomor HP Samsungmu.

Nomor IMEI hp ini bisa kamu ketahui dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan dial *#06# pada smartphone Samsungmu. Metode ini terbilang cukup efektif, selain itu juta bisa menggunakannya nakan akun google yang terhubung dengan perangkat HP yang hilang. Berikut adalah langkah-langkah untuk ngelacak HP Samsung dengan menggunakan metode kedua ini.

  • Pertama,  kamu unduh aplikasi Google Find Me di play store
  • Lalu masuk dengan akun yang hilang
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi menemukan lokasi HP
  • Jika sudah maka aplikasi ini akan menampilkan lokasi HP Samsungmu saat itu

Cara Ngelacak HP Samsung Pakai Aplikasi Android Device Manager

Selain menggunakan aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi android device manager sebagai salah satu metode untuk bisa melacak HP Samsung yang hilang. Metode ini bisa kamu dengan mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkah untuk bisa melacak HP Samsungmu dengan menggunakan metode ini.

  • Pertama,  kamu kunjungi situs android device manager
  • Jika sudah nantinya pada PC yang kamu gunakan akan muncul login
  • Kalian bisa masuk dengan menggunakan email yang ada pada perangkat HP Samsungmu yang hilang
  • Tunggulah beberapa saat hingga web menemukan lokasi terakhir HP mu yang hilang. Jika HP dalan kondisi terkoneksi dengan internet, maka secara otomatis kamu akan cepat mengetahui posisinya

Cara Ngelacak HP Samsung Dengan Menggunakan Layanan Google Maps

Metod terakhir yang bisa kamu gunakan untuk bisa ngelacak lokasi terakhir dari HP Samsungmu yang hilang adalah dengan menggunakan layanan Google Maps. Dengan melakukan pelacakan menggunakan layanan Google Maps ini, kamu tidak perlu bingung dan bisa melakukannya dengan mudah sama halnya dengan beberapa metode di atas. Jika kamu penasaran dan ingin menggunakan metode ini, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama,  kamu buka aplikasi Google Maps yang sudah tersedia di HP Samsungmu
  • Setelah itu,  kamu pilih menu option
  • Masuklah ke layanan friend list
  • Lanjut ok add friend kemudian undang nomor HP yang ingin kamu cari
  • Pastikan jugabbahwa nomor HP yang kamu tuju sudah menerima undangan tersebut
  • Kemudian kamu tekan nomor HP target
  • Secara otomatis, layanan Google Maps akan melacak nomor HP mu lewat satelit

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka kamu akan bisa langsung menemukan lokasi terakhir dari HP Samsungmu yang hilang. Silahkan kamu datangi lokasi tersebut dan lakukan pengecekan.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara ngelacak HP Samsung dengan menggunakan beberapa metode mudah di atas. Silahkan kamu memilih salah atau metode yang menurutmu sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga kamu berhasil melakukannya!

Related posts