Cara Aktivasi Mobile Banking BNI

Apa saja persyaratan untuk aktivasi mobile banking BNI? Bagaimana cara aktivasi mobile banking BNI? Dalam menggunakan layanan perbankan, mungkin kita sudah mengetahui bahwa pihak bank memiliki beragam fitur yang sangat memudahkan nasabahnya. Mulai dari penggunaan kartu ATM, atau kartu debit, Kartu Kredit, dan juga layanan Mobile Banking, seperti Mobile Banking BNI.

Jika kita mendengar kata Mobile Banking, mungkin kita sudah tak lagi asing, ya. Sebab, dengan menggunakan Mobile Banking, kita selaku pengguna atau nasabah bisa melakukan transaksi keuangan seperti transfer antar bank, ke lain bank, ataupun melakukan pembayaran. Itulah mengapa, saat ini tak sedikit dari pengguna BNI yang ikut menggunakan layanan Mobile Banking.

Adapun cara singkat untuk mendaftar Mobile Banking BNI juga terbilang mudah. Yakni

  • Pengguna harus terlebih dulu mendownload Mobile Banking BNI pada perangkat smartphone mereka
  • Setelah itu, klik pada bagian Registrasi dan jangan lupa untuk menyetujui Persyaratan yang ada
  • Isi semua data yang dibutuhkan dalam prosess pendaftaran, seperti
    • Nomor Rekening
    • PIN ATM
    • Email
    • Tanggal lahir
    • NIK (No. KTP)
    • User ID (terdiri dari kombinasi huruf dan angka (8-12 karakter))
  • Setelah itu, klik tombol daftar
  • Kemudian, kalian akan diminta memasukkan kode OTP yang dikirim melaui email terdaftar tadi. Masukkan Kode OTP yang tertera, kedalam aplikasi Mobile Banking BNI

Setelah prosess pendaftaran selesai, kalian sudah bisa menggunakan User ID dan juga Password yang terdaftar untuk login melalui BNI Mobile Apps. Namun masih saja ada pengguna yang mungkin belum memiliki smartphone, namun ingin mengaktfikan Mobile Banking BNI mereka.

Itulah kenapa, untuk kalian yang mungkin belum mendaftarkan Mobile Banking BNI, kalian bisa melakukan pendaftaran dengan mudah. Baik lewat Kantor Cabang BNI, atau bahkan melalui Mesin ATM BNI terdekat.

Sehingga, kalian bisa mengaksess Mobile Banking BNI, untuk melihat detail rekening kalian, atau mungkin melakukan Transaksi melalui mobile Banking ketika mungkin kalian tidak menemukan ATM BNI terdekat.

Tapi sayangnya, kadang masih saja lho ada nasabah, yang kadang mengalami kendala ketika selesai melakukan pendaftaran Mobile Banking. Biasanya, mereka mengalami gagal login, atau mungkin tidak bisa melakukan kegiatan transaksi seperti biasa.

Nah, hal ini sebenarnya bukan karena kesalahan sistem, melainkan karena pengguna atau nasabah belum melakukan aktivasi. Oleh karena itu, buat kamu yang belum tau cara aktivasi mobile banking BNI, kamu bisa ikuti cara berikut ini, agar bisa menggunakan Mobile Banking seperti biasa.

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI
Aktivasi Mobile Banking BNI

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI lewat Kantor Cabang

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengunjungi kantor cabang BNI terdekat. Tapi sebelum datang ke kantor cabang BNI terdekat, pastikan pastikan kalian membawa beberapa hal penting yang harus dipersiapkan, seperti misalnya.

  • Buku tabungan BNI
  • Kartu ATM / Debit
  • Kartu tanda identitas (KTP/SIM)
  • Smartphone

Setelah itu kalian bisa langsung menuju ke bagian customer service, atau kalian bisa meminta kepada pihak sekuriti atau Satpam, bahwa kalian memiliki keperluan untuk melakukan aktivasi Mobile banking BNI.

Setelah sampai ke customer service, selanjutnya kalian akan diminta untuk mengisi data seperti nomor kartu debit, nomor induk KTP, dan data lain yang dibutuhkan.

Selanjutnya customer service akan melakukan aktivasi sesuai dengan data yang kalian miliki. Pastikan data yang kalian berikan adalah valid dan juga masih aktif, untuk menghindari kesalahan pada saat melakukan aktivasi.

Proses pengaktivasian melalui kantor cabang juga tidak terlalu lama kok, hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja, atau tergantung dari banyaknya antrian di kantor cabang BNI.

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI lewat Aplikasi BNI Mobile Banking

Selanjutnya, kalian bisa melakukan Aktivasi Mobile Banking melalui Aplikasi BNI Mobile Banking itu sendiri. Cara ini juga tak jauh berbeda dengan ketika kalian melakukan pendaftaran melalui BNI Mobile Apps. Bahkan, dengan cara ini juga kalian tidak perlu lagi sibuk bolak balik ke Kantor Cabang untuk melakukan Aktivasi.

  • Download terlebih dahulu Aplikasi BNI Mobile Banking melalui Smartphone Android ataupun iOS kalian.
  • Setelah di download, buka Aplikasi tersebut dan langsung saja pilih Masuk
  • Lalu, Input User ID dan juga Nomor Rekening yang sudah didaftarkan tadi, dan pilih Negara (Indonesia atau Luar negeri)
  • Selanjutnya, klik pada Kirim Kode OTP yang nantinya akan masuk kedalam pesan SMS dengan nomor yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Masukkan Kode OTP tersebut
  • Dan setelah masuk kedalam Aplikasi Mobile Bankin BNI, kalian akan langsung diarahkan ke menu AKTIVASI
  • Isi semua data yang dibutuhkan, yakni dengan mengisi MPIN (2 kali) dan juga Password Transaksi
  • Setelah semua terisi dengan benar, maka kalian akan langsung melihat tampilan pop up bahwa BNI Mobile kalian sudah bisa digunakan, dan sudah teraktivasi.

Ketika melakukan pengiriman kode OTP, pastikan kartu SIM yang kalian gunakan memiliki pulsa dengan minimal 1.000, hal ini berguna agar tidak terjadi kesalahan ketika nasabah melakukan request kode OTP. Untuk itu, pastikan kalian sudah melakukan pengisian pulsa terlebih dahulu, ya.

Penting untuk dicatat, ketika menggunakan Aplikasi Mobile Banking BNI, pastikan kondisi smartphone kalian tidak dalam kondisi ROOT ataupun sudah termodifikasi, hal ini bisa membuat data kalian menjadi bocor, dan terjadi pencurian data yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Simpan semua data login kalian baik baik, gunakan password dengan kombinasi karakter dan juga simbol, serta huruf kapital yang sulit ditebak atau diintip oleh orang lain. Hal ini juga bertujuan agar tidak ada kebocoran data dari BNI Mobile Kalian.

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI lewat BNI Call

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk melakukan Aktivasi Mobile Banking BNI adalah dengan menggunakan layanan BNI Call. Kalian bisa menemukan layanan BNI Call dengan melakukan panggilan tepon, ataupun mengunjungi situs BNI itu sendiri.

Caranya juga gak terlalu sulit kok. Yang paling penting adalah kalain memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan. Layanan BNI Calla sendiri siap dalam 24/7, sehingga kalian bisa melakukan aktivasi kapanpun dan dimanapun.

  • Lakukan panggilan ke Nomor BNI Call di 1500046
  • Tunggu instruksi yang diberikan oleh operator, dan katakan bahwa kalian ingin berbicara ke Customer Serivce, atau melakukan Aktivasi Mobile Banking BNI
  • Setelah itu, kalian akan diminta untuk menyebutkan Identitas kalian, seperti misalnya NIK, nomor rekening, PIN Atm, dan lain sebagainya.

Setelah panggilan terlfon dilakukan, katakan bahwa kalian ingin melakukan Aktivasi Mobile Banking BNI kalian. Dan tunggu sampai pihak Customer Service melakukan pengaktivasian Mobile Banking BNI kalian.

Apabila terjadi masalah pada saat login ke Mobile banking BNI, jangan memasukkan password yang salah sebanyak 3 kali. Sebab hal ini akan membuat layanan Mobile banking kalian menjadi terblokir.

Segeralah hubungi customer service BNI, untuk memecahkan masalah login yang kalian alami. Dengan begitu, kalian akan terhindar dari pemblokiran ataupun masalah lain pada saat menggunakan Mobile banking BNI.

Dan itulah tadi beberapa cara aktivasi mobile banking BNI, yang bisa kalian lakukan baik dengan mengunjungi kantor cabang ataupun melalui Aplikasi resmi BNI. Silakan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi