Cara Aktivasi tCash

  • Whatsapp

Apa itu TCASH? Apa saja kegunaan TCASH? Bagaimana Cara Aktivasi TCASH? Untuk kamu yang sering kali melakukan belanja online ataupun melakukan transaksi di beberapa merchant yang support dengan pembayaran Digital, mungkin kamu sudah tak lagi asing mendengar nama TCASH.

Berkembangnya teknologi dan juga informasi, saat ini membuat kita menjadi mudah dalam melakukan apapun. Baik dalam melakukan transaksi seperti berkirim uang, atau bahkan untuk melakukan pembayaran melalui sistem cashless atau tanpa menggunakan uang tunai, itulah mengapa saat ini ada banyak sekali layanan dompet digital, yang membuat pengguna hanya perlu melakukan transfer ke dompet digital tersebut, untuk kemudian melakukan pembayaran ataupun berbelanja.

Read More

Salah satu layanan dompet digital yang terkenal saat ini adalah TCASH.

TCASH atau Telkomsel Cash, adalah layanan dompet digital, yang mana berada dibawah naungan PT Telkomsel. Adapun guna dari TCASH sendiri ialah untuk memudahkan pengguna Telkomsel ataupun provider lain, dalam melakukan transaksi. Selain itu, para pengguna TCASH juga bisa menggunakan saldo TCASH, untuk melakukan pembelanjaan di beberapa merchant yang support dengan metode pembayaran tersebut.

Selain itu, untuk para pengguna Telkomsel juga bisa menukarkan poin telkomsel mereka, untuk mendapatkan saldo TCASH. Gak cuma itu aja, mereka juga bisa menukarkan telkomsel poin mereka, dalam bentuk voucher belanja, pulsa, atau bahkan hadiah lainnya.

Sebab itulah, banyak sekali pengguna yang juga mendaftarkan nomor mereka untuk menggunakan TCASH. Dan tentunya, hal ini menjadi salah satu cara untuk menabung dengan sistem cashless. Dan jika mungkin saldo TCASH kalian sudah dirasa cukup, kalian bisa melakukan penarikan atau withdraw ke rekening Bank kalian.

Terkait:  Cara Aktivasi Kartu Simpati

Untuk proses pendaftaran TCASH pun juga terbilang mudah. Kalian hanya perlu mendownload Aplikasi TCASH di perangkat smartphone kalian, dan kemudian melakukan pendaftaran melalui nomor ponsel, dan juga melengkapi email, serta data diri kalian yang lainnya.

Setelah proses pendaftaran selesai, kalian bisa melakukan aktivasi TCASH, agar mendapatkan layanan atau fitur premium dari TCASH, yang memiliki keunggulan lebih, daripada pengguna yang belum melakukan aktivasi. Untuk itu, jika kalian adalah pengguna TCASH yang belum melakukan aktivasi, kalian bisa menyimak artikel berikut, tentang beberapa cara aktivasi TCASH yang bisa kamu coba. Seperti

Cara Aktivasi TCASH (LinkAja)

Cara Aktivasi tCash
Aktivasi tCash (LinkAja)

Cara Aktivasi TCASH Tap Telkomsel

Cara pertama adalah untuk pengguna telkomsel TCASH tap. Biasanya, pengguna ini memiliki stiker yang bisa ditempelkan pada perangkat mereka, dan untuk TCASH tap sendiri, biasanya lebih dikhususkan untuk pengguna Telkomsel. Adapun untuk cara aktivasinya tidaklah sulit, yaitu dengan cara.

  • Catat 12 Digit Nomor Serial yang tertera pada Sticker (NFC) TCASH kalian
  • Buka Aplikasi panggilan / telpon dan lakukan panggilan dengan kode berikut
    • *800*80*12 digit nomor serial NFC TCASH*PIN TCASH#
    • Contoh : *800*80*134512654532*201235#
  • Untuk PIN TCASH Sendiri, kalian bisa menyesuaikan sesuai keinginan kalian.
  • Setelah prosess panggilan kode tadi berhasil, kalian bisa langsung menempelkan Sticker TCASH tadi, ke ponsel kalian.

Dengan menggunakan Sticker NFC yang ditempelkan pada ponsel, pengguna TCASH Tap bisa melakukan pembayaran dengan mudah, yakni dengan hanya menempelkan Sticker NFC TCASH tadi, ke mesin atau kasir yang menerima pembayaran melalui TCASH.

Setelah itu kalian akan otomatis diarahkan untuk menuliskan nominal pembayaran dan juga memasukkan pin, untuk menyelesaikan pembayaran kalian. Tentunya, hal ini sangat mempermudah pengguna, selain melakukan scanning barcode.

Terkait:  Cara Gift Kuota Telkomsel

Cara Aktivasi TCASH lewat Aplikasi

Selanjutnya kamu bisa melakukan aktivasi TCASH, melalui aplikasinya itu sendiri. Cara ini hampir mirip dengan melakukan pendaftaran TCASH, jadi kamu gak perlu bingung lagi.

  • Download terlebih dulu Aplikasi TCASH di perangkat Android ataupun iOS kalian
  • Setelah terunduh, lanjut untuk mengklik tombol Mulai
  • Kemudian, isi semua data yang diperlukan, untuk memenuhi prosess pendaftaran dan aktivasi
  • Tunggu sampai kalian menerima kode OTP
  • Jika sudah masuk, input Kode OTP tersebut untuk melakukan validasi

Apabila prosess input kode OTP sudah selesai, maka kalian juga bisa melakukan pengecekan email, untuk mengklik link Aktivasi TCASH. Ikuti semua instruksi yang ada, dan apabila sudah selesai, kalian bisa langsung melengkapi semua data di bagian profile, dan juga melakukan Top Up saldo TCASH.

Cara Aktivasi TCASH untuk Full Upgrade

Langkah terakhir juga masih menggunakan Aplikasi yang sama, hanya saja, ada beberapa persyaratan penting yang harus dilengkapi, seperti misalnya KTP.

Nah, dengan melakukan Aktivasi Full Upgrade atau mengupgrade akun TCASH, maka hal ini bisa sangat berguna untuk kamu yang ingin mendapatkan layanan full service dari TCASH, seperti misalnya : transfer ke sesama pengguna TCASH, pencarian saldo TCASH ke nomor rekening, dan masih banyak lagi.

  • Download terlebih dulu Aplikasi TCASH melalui apps store ataupun Google PlayStore
  • Lakukan login seperti biasa seperti ketika kalian masuk kedalam aplikasi TCASH
  • Klik pada menu Profil yang biasanya tertera di bagian bawah kanan aplikasi
  • Pilih pada Upgrade Full Services
  • Isi semua data yang diperlukan, sebagai metode verifikasi. Seperti
    • Melakukan Selfie dengan memegang KTP
    • Foto KTP yang masih berlaku
    • Mengisi Form untuk Nama, NIK, dan Tanggal Lahir
  • Setelah semua nya terisi, lanjut untuk mengklik Upgrade Full Services.
Terkait:  Cara Aktivasi Internet Banking BRI

Untuk melakukan upgrade sendiri sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan validasi terbilang cukup lama. Bisa sekitar 2 – 3 hari. Tergantung dari kamu, jika kamu melakukan upgrade pada hari libur (sabtu – minggu) maka bisa saja prosess nya akan lebih lama.

Tapi gak masalah kok, jika data yang kamu input adalah benar dan valid, maka kalian tinggal menunggu saja sampai akhirnya akun kalian jadi full upgrade.

Untuk melakukan aktivasi sendiri, cara diatas tidak hanya berlaku untuk pengguna Telkomsel saja, melainkan semua operator yang mungkin juga menggunakan Aplikasi TCASH.

Poin penting dalam melakukan aktivasi agar tidak terjadi kegagalan adalah

  • Pastikan smartphone yang digunakan tidak dalam kondisi ROOT atau Jailbreak
  • Pastikan Data yang dimasukkan untuk melakukan Aktivasi (atau full services upgrade) masih valid dan benar
  • Gunakan PIN yang sulit untuk ditebak.

Apabila kalian mengalami kendala, kalian bisa menghubungi call services dari TCASH itu sendiri, baik melalui Aplikasi, email, atau pun panggilan telpon. Jangan lupa untuk menambahkan keamanan untuk login ke TCASH dengan menggunakan Fingerprint ataupun 2 auth.

Itulah tadi beberapa Cara Aktivasi TCASH yang bisa kamu coba. Dengan dompet digital seperti TCASH ini, tentunya tiap pengguna bisa tanpa khawatir berbelanja ataupun melakukan pembelian ketika mereka tidak membawa uang cash. Namun perlu diingat, jangan lupa untuk melakukan top up saldo TCASH, baik secara rutin atau bahkan berkala.

Demikianlah untuk artikel kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts