Cara Cek Rekening BRI

Cara cek rekening BRI sebenarnya dapat dilakukan baik secara online maupun secara offline. Ada banyak pilihan cara yang ditawarkan dan Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Mengetahui cara cek rekening BRI sangat penting sekali, karena jika kita ingin bertransaksi, baik untuk transfer atau transaksi sejenis menggunakan perbankan, maka hal yang dibutuhkan pertama kali ialah nomor rekening.

Apalagi jika Kamu seorang pebisnis online atau memiliki bisnis tertentu, biasanya pelanggan atau bahkan rekan bisnis menanyakan perihal nomor rekening untuk mentransfer uang.

Selain itu ketika Kamu menyebutkan nomor rekening, biasanya harus disertai dengan nama pemilik rekeningnya. Agar tidak terjadi kesalahan saat transfer.

Cara Cek Rekening BRI

Cara Cek Rekening BRI
Cek Rekening BRI

Cara cek rekening BRI paling mudah, sebenarnya dapat dilihat di halaman depan buku tabungan. Tentu saja hal ini bisa dilakukan jika Kamu membawa serta buku tabungan BRI atau sedang di dalam rumah. Akan tetapi, bagaimana jika Kamu sedang diluar rumah tapi kelupaan tidak membawa buku rekening tabungan BRI?

Ya, ada beberapa pilihan cara untuk mengecek nomor rekening BRi yang lupa, mulai dari cara termudah sampai cara yang sedikit ribet menggunakan  media internet. Namun untuk cara cek rekening BRI online sendiri, Kamu harus melakukan registrasi layanan mobile banking atau internet banking BRI terlebih dahulu.

Jika belum mendaftarkan layanan tersebut, tentu tidak bisa mengecek nomor rekening BRI secara online. Jika Kamu sudah mendaftarkan layanan mobile atau internet banking BRI, berikut cara cek rekening BRI yang bisa Kamu coba di bawah ini!

Cara Cek Rekening BRI Via Mobile Banking BRI

Jika Kamu sudah terdaftar dalam layanan mobile banking BRI, tak perlu khawatir saat kelupaan nomor rekening walaupun sedang tidak berada di dalam rumah atau tidak membawa serta buku tabungan.

Hal ini dikarenakan layanan mobile banking yang Kamu miliki sudah bisa menjadi akses termudah untuk mengecek nomor rekening BRI sendiri dengan cepat dan mudah. Ini dia cara cek rekening BRI via mobile banking :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi m-banking di Hpmu.
  • Setelah itu, Kamu bisa memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk login ke aplikasi.
  • Selanjutnya, silahkan pilih menu atau opsi “Transfer”.
  • Kemudian pilih lagi “Transer ke Sesama”.
  • Nah, Kamu pun akan melihat informasi nomor rekening BRI pada aplikasi m banking.

Supaya tidak kelupaan nomor rekening BRI-mu lagi, sebaiknya catat nomro rekening tersebut baik-baik di HP atau di kertas untuk disimpan di dompet. Namun pastikan jangan hilang ya!

Cara Cek Rekening BRI Langsung di Buku Tabungan

Cara cek rekening BRI lainnya yang paling praktis dan mudah tanpa perlu mendaftarkan aplikasi m banking maupun mendaftar layanan internet banking.

Tentu saja cara ini bisa dilakukan jika posisimu sedang berada di rumah, atau sedang memegang buku tabungan BRI.

Jika sedang memerlukan nomor rekening BRI untuk keperluan transaksi, Kamu bisa melihatnya pada halaman awal buku tabungan. Nah, biasanya di sana tidak hanya tertera nomor rekening saja, tetapi juga tertera nama pemilik rekening BRI.

Semua perusahaan perbankan, tak terkecuali bank BRI biasanya nasabah baru yang telah melakukan pendaftaran langsung mendapatkan buku tabungan. Dari buku tabungan inilah, akan terdapat rincian nomor rekening dan nama pemilik rekening.

Cara Cek Rekening BRI Melalui Internet Banking

Cara cek rekening BRI via internet banking sebenarnya tak jauh berbeda dari mobile banking. Keduanya memerlukan persyaratan untuk melakukan pendaftaran di layanan ib banking online terlebih dahulu.

JIka Kamu sudah terdaftar dalam layanan ini, maka seluruh aktivitas perbankan dapat dilakukan secara online dengan mudah, kapan saja dan dimana saja.

Ini dia langkah-langkah cara cek rekening BRi via internet banking, diantaranya :

  • Silahkan kunjungi websitre resmi ib banking BRI di ib.bri.co.id.
  • Jika sudah, Kamu bisa login memakai user id beserta password IB BRI yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Selanjutnya ada menu utama, Kamu bisa pilih opsi “Info Rekening”.
  • Jika sudha, di layar akan muncul info nomor rekening bank BRI milikmu.
  • Silahkan hafalkan atau catat, bisa juga menyimpannya di ponsel.
  • Selesai.

Cara Cek Rekening BRI Via ATM

Cara cek rekening BRI juga bisa dilakukan saat Kamu bertransaksi di ATM. Metode ini sebenarnya cukup mudah, seperti halnya ketika Kamu mengambil uang atau bertransaksi di mesin ATM.

Tak perlu repot-repot melakukan pendaftaran dan aktivasi layanan online. Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan datangi gerai ATM BRI yang terdekat dari lokasi rumahmu.
  • Kemudian masukkan kartu pada mesin ATM disertai dengan menekan PIN sebanyak 6 digit.
  • Setelah itu pilih opsi “transaksi lainnya”.
  • Lalu pilih opsi “mutasi rekening”.
  • Jika sudah, Kamu pun akan ditampilkan informasi mengenai nomor rekening BRI di layar ATM.
  • Silahkan catat nomor rekening BRI-mu baik-baik.
  • Lalu tekan “cancel” jika tidak akan melakukan transaksi lainnya.
  • Selanjutnya kartu ATM BRI-mu akan langsung keluar dari mesin.
  • Silahkan ambil dan tinggalkan mesin ATM.

Cara Cek Rekening BRI di Kantor Cabang BRI Terdekat

Cara yang satu ini memang sedikit merepotkan, sebab membutuhkan waktu dan tenaga untuk pergi ke kantor BRI.

Biasanya cara ini dilakukan bagi Kamu yang memiliki waktu senggang, dan kebetulan ada urusan di kantor BRI.

Kamu bisa menanyakan sendiri nomor rekening BRI-mu di customer service, saat Kamu hendak melakukan penggantian kartu ATM misalnya.

Cara Cek Rekening BRI Via Call Center

Jika cara-cara di atas dirasa masih sulit untuk mengetahui nomor rekening bank BRI-mu. Mungkin cara cek rekening BRI via call center bisa menjadi alternatif lainnya.

  • Silahkan buka aplikasi panggilan atau dial phone di Hpmu.
  • Setelah itu, ketikan nomor layanan call center bank BRI di nomor 14017.
  • Selanjutnya tekan yes atau call.
  • Kamu bisa menanyakan perihal informasi nomor rekening BRI-mu kepada customer service.
  • Selanjutnya Kamu akan ditanyakan mengenai identitas dirimu. Mereka pun akan menyebutkan nomor rekening BRI yang Kamu miliki.
  • Selesai.

Selain nomor di atas, Kamu juga bisa mencoba panggilan call center pusat bank BRI yang buka 24 jam di nomor 1500017. Layanan ini dapat diakses 24 jam ful setiap hari, tetapi jika tidak bisa biasanya sedang dalam maintenance server.

Itulah 6 pilihan cara cek rekening BRI mudah yang bisa Kamu lakukan. Menghafal nomor rekening bank bisa saja terlupakan sewaktu-waktu, apalagi dengan banyaknya digit nomor rekening yang membuat sebagian besar orang enggan, malas atau bahkan sulit menghafalnya.

Sebagai solusinya, Kamu bisa mencatat nomor rekening BRI-mu di kertas kecil yang dapat disimpan pada dompet, atau bisa juga memakai aplikasi notepad di Hp untuk menuliskan nomor rekening, karena ponsel pastinya selalu dibawa kapan pun dan kemana pun.

Atau bisa juga dengan foto buku tabungan BRI di halaman depan yang berisi nomor rekening BRI-mu.

Ya, semoga ulasan cara cek rekening BRI di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019