Cara Cek Angsuran BCA Finance

Bagaimana cara cek angsuran BCA Finance? Ya, memiliki angsuran atau cicilan di Bank mungkin merupakan hal yang lumrah sekarang ini.

Banyak sekali faktor yang memaksa banyak orang untuk mengambil keputusan memiliki angsuran, entah itu untuk kebutuhan memnbangun rumah, keperluan usaha atau membeli kendaraan.

Di negara Indonesia ada banyak penyedia layanan kredit atau angsuran yang berhubungan dengan faktor-faktor di atas. Sebut saja diantaranya ada BCA Finance.

Dimana layanan ini sebenarnya bukan layanan baru untuk urusan lembaga pembiayaan berbasis finance di Indonesia, sebab memang sudah lama ada.

Hingga saat ini bahkan layanan yang ada justru lebih menarik dengan banyaknya program yang ditawarkan. Wajar rasanya jika banyak orang memilih untuk menggunakan layanan tersebut.

Jika Kamu sudah menjadi penerima kredit di sebuah lembaga pembiayaan, tentu saja hal yang harus dilakukan setiap bulannya ialah melakukan pembayaran angsuran.

Jika Kamu telat membayar, sudah tentu Kamu juga harus membayar denda yang kian memberatkan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara cek angsuran BCA Finance yang Kamu miliki, apakah tagihannya sudah ada atau belum.

Lalu, bagaimana mengecek angsuran tagihan BCA Finance? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Cara Cek Angsuran BCA Finance

Cara Cek Angsuran BCA Finance
Mengecek Angsuran BCA Finance

Untuk cara cek angsuran BCA Finance sendiri sebenarnya bisa menggunakan berbagai macam metode. Diantara banyaknya metode tersebut, berikut ulasannya!

1. Cek Angsuran BCA Finance Via ATM Bank BCA

Cara yang pertama yang dapat Kamu pilih ialah mengecek angsuran BCA Finance lewat mesin ATM Bank BCA. Sebenarnya cara yang satu ini cukup mudah. Lalu, bagaimana caranya? Simak tahapannya berikut :

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi gerai ATM Bank BCA terdekat.
  • Jika sudah, silahkan masukkan kartu ATM beserta nomor PIN-nya dengan tepat.
  • Selanjutnya pilih opsi Pembayaran.
  • Kemudian lanjutkan memilih opsi Pinjaman.
  • Lalu di halaman ini Kamu bisa memilih BCA Finance.
  • Silahkan inputkan nomor kontrak pinjaman yang Kamu miliki, lalu klik OK.

Jika sudah mengikuti langkah-langkah tersebut di atas, biasanya di layar ATM yang Kamu gunakan akan terlihat rincian angsuran Finance BCA yang Kamu miliki, seperti jumlah tagihan, sampai waktu jatuh tempo.

2. Cek Angsuran BCA Finance Via SMS

Cara cek angsuran BCA Finance yang kedua, bisa Kamu lakukan jika tidak  mempunyai banyak waktu untuk pergi ke mesin ATM BCA. Dimana cara mengecek waktu jatuh tempo beserta total angsuran yang wajib Kamu bayar bisa Kamu lihat dengan memakai layanan dari SMS Finance BCA.

Caranya sangat mudah dan simpel, sebab Kamu hanya perlu melakukan pengiriman SMS ke nomor pusat Finance BCA saja melalui format BCAF (spasi) Nomor Kontrak (spasi) lalu isi informasi dan kirim ke 9123.

3. Cek Angsuran BCA Finance Via Call Center

Di samping memakai cara di atas, Kamu juga bisa mencoba cara cek angsuran dengan menghubungi Call Center Finance BCA di nomor (021) 29973100. Bisa juga lengsung menghubungi Halo BCA di 150888.

Dengan memakai metode yang satu ini, Bahkan Kamu tidak hanya dapat mengecek angsuran/kredit BCA Finance semata, tetapi juga bisa langsung bertanya persyaratan apa saja yang diperlukan untuk melunasi angsuran, berapa denda angsuran dan informasi lainnya terkait angsuranmu.

4. Cek Angsuran BCA Finance Via mBanking BCA

Seiring kemajuan teknologi seperti saat ini, tentu saja membuat segala urusan menjadi lebih mudah. Tidak terkecuali dalam hal cara cek cicilan BCA Finance. Dimana seiring kemajuan teknologi, Kamu bisa menggunakan layanan m BCA.

Namun untuk memakai cara ini, Kamu harus sudah melakukan registrasi untuk bisa mengakses mBanking BCA. Selanjutnya, Kamu bisa melakukan langkah-langkah cara di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan buka, lalu masuk ke mBanking BCA yang sebelumnya telah didaftarkan lewat aplikasi di ponsel.
  • Lalu selanjutnya pilih opsi m-BCA, kemudian pilih opsi m-Payment.
  • Dari sini, Kamu bisa masukkan nama perusahaan atau PT dengan BFN.
  • Lalu masukkan nomor kontrak pinjaman dan silahkan masukkan nomor PIN mBacnking BCA.
  • Selanjutnya info mengenai angsuran Finance BCA yang Kamu miliki akan tampil di layar ponsel mulai dari besarnya angsuran yang perlu dibayar hingga waktu jatuh tempo pembayaran tagihan.

5. Email BCA Finance

Cara lainnya yang bisa Kamu gunakan untuk mengecek angsuran BCA Finance ialah dengan menghubungi pihak Customer Service BCA Finance via Email. Sebenarnya cara ini masih efektif dipakai sekarnag ini.

Namun jangan harap Kamu akan menerima balasan email secepat mungkin. Hal ini dikarenakan para petugas BCA Finance sendiri biasanya akan membalasnya setelah 1-2 hari pada jam kerja. Sementara alamat akun email yang dapat Kamu hubungi ialah di customercarebcaf@bcaf.id

Selain itu, dengan memakai metode ini Kamu tentu saja harus memberikan data-data informasi lengkap, seperti menuliskan nomor kontrak serta tujuanmu mengirimkan email.

6. Cek Angsuran BCA Finance Via Situs Resmi BCA Finance

Kamu juga bisa memanfaatkan situs resmi dari BCA Finance untuk mengecek besarnya angsuran atau tagihan BCA Finance. Dengan memakai situs resminya Kamu bisa menemukan informasi lebih banyak seputar kredit.

Seperti pengurusan STNK, Simulasi Kredit, Pelunasan, Pengambilan BPKB sampai cara cek angsuran BCA Finance. Jika Kamu tertarik memakai metode ini, Kamu bisa langsung mengunjungi web resmi BCA Finance di alamat https://www.bcafinance.co.id.

Perhitungan Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran

Tiap perusahaan lembaga pembiayaan atau finance di Indonesia tentu mempunyai peraturan mengenai denda yang diterima oleh pihak penerima kredit. Untuk lembaga keuangan BCA Finance sendiri, berikut penjelasan mengenai denda pembayaran.

Dimana denda keterlambatan atas pembayaran angsuran biasanya akan dikenakan ke tiap anggota, jika anggota membayar angsuran melewati waktu jatuh tempo dan pembayaran angsuran yang tidak sesuai jumlah tagihan.

Ketika waktu jatuh tempo angsuran sudah masuk tapi Kamu masih belum melakukan pembayaran tagihan BCA Finance, denda tersebut selanjutnya akan dihitung sebesar 0,4% dari jumlah angsuran atau cicilan yang telat setiap harinya. Bisa juga dengan perhitungan berikut :

Denda Keterlambatan Angsuran = 0,4% x Jumlah Hari Keterlambatan x Jumlah Angsuran

Petunjuk Pembayaran Angsuran BCA Finance

Ada beberapa hal tertentu yang harus diperhatikan untuk membayar angsuran di BCA Finance, berikut ini :

  1. Apabila waktu jatuh tempo pembayaran angsuran di hari libur, maka pembayaran dapat dilakukan di hari kerja yang sebelumnya.
  2. Apabila dalam sebulan kalender tak ada tanggal/waktu yang sama sesuai tanggal pembayaran angsuran, maka pembayaran dapat dilakukan di hari kerja terakhir pada bulan kalender.
  3. Pembayaran angsuranmu akan dibukukan sesudah dana efektif telah diterima BCA Finance sesuai jumlah angsuran pinjaman yang sudah ditetapkan sesuai Perjanjian Pembiayaan Konsumen.
  4. Pembayaran angsuran pinjaman dengan transfer bank. biasanya akan dibebankan biaya sesuai kebijakan dari masing-masing bank.
  5. Simpan semua kuitansi atau bukti semua transaksi dari pembayaran angsuran/cicilanmu.

Dalam cara cek angsuran BCA Finance dan pembayarannya, BCA Finance sendiri telah menawarkan kemudahan. Karena Kamu bisa memilih cara-cara yang telah disebutkan di atas sesuai kemudahan dan kebutuhan. Semoga bermanfaat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019