Cara Mendinginkan HP Samsung

Cara Mendinginkan HP Samsung
Cara Mendinginkan HP Samsung

Bagaimana cara mendinginkan HP Samsung ?, saat omo handphone adalah salah satu alat ekektonik yang menjadi hal yang penting untuk masyarakat. Sebab banyak kegiatan manusia yang menggunakan handphone sebagai perantara, salah satu kegiatan yang membutuhkan handphone adalah untuk alat komunikasi.

Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan dihandphone ini membuat handphone berkerja lebih cepat dan pastinya akan membuat HP menjadi panas. Panas yang berlebihan akan membuat umur komponen pada HP berkurang. Oleh karena itu kamu perlu mendinginkan handphone kamu.

Read More

Dan ada banyak sekali merek HP sekarang ini seperti Xiaomi, Samsung. iPhone, OPPO, Vivo, serta masih banyak lagi. Pada pembahasan artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara mendinginkan HP Samsung.

Jika HP mengalami panas yang berlebihan bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal, seperti halnya ada komponen yang rusak. Dan penyebab kerusakan ini juga beragam yaitu karena HP jatuh, konsleting, terkena air, ataupun handphone panas karena penggunaannya yang berlebihan.

Penyebab lain yang juga bisa menjadi penyebab handphone Samsung milikmu menjadi panas adalah karena memori HP penuh. Selain itu bisa juga disebabkan kesalahan saat mengeces handphone yang menjadikan handphone terus mengeluarkan panas.

Panas yang terjadi pada handphone, jika sudah overheat maka bisa menyebabkan handphone kamu menjadi restart sendiri atau bahkan sampai mati sendiri. Dan jika dibiarkan terus menerus maka perangkat kamu bisa rusak.

Jika kamu sedang mengalami permasalahan handphone Samsung yang kamu gunakan panas, maka kamu bisa menyimak cara-cara untuk mendinginkan HP Samsung pada artikel ini. Lalu terapkan untuk mendinginkan handphone Samsungmu supaya tidak terjadi overheat.

Cara Mendinginkan HP Samsung

Cara Mendinginkan HP Samsung
Cara Mendinginkan HP Samsung

Apabila kamu kamu ingin mendinginkan HP Samsung, ada beberapa cara yang efektifk untuk kamu lakukan. Salah satunya dengan menggunakan alat bantu pendingin. Namun sebelumnya ada baiknya jika kamu juga sudah mengetahui penyebab HP Samsungmu menjadi panas, misal karena memori HP yang terlalu penuh.

Apabila HP Samsungmu sudah panas, maka kamu harus segera mendinginannya agar tidak terjadi overheat yang dapat membuat handphone kamu menjadi rusak. Dan berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk mendinginkan HP Samsung jika panas, simak penjelasannya dari awal hingga akhir lalu coba praktekan sendiri pada handphone kamu.

1. Dengan Menggunakan Cooling Fan HP

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan cara menggunakan Cooling Fan. Cara ini sangat cocok untuk kamu pengguna HP Samsung yang sering menggunakan handphonemu untuk bermain Game, dengan bermain Game secara terus menerus dapat menyebabkan handphone menjadi berkerja secara terus menerus dan akhirnya panas. Oleh karena itu jika kamu ingin menggunakan HP untuk bermain Game pada waktu yang lama sebaiknya gunakan Cooling Fan.

Kamu bisa menggunakan Cooling Fan ini untuk mendingkan handphone kamu yang panas, akibat digunakan secara terus menerus. Dan bagi pecinta Game tentunya Cooling Fan atau Kipas Pendingin itu sudah cukup popular. Untuk harga dari Cooling an sendiri cukup beragam dan berkisar 100.000 keatas, harga ini bisa dibilang mudah dibandingkan dengan fungsi pentingnya.

2. Dengan Mengistirahatkan HP

Cara kedua yaitu dengan cara mengistirahatkan HP, Karena handphone panas bisa jadi karena penggunaanya yang berlebihan. Maka saat HP Samsung kamu sudah pana, kamu bisa mengistirahatkan handphone milikmu terlebih dahulu, yaitu selama 30 menit.

Kamu bisa meletakannya ditempat yang dingin seperti kaca, lantai, atau tempat yang ada pendingin ruangannya. Karena dengan begitu maka handphone Samsungmu akan cepat dingin. Ingat jika handphonemu sudah pada bisa langsung diistirahatkan dan jangan menunggu handphone mati karena panas yang berlebihan.

3. Dengan Menggunakan Charger Original

Jika kamu menggunakan charger KW yaitu charger bukan asli dari merek handphone kamu, maka komponen pada HP kamu bisa mengalami kerusakan dan terutama pada baterai. Sebab charger KW memiliki arus yang tidak stabil dibandingkan dengan charger original yang memiliki arus yang stabil.

Oleh sebab itu pastikan kamu menggunakan charger original saat melakukan pengisian baterai. Agar baterai handphone kamu bisa lebih awet lagi. Dan jika charger asli milikmu rusak maka belilah charger asli atau original. Dan supaya bisa memastikan charger yang kamu gunakan itu asli atau tidak kamu bisa menginstal aplikasi Ampere.

4. Dengan Memeriksa Penggunaan Jaringan WiFi

Cara berikutnya yang juga bisa kamu pilih untuk mendinginkan handphone kamu yaitu dengan memeriksa penggunaan jaringan handphone pada HP Samsung milikmu. Fitur WiFi ini merupakan salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna handphone.

Akan tetapi penggunaan WiFi yang berlebihan akan membuat handphone Samsungmu menjadi panas. Karena jika WiFi kamu aktif, maka secara tidak langsung aplikasi di latar belakang akan secara otomatis terhubung dengan jaringan WiFi. Dan hal inilah yang akan membuat handphone kamu menjadi panas.

Jadi supaya WiFi kamu tidak aktif secara terus menerus, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga seperti WiFi Sleeper ataupun Smart WiFi. Aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk kamu mendinginkan HP Samsung.

5. Dengan Mematikan Fitur GPS dan Bluetooth

Selanjutnya selain WiFi, fitur lain seperti GPS dan Bluetooth juga bisa membuat handphone Samsung kamu menjadi panas. Sebagian pengguna HP membiarkan fitur Bluetooth dan GPS mereka menyala secara terus menerus padahal hal ini bisa menyebabkan handphone menjadi panas dan beterai menjadi cepat habis.

Jadi solusi untuk mendinginkan HP yang panas karena GPS dan Bluetooth yang terus menerus menyala adalah dengan cara mematikan kedua fitur ini jika kamu sedang tidak menggunakannya, dan hidupkan hanya saat digunakan saja.

6. Dengan Menghapus File-file Sampah

Selain melalui cara-cara diatas, kamu juga bisa mendinginkan handphone Samsung milikmu dengan cara menghapus file-file sampah di memori penyimpanan. Seperti yang telah dijelaskan diawal salah satu penyebab handphone Samsung menjadi panas adalah karena memori penyimpanan yang penuh.

Maka untuk mengatasinya kamu bisa melakukan penghapusan file, cache, dan cookies di HP kamu secara rutin. Sebab ketiga hal ini memiliki dampat secara langsung terhadap RAM dan CPU. Yang jika sudah penuh maka akan membuat handphone kamu menjadi panas.

Selain itu ada juga aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file sampah ini yaitu dengan aplikasi Clean Master.

7. Dengan Menggunakan HP di Tempat Yang Tidak Panas

Berikutnya seperti yang kita ketahui bersama jika Indonesia memiliki iklim tropis sehingga suhu di Indonesia cenderung hangat. Oleh karena itu saat kamu bermain handphone usahakan jangan ditempat yang panas. Kamu bisa menggunakan HP ditempat yang memiliki pendingin udara maupun tempat yang bersuhu ruang supaya HP terhindar dari overheat.

Penyebab HP Samsung Menjadi Panas

Jika kamu sudah mengetahui cara-cara untuk mendinginkan HP Samsung diatas, kamu juga perlu tahu penyebab HP Samsung kamu menjadi panas. Dab berikut ini faktor-faktor yang meyebabkan HP Samsung menjadi panas, simak!.

  • Karena bermain Game terlalu lama.
  • Melakukan streaming video terlalu lama.
  • Menghidupkan jaringan internet secara terus menerus.
  • Tidak melakukan update software.
  • Terlalu banyak aplikasi dilator belakang.
  • Kualitas baterai buruk.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mendinginkan HP Samsung yang bisa kamu ikuti dan coba sendiri pada handphone kamu. Pilih cara diatas yang menurut kamu paling cocok untuk kamu coba.

Related posts