Cara Mengatasi HP Panas

Cara Mengatasi HP Panas
Cara Mengatasi HP Panas

Sering kali saat kamu bermain gadget dan tiba-tiba suhu menjadi panas? Kasus seperti ini sering kali terjadi karena performa RAM, CPU, GPU, dan Baterai yang bekerja sangat keras bahkan melebihi batas sehingga membuat ponselmu jadi lebih panas. Bagaimana sih cara mengatasi HP panas? Kamu jangan khawatir karena banyak trik yang bisa kamu coba untuk menghindari HP agar tidak cepat panas.

Kehadiran ponsel pintar sekarang ini memang sudah hal yang wajar karena semakin berkembangnya teknologi. Apalagi ponsel yang sekarang lebih sering kita gunakan untuk berkomunikasi, mengerjakan tugas online, bekerja online dan beberapa aktivitas kita yang mengharuskan untuk menggunakan ponsel.

Namun, secanggih apapun teknologi pasti ada batasnya. Terutama pada ponsel. Walaupun bentuknya praktis dan mudah untuk digunakan, ponsel akan cepat panas saat digunakan secara terus-menerus dan juga jika berlebihan. Jadi kamu harus bisa menggunakan ponselmu dengan bijak agar tetap awet.

Penyebab HP Cepat Panas

Penyebab HP cepat panas bisa bermacam-macam. Dari penggunaan yang berlebihan, baterai, suhu sekitar, bahkan kondisi software yang menjadi penyebab paling umum. Sebagai pengguna, kita seharunya bisa memanfaatkan teknologi ini dengan baik dan juga bijak. Jangan terlalu memaksakan penggunaan ponsel, karena hal tersebut justru dapat berdampak buruk bagi gadget kita.

Cara Mengatasi HP Panas

Cara Mengatasi HP Panas
Cara Mengatasi HP Panas

Biasanya tanpa kamu sadari gadget yang kamu pegang dan sering mainkan tiba-tiba menjadi panas bukan? Dan bagaimana untuk mengatasi HP yang cepat panas? Ada beberapa cara mengatasi HP panas, dan kamu bisa mencoba trik-trik berikut ini :

1. Gunakan Secara Normal, Jangan Berlebihan

Untuk kasus HP yang cepat panas sering terjadi karena RAM, CPU, GPU, dan baterai yang bekerja sangat keras bahkan melebihi batas. Karena mungkin sering digunakan untuk bermain game, konten streaming, ataupun aplikasi yang lainnya. Cara mengatasi HP agar tidak cepat panas adalah dengan cara menggunakan secara normal dan tidak berlebihan, agar performa RAM, CPU, GPU, dan baterai berjalan dengan baik.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung juga bisa berpengaruh pada suhu HP yang kamu gunakan saat di luar ruangan. Karena semakin lama terkena sinar matahari langsung maka suhu ponselmu cepat panas. Oleh karena itu kamu bisa menghindari atau mengurangi penggunaan ponsel saat di luar ruangan agar HP tidak cepat panas.

3. Matikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Membiarkan aplikasi yang tidak kamu gunakan tetap berjalan di latar belakang, dapat menguras baterai dan menambah panas pada ponsel. Cara ini tidak hanya menghemat baterai tetapi juga dapat mengurangi kerasnya mesin ponsel bekerja apalagi disaat kamu tidak memegang HP.

4. Lepas Cover Pelindung

Jika kamu salah pengguna yang sering menggunakan cover pelindung pada HP, sebaiknya kamu jangan memilih dan menggunakan cover yang terlalu tebal. Karena bisa menghambat ruang udara masuk dan menjebak suhu panas di cover. Akibatnya HP kamu akan cepat panas.

5. Gunakan Fungsi Telepon 1 Jam

Rata-rata kemampuan smartphone android untuk panggilan telepon adalah 1 jam. Lebih dari itu, android kamu pasti akan semakin panas. Sayang kan? Apalagi dipakai untuk membicarakan hal yang tidak penting. Mungkin kamu bisa mulai mencoba memanfaatkan fitur telepon 1 jam agar HP jadi lebih awet.

6. Matikan Background Apps

Jika kamu merasa tidak menggunakan aplikasi apapun tetapi android kamu tetap panas, coba deh cek penggunaan background apps. Kamu bisa cek di settings > apps > background apps untuk melihat apa saja aplikasi yang berjalan tanpa digunakan. Kamu juga bisa gunakan aplikasi Greenify yang bisa secara otomatis mengatur proses beban kerja dan membuat android kamu tetap adem.

7. Jangan Menggunakan Kecerahan Tinggi

Sama seperti menjalankan aplikasi latar belakang, menaikkan kecerahan ponsel akan memaksa baterai untuk bekerja lebih keras. Alih-alih menaikkan kecerahan, pada akhirnya layar HP-mu akan terlalu silau. Kamu bisa setting secukupnya agar matamu juga tidak cepat lelah dan pastinya ponselmu tidak cepat panas.

8. Atur Ulang Penyimpanan HP

Terlalu banyak file dan aplikasi yang tersimpan di ponsel juga dapat menyebabkan masalah panas berlebih. Dalam hal ini, kamu perlu memeriksa jenis file apa yang terlalu banyak memakan penyimpanan ponsel. Kamu bisa pergi ke Setting/Pengaturan untuk melihat penyimpanan dan menghapus beberapa data yang tidak diperlukan lagi. Jangan lupa back up atau selamatkan data-data pentingmu untuk dipindahkan ke komputer.

9. Jangan Gunakan Saat di Charger

Kamu pasti sering kan menggunakan ponselmu sambil dicharger? Nah, sebenernya menggunakan ponsel bersamaan dengan mengisi baterai itu sangat tidak baik untuk kesehatan HP itu sendiri. Suhu panas yang dikeluarkan ponselmu saat dicharge sangat berbahaya karena bisa membuat HP kamu overheat bahkan parahnya bisa meledak jika melebihi batas maksimum.

10. Matikan Ponsel

Senjata pamungkas bagi ponsel yang mengalami overheat. Mematikan ponsel jelas akan menghentikan seluruh proses yang terjadi saat ponsel menyala. Hal tersebut akan dengan cepat menurunkan temperatur ponsel. Terlebih, mematikan ponsel dapat mengembalikan kecepatan proses aplikasi seperti semula.

Semakin berkembangnya teknologi maka kita akan semakin dimanjakan dengan perkembangannya. Maka dari itu kita sebagai pengguna yang bijak harus bisa menjaga agar ponsel yang kita gunakan tidak melebihi batasnya yang mengakibatkan ponsel cepat panas dan rusak. Banyak penyebab ponsel jadi cepat panas yang harus kita ketahui dan juga cara mengatasi HP agar tidak cepat panas.

Related posts