Cara Logout Akun Gmail

Layanan elektronik besutan Google seperti Gmail, sampai saat ini selalu dipercayakan banyak orang untuk berkirim file. Semua data penting mulai dari data perbankan hingga pekerjaan, mungkin sudah tersimpan di dalam database Gmail. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui cara logout akun gmail.

Seorang insinyur komputer yang dipercaya Google, Paul Buchheit, adalah orang yang pertama kali mencetuskan ide pengembangan Gmail. Di waktu itu, proyek untuk pengembangan gmail memanfaatkan kode nama berupa Caribou, bahkan pengembangan awal proyek Gmail ini sebelumnya dirahasiakan.

Read More

Pada tahun 2004 lalu, bahkan hanya karyawan internal Google saja yang mendapatkan akses untuk memakai Gmail. Baru kemudian, tepat di bulan April dengan tahun yang sama, layanan email mulai diperkenalkan ke khalayak umum sekalipun bentuknya masih beta.

Sampai saat ini aplikasi Gmail selalu dipercayakan masyarakat dunia untuk mengirimkan email dan berkirim file-file penting. Inilah kenapa bagi kalian yang masih pemula, penting sekali mengetahui cara logout akun gmail, apalagi jika pernah mengaksesnya di komputer publik.

Kelebihan yang Ditawarkan Gmail

Meskipun ada beberapa layanan email yang bisa dipilih diinternet, namun akun gmail memiliki keunggulan tersendiri terutama bagi pengguna android. Ini ulasannya :

1. Dapat Menyaring Spam

Menariknya menggunakan Gmail yaitu spam dapat disaring oleh Google. Hal ini dikarenakan Google mempunyai kecerdasan untuk membedakan pesan spam atau asli. Fitur yang satu ini sangat berguna, sebab pengguna gmail tidak perlu khawatir lagi ketitka membuka pesan di menu inbox gmail.

Terkait:  Cara Keluar dari Akun Google

Spam sebenarnya tidak terhapus, melainkan pihak Google telah mempersiapkan ruang tersendiri agar pesan spam nantinya langsung dimasukkan otomatis ke folder khusus SPAM.

2. Terintegrasi Pada Semua Layanan Google

Keunggulan gmail ini nampaknya paling menonjol bagi pengguna android. Karena dengan mempunyai akun Gmail, maka kalian bisa menikmati berbagai layanan Play Store. Tidak hanya Play Store saja, pengguna gmail juga mendapatkan kemudahan layanan google lainnya. Salah satunyaa seperti Google Meet, dengan hanya menggunakan akun google, kalian tidak perlu mendaftar lagi.

3. Mempunyai Penyimpanan Besar

Gmail telah dibekali tempat penyimpanan dengan ukuran sangat lega. Pada satu akun gmail saja, Google telah membekalinya dengan kapasitas penyimpanan cloud 15GB yang dapat digunakan. Tentu saja kapasitas tersebutt lebih besar daripaada layanan email yang lainnya.

4. Menawarkan Fitur Multi Akun

Google Mail menawarkan layanan yang bisa dibilang menguntungkan untuk para pengguna, kalian bisa login ke beberapa akun di waktu bersamaan. Dengan begitu pengguna bisa leluasa mengganti-ganti akun dengan cepat hanya untuk sekali tap saja.

Kenapa Harus Logout Gmail?

Mengingat data-data atau file yang dikirimkan di Gmail biasanya bersifat formal dan rahasia, maka kalian harus menjaga kerahasiannya. Salah satunya, ketika mengakses gmail lewat komputer publik atau kantor, sebaiknya jangan lupa login setelahnya.

Tujuannya agar tidak ada seorangpun yang bisa mengakses dan mengutak-atik atau bahkan mentransfer data-data penting dari gmail kalian.

Selain itu, karena seringnya mengakses gmail melalui komputer atau perangkat gadget pribadi, tidak jarang banyak orang yang akhirnya lupa logout dari akun gmail.

Cara Logout Akun Gmail

Cara Logout akun gmail
Logout Akun Gmail di Berbagai Perangkat

Tutorial Logout Akun Gmail di Berbagai Perangkat

Cara logout akun gmail ini bekerja bagi kalian yang mungkin sempat mengakses akun gmail di perangkat android, iphone atau PC orang lain. Bahkan penting juga bagi kalian yang akan mengganti ponsel. Sebelum membeli hp baru, selain backup data, kalian juga harus logout dari Gmail untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Gmail di Android

Cek cara logout akun gmail melalui berbagai macam perangkat berikut :

1. Logout Akun Gmail via Hp Android

Jika kalian ingin logout dari akun gmail di perangkat android, maka kalian harus menghapus google account dari perangkat. Melalui cara ini, semua data terkait akun yang tersimpan di perangkat,mulai dari pesan, kontak, serta yang lainnya akan langsung dihapus.

Cara logout akun gmail ini sangat cocok dilakukan jika ingin mengganti hp android lama ke yang baru.

  • Buka dan masuk ke aplikasi Gmail di perangkat android.
  • Klik ikon profil di samping kanan tepat di atas layar.
  • Ada tampilan popup yang muncul berisi akun gmail terdaftar pada perangkat. Pilih manage accounts on this device dan masuk ke google.
  • Tampilan data goodle account kalian akan ditampilkan pada hp android. Silahkan ketuk more pada bagian bawah dan klik remove account untuk menghapus akun gmail.
  • Secara otomatis akun gmail kalian akan terhapus dan terlogout.

2. Logout Akun Gmail via iPhone

Cara logout akun gmail juga dapat diakses melalui perangkat iOS, dengan langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka Gmail via iPhone, lalu klik ikon profil di samping kanan bagian atas layar.
  • Akan muncul tampilan popup Google, pilih manage accounts on this device.
  • Di laman bertuliskan manage accounts, pilih akun google mana yang ingin dihapus dari perangkat iphone dengan klik remove from this device.
  • Kalian akan ditampilkan peringatan terlebih dahulu terkait data-data mana saja yang akan ikut terhapus. Setelah yakin, klik remove.

3. Logout Akun Gmail Melalui Browser di Hp

Ketika kalian meminjam ponsel teman, biasanya untuk mengakses akun gmail bisa dilakukana melalui web browser, salah satunya adalah Google Chrome. Agar keamanan dan privasi akun gmail tetap terjaga, silahkan cek cara logout akun gmail via browser hp berikut :

  • Login gmail di web browser hp, lalul klik ikon humburger terletak di samping kiri atas. Jika sudah, tekan akun gmail.
  • Selanjutnya tekan pilihan manage accounts on this device, silahkan pilih akaun yang akkan dihapus via perangkat.
  • Kalian akan ditampilkan data terkait akun google di perangkat. Ketuk more pilih remove account untuk menghapus akun gmail tersebut di hp teman.
Terkait:  Cara Mengganti Sandi Akun Google

4. Logout Salah Satu Akun Gmail di Laptop

Saat logout dari akun gmail via laptop, biasanya tidak dapat dilakukana apabila hanya ingin keluar dari satu akun saja. Oleh karena itu, jika logout akun gmail di laptop biasanya akun lainnya ikut keluar.

Akan tetapi, ada opsi lain yang dapat dicoba saat ingin keluar dari salah satunya saja, dengan membuka opsi Halaman Pengelola Akun Google pada peraangkat lain.

  • Buka akun Google kalian di perangkata lain, masuk ke dalam akun Gmail yang akan dikeluarkan. Klik avatar kalian di ujung kanan atas.
  • Tekan manage your google account.
  • Kini masuk ke baggian pengelola akun Google. Ketuk opsi security, gulir layar ke bawah dan temukan opsi your devices. Kemudian tekaan manage devices.
  • Akan ditampilkan list perangkat yang telah masuk memakai akun tersebut. Ketuk ikon tiga titik di ujung kanan bagian atasa di perangkat yanag akan di logout gmailnya. Tekan sign out.

Menginggat kejahatan cyber semakin marak,maka penting sekali menjaga keamanan akun gmail dengan logout akun gmail menggunakan cara logout akun gmail di atas.

Selain itu, jika kalian ingin masuk ke gmail dengan mudah bisa juga mencoba cara masuk gmail tanpa kode verifikasi.

Related posts