Cara Memotong Kuku Kucing

Cara Memotong Kuku Kucing

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang menggemaskan. Tentu saja banyak orang yang merasa terhibur dengan tingkah lucu hewan yang satu ini. Hal inilah yang membuat hampir semua orang menyukai kucing. Bagi kalian yang merawat kucing, tentu saja jangan lupakan perawatan apa saja yang harus dilakukan pada hewan peliharaan kalian ini. Termasuk cara memotong kuku kucing agar tidak terlalu panjang dan tidak melukai hewan kesukaan kalian!

Seluruh tubuh kucing harus kalian rawat berdasarkan kriterianya, misalnya pada bagian tubuh kucing, kalian harus merawat bulunya supaya lebih bersih dan rapi, agar terhindar dari resiko penyakit kulit mematikan. Belum lagi, bagian kuku juga sangat penting untuk rutin dipotong, agar kucing tidak melukai dirinya sendiri dengan mencakar bagian wajah atau tubuhnya.

Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan cara merawat kucing yang benar agar kucing tumbuh sehat dan kuat terutama pada bagian kuku yang harus di perhatikan oleh pemiliknya. Terutama cara memotong kuku kucing dengan benar!

Fakta Menarik Kuku Kucing

Ada beberapa fakta menarik dari kuku kucing yang selama ini tidak banyak orang yang mengetahuinya. Di antaranya adalah :

  • Selama hidupnya, kucing akan memiliki cakaran pada kaki yang paling dominan. Ini biasanya ditandai dengan jenis kelaminnya, bahwa fakta di lapangan untuk kucing jantan lebih suka menggunakan kaki kanan untuk mencakar. Sedangkan, kucing betina lebih cenderung kaki kiri untuk mencakar.
  • Cakarnya lebih sensitif karena pada telapak kaki kucing terdapat organ sensorik yang membantu ketika sedang berburu atau menjaga keseimbangan tubuh. Reseptor inilah yang dapat merasakan berbagai macam tekstur maupun tekanan dan getaran. Karenanya ketika menggunakan cakar, akan lebih sensitif berdasarkan dari keberterimaan indera perasa p[ada telapak kaki kucing.
  • Cakar kucing memiliki kemampuan untuk mereduksi terhadp tekanan gaya ketika sehabis meloncat. Dengan begitu, ketika berada pada posisi akhir setelah loncat, maka cakar akan berfungsi seperti shockbreaker pada kendaraan bermotor.
  • Pada cakar kucing, terutama kaki bagian depan bisa digunakan untuk perawatan tubuh. Dengan cara menyisir seluruh bagian tubuh menggunakan cakarnya, untuk membersihkan kotoran atau mungkin saja hama kutu.

Cukup banyak fakta menarik dari kuku kucing. Namun tetap saja, sebagai hewan peliharaan, harus merawat kuku kucing dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang meniumbulkan kerugian.

Alasan Kuku Kucing Harus Dipotong

Selain untuk menjaga kesehatan diri, ternyata cukup banyak alasan kenapa kuku kucing harus dipotong. Apa saja alasannya? Simak penjelasannya di bawah ini :

  • Mengganggu kenyamanan bagi pemilik. Sebab ketika sedang bermain dengan kucing kesayangan, bisa saja tiba-tiba kucing kalian mencakar tanpa disengaja.
  • Merusak barang-barang di rumah dengan cara mencakarnya, apalagi pada pakaian yang bisa menyebabkan robek.
  • Bisa menjadi sarang penyakit karena kucing lebih menyukai mencari makanan di tempat sampah. Maka untuk mendapatkan makanannya dengan menggunakan cakar.

Dari ketiga alasan di atas sepertinya sudah lebih dari cukup alasan kenapa kuku kucing harus di potong secara rutin oleh pemiliknya.

Cara Memotong Kuku Kucing

Cara Memotong Kuku Kucing
Tutorial Memotong Kuku Kucing

Fakta menarik dari kuku kucing yaitu terdiri dari beberapa lapisan, selain itu kuku kucing akan melipat sendiri ketika tidak digunakan dan akan keluar sendiri ketika akan digunakan.

Bagi kalian yang ingin memotong kuku kucing, sebaiknya berhati-hati karena sifat setiap kucing tidak sama. Ada yang agresif dan ada juga yang lebih cenderung diam. Apalagi bagi kucing yang agresif, kalian harus hati-hati ketika hendak memotong kukunya agar tidak terkena cakaran.

Ini dia panduan cara memotong kuku kucing dengan benar :

1. Belai kucing sebelum memotong kuku kucing

Petama-tama, kucing harus dibelai terlebih dahulu, usahakan agar posisi kucing dalam keadaan nyaman ketika sedang dalam pangkuan kalian sebagai pemiliknya. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman dan terhindar dari cakaran kucing yang tidak diinginkan.

2. Pilih tempat yang kondusif

Dalam cara memotong kuku kucing kalian harus cari tempat kondusif. Biasanya tempat yang paling nyaman bagi kucing adalah tidur di pangkuan pemiliknya. Tapi, kalian juga harus paham bahwa kenyamanan kucing bukan hanya ketika saat pada pangkuan pemiliknya. Juga harus didukung dengan kondisi lingkungan yang kondusif terutama kondisi tenang dan nyaman.

3. Biasakan memegang kuku kucing

Ingat bahwa bagian yang paling sensitif adalah telapak kaki kucing, karena di sana terdapat sensorik untuk mendeteksi sesuatu, di dekat area itu terdapat kuku yang selalu dilipatnya.

Untuk membiasakan kucing agar tidak mengeluarkan cakarnya, sebaiknya kalian membiasakan diri selalu memegang kuku kucing. Terlebih mengajak kucing kesayangan kalian bermain. Dengan begitu, ketika akan memotong kuku kucing, maka tidak akan kaget lagi apalagi mencakar majikannya.

4. Area quick yang perlu dihindari

Dalam cara memotong kuku kucing juga harus memperhatikan area quick. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, telapak kaki kucing merupakan bagian yang memiliki banyak saraf untuk merasakan sesuatu. Bagian tersebut dinamakan dengan area quick yang berwarna merah muda.

Berhati-hatilah ketika memotong kuku dekat dengan area ini. Karena jika tergores sedikit saja, akan mengalami luka pada kucing dan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan pendarahan dan sakit yang luar biasa.

Khusus bagi pemula, jika ingin memotong kuku dekat dengan area ini harus eksta hati-hati. Namun jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan pada kucing kesayangan, lebih baik memotong kuku kucing cukup pada bagian ujungnya saja.

5. Pergunakan alat pemotong khusus

Ada alat khusus yang diperuntukkan untuk memotong kuku. Biasanya alat khusus tersebut berbentuk mirip gunting yang dirancang khusus untuk kuku dari segala usia dan ukuran kucingnya.

Bagi kalian yang akan memotong kucing, maka ketika memegang gunting akan merasa nyaman. Untuk kuku kucing yang tebal, ada gunting khusus untuk memotong jenis kuku ini yaitu gunting gullotine.

Gunting guillotine memiliki cincin berbentuk oval sebagai tempat untuk memasukkan kuku kucing. Pastikan agar pisaunya dalam keadaan tajam mengingat kuku kucing yang akan dipotong cukup tebal.

6. Jangan ragu memotong kuku kucing

Saat mempraktekkan cara memotong kuku kucing, lakukan dengan cepat tanpa keraguan. Dengan begitu, maka kuku kucing akan terpotong dengan sempurna. Seandainya kalian ragu ketika memotongnya, maka bukan hal yang tidak mungkin kucing kesayangan kalian mengalami kesakitan akibat kukunya tidak terpotong dengan benar.

7. Interval memotong kucing

Agar kuku kucing tetap terawat, maka lakukanlah memotong kucing dengan interval waktu 10 hari sekali atau paling maksimal 2 minggu sekali. Jadikanlah rutinitas agar kucing pun menjadi terbiasa saat kalian akan memotong kukunya.

8. Bantuan dokter hewan

Jka ada kekhawatiran melukai kuku kucing, atau kalian belum berani sebaiknya bisa membawa kucing ke dokter hewan. Apalagi jika kucing kalian bersifat agresif atau mungkin kalian tidak ingin tercakar akibat kesalahan mremotong kuku. Silahkan bawa ke dokter hewan agar kalian bisa meminta bantuan memotongkan kuku kucing kesayangan.

Bagi pencinta kucing, penting sekali memahami tata cara memotong kuku kucing dengan tepat di atas. Bagaimana, mudah bukan?

Related posts