Cara Duet di TikTok

Bagaimana cara duet di TikTok? Apa fungsi atau keuntungan ketika kita melakukan duet di TikTok?

Sebagai salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone, TikTok menjadi tempat Dimana kita bisa mengupload atau bahkan menonton video-video dari para content Creator yang ada di TikTok.

Read More

Sebagaimana kita tahu saat ini TikTok sudah menjadi aplikasi yang bisa diakses oleh para pengguna dengan beragam usia dan juga gender.

Mulai dari remaja hingga dewasa, laki-laki ataupun perempuan. Tentunya kita bisa menemukan beragam jenis video yang ada di TikTok. Mulai dari video yang mengandung edukasi, video yang berisikan hiburan, bahkan video-video dengan kategori lain.

Sebagai pengguna tentunya Kita juga harus terlebih dahulu memilih kategori yang disukai, agar nantinya TikTok akan menampilkan video sesuai dengan kategori yang kamu pilih tadi.

Selain untuk menyaksikan atau menonton video-video yang ada di TikTok, kita juga bisa kok menjadi salah satu konten kreator dari TikTok, dan mengupload video yang sedang trending di TikTok.

Jika memang video mu masuk dalam kategori trending videos, maka kemungkinan besar videomu masuk kedalam laman fyp atau for your page, akan semakin besar dan banyak ditonton oleh ratusan hingga ribuan pengguna TikTok lainnya.

Dari sinilah nantinya kamu bisa mendapatkan banyak followers, dan memudahkan kamu untuk menjadikan TikTok sebagai tempat untuk melakukan promosi, ataupun mendapatkan endorsement dari para brand yang menyukai profil kalian.

Selain dengan mengupload video-video yang unik dan menarik, kita juga bisa kok melakukan duet ataupun Stitch dengan pengguna TikTok lain, melalui video yang mereka upload.

Bahkan nggak jarang loh, ada beberapa video lucu dari para pengguna TikTok, yang menduetkan video pengguna TikTok lain, hingga akhirnya viral dan masuk ke dalam sosial media lain seperti Instagram ataupun Twitter.

Oleh sebab itu kamu harus terlebih dahulu mengetahui cara duet di TikTok, agar bisa membuat video yang menarik dan masuk ke dalam laman for your page.

Cara Duet di TikTok

Cara Duet di Tiktok
Duet di Tiktok

Langkah 1: Download Aplikasi TikTok

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah tentu dengan memiliki aplikasi TikTok terlebih dahulu.

Nah disini kamu bisa mendapatkan aplikasi TikTok secara gratis, melalui layanan Google Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk para pengguna iOS.

Langkah 2 : Buat Akun TikTok

Setelah kalian mendownload dan juga menginstal aplikasi TikTok, maka langkah selanjutnya adalah kalian bisa membuat akun TikTok melalui aplikasinya secara langsung.

Di sini kamu akan menemukan opsi pendaftaran yang beragam. Kamu bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan email, nomor telepon, atau bahkan akun sosial media lainnya.

Walaupun memang banyak pengguna TikTok, namun ketika pendaftaran pastikan kalian sudah berusia 17 tahun keatas.

Dan jika Mungkin kalian memiliki sanak saudara yang berusia di bawah 17 tahun, pastikan kamu bisa memantau mereka untuk tidak menyaksikan konten-konten yang mungkin sedikit menyimpang ataupun tidak sesuai dengan usia mereka.

Langkah 3 : Lengkapi Profil TikTok

Setelah melakukan pendaftaran tentunya kita harus melengkapi profil dari akun TikTok kita. Di sini kamu bisa mengklik pada button profil yang ada di bagian bawah sebelah kanan dari aplikasi TikTok, lalu kamu bisa mengklik pada edit profile.

Disini kamu bisa melakukan pengubahan pada username, nama pengguna, foto profil, dan juga bio dari akun TikTok kalian.

Atau Jika kamu ingin mempromosikan akun sosial media lain seperti Instagram, kamu bisa menambahkan link dari Instagram kalian kedalam profile bio, atau hanya sekedar menuliskan username Instagram kalian.

Langkah 4 : Pilih Video yang Akan Diduetkan

Jika sudah melengkapi profile, maka langkah selanjutnya kita bisa mengklik pada tombol home yang ada di bagian paling kiri bawah dari aplikasi TikTok, dan mulai melakukan scrolling down atau bahkan scrolling up, untuk mencari video yang sekiranya sesuai dengan tema, atau cocok untuk diduetkan

Jika sudah menemukan video yang diinginkan, maka kamu bisa mengklik pada tombol seri yang berupa ikon panah di bagian sebelah kanan dari video TikTok tadi, lalu pilih pada opsi duet.

Tunggu beberapa saat sampai proses persiapan videonya selesai, dan nantinya kamu akan menemukan tampilan kamera untuk merekam video.

Disini kamu bisa menemukan banyak sekali fitur-fitur yang bisa kamu pakai di TikTok. Mulai dari menggunakan efek ataupun filter, menggunakan efek pada video yang akan diduetkan, dan lain-lain.

Jika dirasa semua sudah siap, maka selanjutnya kamu bisa mulai merekam videomu, untuk menduetkan video dari pengguna TikTok lainnya. Jika sudah selesai kamu akan langsung diarahkan ke dalam laman preview, untuk melihat hasil video yang sudah kamu lakukan tadi.

Pada tahap ini, kamu juga bisa kok memberikan efek lain pada video yang sudah kamu rekam. Kamu bisa menggunakan voice effect, menambahkan stiker, menambahkan teks, menambahkan audio narasi, atau bahkan mengatur volume dari video yang kalian rekam.

Jika dirasa semua sudah siap kamu bisa langsung mengklik pada tombol next, dan nantinya kamu akan diarahkan ke halaman untuk memposting video yang kamu buat tadi. Di sini kamu bisa menambahkan deskripsi dari video yang kamu buat, serta menambahkan hashtag yang relevan, agar video mu masuk ke dalam laman for your page.

Kamu juga bisa melakukan pengaturan untuk bagian privasi, kemudian mengizinkan pengguna lain untuk menduetkan video kalian, memberikan izin kepada pengguna lain untuk melakukan stitches pada video kalian, atau bahkan Kalian juga bisa kok mendisable komen agar pengguna tidak bisa mengomentari video kalian.

Jika semua sudah dirasa cukup, kamu bisa langsung mengklik pada tombol save atau upload.

Nantinya secara otomatis kamu akan melihat proses penguploadan video kalian di bagian sebelah kiri atas layar. Jika sudah selesai kamu bisa meng klik pada tombol profil untuk menonton video yang kamu buat tadi.

Tips Ketika Ingin Menduetkan Video TikTok

Ada beberapa tips yang perlu kalian catat ketika ingin menduetkan video yang ada di TikTok. Hal ini Tentunya berguna agar video yang kamu upload mendapatkan banyak jumlah views, dan juga jumlah like dari pengguna TikTok lainnya. Diantaranya adalah

  • Buat Video dengan Kualitas yang Baik

Untuk mendapatkan hasil video yang bagus, kami menyarankan kalian untuk melakukan perekaman video dengan pencahayaan yang cukup. Selain itu kamu juga bisa kok menggunakan mic eksternal, untuk memperjernih audio kalian sehingga pengguna TikTok lain bisa dengan mudah mendengar apa yang kalian ucap di video.

Jika kamu menggunakan kamera depan, maka pastikan kamu memiliki pencahayaan yang cukup, dan smartphone mu juga memiliki kualitas rekaman yang baik.

  • Gunakan Sound yang Sedang Trending

Karena TikTok sendiri dikenal dengan beragam pilihan salon atau lagu yang cukup unik, maka tak heran jika kita menemukan lagu-lagu yang mungkin Ramai atau bahkan banyak digunakan pengguna TikTok lainnya. Nah lagu jenis ini biasanya akan masuk ke dalam tab trending. Oleh sebab itu jika mungkin kamu ingin melakukan duet di TikTok, kamu bisa memilih video TikTok yang menggunakan lagu yang sedang trending tadi.

Hal ini Tentunya bertujuan agar video kalian lebih mudah masuk ke dalam laman for your page, untuk mendapatkan jumlah penonton yang banyak.

  • Gunakan 3 sampai 5 Hashtag

Hal penting yang perlu kalian perhatikan selanjutnya adalah penggunaan hastag. Sama halnya seperti Instagram, TikTok juga menggunakan hashtag untuk pengguna ketika mereka akan mengupload video di TikTok. Fungsi hastag ini sendiri berguna untuk meningkatkan jumlah views, ketika kalian menggunakan hastag yang sedang trending.

Walaupun begitu kamu disarankan menggunakan 3 sampai 5 hashtag saja, agar lebih mudah masuk ke dalam laman for your page. Pastikan juga kamu menggunakan hastag dengan jumlah penonton yang cukup banyak. Dengan begitu tentunya kamu akan mendapatkan jumlah views yang cukup besar ketika mengupload video.

Dan itulah tadi beberapa cara duet di TikTok dan juga beberapa tips ketika kalian ingin melakukan duet di TikTok, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan selamat mencoba.

Related posts