Cara Mengisi Lagu ke Flashdisk

Cara Mengisi Lagu ke Flashdisk

Salah satu cara agar kamu tetap bisa mendengarkan lagu favoritmu tanpa harus menghabiskan kuota adalah dengan cara mengisi lagu ke flashdisk. Sesudah itu, kamu bisa mendengarkannya kapanpun kamu mau, baik itu saat berkendara menggunakan mobil sembari mendengarkan lagu, atau mendengarkan lagu lewat speaker aktif.

Namun sebelumnya, untuk melakukan cara di atas kamu harus unduh lagu-lagu favoritmu terlebih dahulu. Baru kemudian lagu dengan file MP3 di perangkat yang telah diunduh dapat dipindahkan ke flashdisk. Bisa dari ponsel ataupun langsung lewat PC.

Cara Mengisi Lagu ke Flashdisk

Cara Mengisi Lagu ke Flashdisk
Memindahkan Lagu ke Flashdisk

Cara Memindahkan Lagu ke Flashdisk dari Youtube

Untuk tahapan cara mengisi lagu ke flashdisk di sini, kita akan memakai PC. Untuk mengunduh lagunya, kamu bisa lewat Youtube atau platform penyedia lagu lainnya. Selain itu, untuk menyimpan lagu favorit di Youtube ke dalam perangkat PC atau laptop, harus meng-covert video musik di Youtube ke dalam versi MP3.

Memang cukup ribet, tapi inilah prosedur dan tahapan yang harus kamu lewati jika ingin mengunduh lagu kesukaanmu dari Youtube. Ikuti panduan unduh lagu dari Youtube hingga menyimpannya di flashdisk berikut :

1. Download Lagu ke Perangkat PC Melalui Format MP3

Untuk download lagu ke perangkat PC lewat format MP3 dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

  • Buka web browser di laptop atau PC yang digunakan dan buka situs atau web converter file video terutama dari Youtube ke format MP3. Silahkan cari converter-nya di internet.
  • Jika sudah, buka tab baru di browser lalu buka Youtube, kemudian ketik “search” pada kolom pencarian untuk menemukan lagu yang akan kamu download.
  • Apabila musik video pada platform Youtube telah terbuka, selanjutnya copy paste ke dalam link video musik tersebut.
  • Paste atau tempelkan link musik di Youtube tadi ke dalam kolom yang tersedia pada tool converter file.
  • Kamu akan mendapatkan opsi file yang akan dipilih, mulai dari MP4, MP3, dan lainnya. Mengingat disini kamu memerlukan versi MP3 pada video Youtube yang kamu cari, tekan pilihan MP3.
  • Silahkan tunggu beberapa lama sampai lagu tersebut sukses didownload serta tersimpan pada folder di dalam laptop atau PC.

Jika langkah pertama telah selesai, maka lagu yang akan kamu simpan pada flashdisk sudah berhasil didownload dan tersimpan pada laptop atau PC. Silahkan lakukan hal sama hingga lagu-lagu yang kamu unduh di Youtube dapat tersimpan pada laptop atau PC.

Apabila formatnya sudah sesuai dan telah terbaca di flashdisk, setelah itu pindahkan lagu ke dalam flashdisk.

2. Isi Lagu ke Flashdisk Menggunakan Laptop atau PC

Jika lagu yang kamu download sudah tersimpan di PC, selanjutnya kamu bisa mengisi lagu ke dalam flashdisk menggunakan PC atau laptop. Berikut cara memindahkan lagu ke flashdisk memakai PC atau laptop :

  • Untuk memindahkan lagu atau musik yang telah diunduh ke PC ke dalam flashdisk, kamu harus memakai port USB di perangkat terkait.
  • Selanjutnya pasang flashdisk ke dalam port USB tersebut, setelah tersambung biasanya akan muncul pemberitahuan di layar perangkat.
  • Buka file, namun jika kamu belum mendapatkan notifikasi perangkat sudah terhubung ke flashdisk dapat membuka folder File Explorer langsung.
  • Apabila sudah memasuki file explorer, temukan drive flashdisk, setelah terbaca akan muncul drive tambahan. Ketuk drive flashdisk untuk membukanya.
  • Setelah itu, pastikan masih ada banyak space penyimpanan di flashdisk untuk menyimpan lagu-lagu pilihanmu dari Youtube dan buat folder yang baru, lalu beri nama musik atau lagu.
  • Jika sudah, tandai seluruh lagu yang dipindahkan pada flashdisk.
  • Selanjutnya, klik kanan lalu tekan cut jika ingin memindahkan file ke flashdisk dari laptop. Apabila ingin mencadangkannya di perangkat, cukup pilih copy saja untuk menyalin lagu-lagu ke flashdisk.
  • Buka drive flashdisk kembali dan klik kanan, setelahnya tekan paste.
  • Silahkan tunggu sampai proses transfer file lagu ke flashdisk dari PC selesai.
  • Untuk mengecek apakah lagu-lagu yang kamu transfer sudah berhasil terkirim ke flashdisk, buka folder Lagu atau musik yang sudah dibuat tadi di dalam drive flashdisk.

Cara mengisi lagu ke flashdisk dari PC atau laptop sangat mudah, bukan? Jadi kamu bisa mendengarkan lagu menggunakan flashdisk yang disambungkan ke perangkat apapun yang kompatibel.

Cara Memindahkan Lagu dari Hp ke Flashdisk

Jika kamu memiliki banyak koleksi lagu di hp dan ingin memindahkannya ke flashdisk, maka cara ini dapat kamu ambil. Berikut cara mengisi lagu ke Flashdisk dari hp :

  • Sebelumnya beli perangkat OTG yang mendukung port perangkat hp kamu terlebih dahulu sebagai perantara.
  • Jika sudah, colokkan OTK ke dalam port hp, lalu colokkan flashdisk ke dalam port OTG.
  • Pada sebagian merk ponsel, OTK tersebut biasanya akan langsung terhubung otomatis.
  • Akan tetapi di sebagian tipe atau merk hp yang lain, biasanya harus mengaktifkannya terlebih dahulu pada pengaturan ponsel.
  • Aktifkan OTG yang terdapat pada ponsel, masuk ke Manager File.
  • Cek apakah perangkat OTG telah terhubung atau belum.
  • Apabila sudah, kamu hanya pergu masuk ke penyimpanan eksternal atau internal di hp, cari koleksi lagu yang akan kamu transfer ke flashdisk.
  • Setelah kamu menemukan file lagu berformat MP3 yang akan dipindahkan, tekan lalu tandai file musik/lagu yang akan kamu transfer ke flashdisk.
  • Selanjutnya pilih Pindahkan atau Cut yang terletak di layar ponsel bagian bawah.
  • Setelah itu, tekan drive OTG kemudian masuk ke dalam folder yang terdapat pada flahsdisk.
  • Jika sudah, tekan paste atau tempel, lagu tersebut selanjutnya akan langsung terisi dalam folder di flashdisk.

Dengan kedua metode cara mengisi lagu ke flashdisk di atas, kamu hanya perlu memilih mana cara paling mudah atau sesuaikan dengan perangkat tempat kamu menyimpan koleksi lagu yang ingin dipindahkan.

Kenapa Flashdisk Tidak Dapat Memutar Lagu?

Ada beberapa penyebab yang membuat flashdisk tidak terbaca dan tidak bisa memutar lagu ketika kamu menggunakannya di mobil atau speaker aktif. Beberapa diantaranya bisa saja akibat permasalahan fisik, ada malware atau virus, serta berkaitan dengan software. Berikut ulasannya :

1. USB Driver Bermasalah

Penyebab yang pertama bisa jadi driver USB yang bermasalah. Silahkan cek driver USB lewat Device Manager kemudian pilih Universal Serial Bus Controller yang ada di dalamnya.

2. Konektor atau Port USB Flashdisk Kotor

Meletakkan laptop, flashdisk atau perangkat apapun di tempat yang kotor bisa membuat port USB secara otomatis kemasukan debu. Selain itu, debu yang menumpuk dapat menutupi konektor sehingga kemungkinan besar dapat berpengaruh pada kinerja flashdisk.

3. Malware dan Virus

Penyebab lainnya bisa jadi karena adanya serangan malware dan virus. Hal tersebut dapat dapat dipicu oleh pemakaian flashdisk yang kerap dihubungkan ke sembarang perangkat dengan bergantian dalam intensitas yang sering.

Kesimpulan

Cara mengisi lagu ke flashdisk memang sangat mudah dilakukan, hanya saja ada beberapa kendala yang bisa kamu alami saat melakukan prosesnya. Dengan mengetahui kendala tersebut, kamu bisa mencegahnya dengan penanganan yang tepat agar proses pemindahan lagu ke flashdisk berlangsung lancar dan lagu dapat didengarkan tanpa masalah apapun.

Related posts