Cara Memperbarui Versi Android Oppo

Apakah kalian tahu saat ini versi android Oppo yang terbaru adalah ColorOS 12? Ya, versi android Oppo ColorOS 12 memiliki beberapa macam keunggulan dibandingkan versi sebelumnya. Untuk menikmati fitur dari versi android Oppo, kalian bisa coba cara memperbarui versi android Oppo.

Memperbarui versi android Oppo atau smartphone lainnya sangat penting untuk meningkatkan keamanan sistem perangkat kita. Karena tidak jauh berbeda dengan laptop dan PC, perangkat smartphone juga berpotensi dapat diserang oleh malware.

Read More

Pembaruan android juga dapat digunakan untuk memperbarui bug sistem. Karena versi android saat ini masih terus mengalami pembaruan. Selain itu, memungkinkan versi android masih seringkali mengalami bug. Dengan memperbarui versi android ke versi terbaru, juga memungkinkan dapat memperbaiki performa android.

ColorOS 12 Adalah Versi Android Oppo Terbaru

Saat ini yang menjadi sorotan android adalah sudah menggunakan versi terbaru ColorOS 12. kelebihan dari versi terbaru ini yaitu menghadirkan desain yang sangat inklusif untuk semua penggunanya. Telah didesain untuk merespons secara khusus kebutuhan pengguna. Selain itu, pastinya akan mendapatkan pengalaman baru ketika kalian sedang melakukan online dengan menggunakan ColorOS 12 ini.

Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Hp Oppo

Kelebihan lain dari ColorOS 12 adalah dapat bekerja hingga 67 bahasa yang disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya. Memang sudah sangat wajar menyematkan berbagai macam bahasa di dalamnya. Mengingat teknologi ini di rancang untuk seluruh pengguna di setiap penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Selain itu juga, cukup banyak fitur-fitur yang bisa kalian manfaatkan dengan maksimal. Terutama fitur berbagi layar dan sinkronisasi antara apliikasi satu dengan aplikasi lainnya yang begitu halus dan nyaman ketika sedang mengoperasikannya.

Bagaimana, setelah membaca beberapa kelebihan dari ColorOS 12, apakah kalian tertarik menggunakan versi android terbaru ini?

Apakah Semua Seri Oppo Bisa memperbarui Versi Android?

Petanyaan ini seketika saja pasti muncul dalam pikiran kalian, terlebih jika kalian menggunakan seri HP Oppo yang cukup lama. Hal inilah yang membuat kalian ragu saat hendak memperbarui ColorOS ke versi terbarunya.

Pada dasarnya setiap seri HP Oppo memiliki kemampuan untuk memperbarui versi android yang ada saat ini. Namun yang perlu di garis bawahi di sini adalah dari segi kecpatan maupun akses untuk memperbaruinya. Sebab tidak sedikit HP Oppo seri lama hanya didukung dengan memori internal yang sedikir, juga RAM yang pas-pasan.

Setiap seri HP Oppo akan terdapat fitur untuk memperbarui versi android ke yang terbaru, biasanya fitur ini berada di menu Settings di bagian opsi Pembaruan Perangkat Lunak. Apabila kalian jarang update, biasanya akan selalu muncul pada notifikasi. Cobalah sekali-kali melakukan update secara otomatis agar kalian selalu mendapatkan pengalaman ColorOS yang sudah di update.

Beberapa Persiapan Sebelum memperbarui Versi Android Oppo

Sebelum membahas cara memperbarui versi android Oppo ke versi terbaru, sebaiknya pastika kalian telah mempersiapkan beberapa hal berikut, supaya proses pembaharuan versi android bisa berjalan lancar :

1. Cadangkan Data Pribadi Terlebih Dahulu

Hal ini penting dilakukan mengingat pembaruan versi android akan menghapus semua pengaturan yang sudah kalian lakukan sebelumnya juga data-data pribadi terutama yang ada pda memori internal.

Terkait:  Cara Membersihkan Memori Internal Oppo

Dengan begitu, lakukanlah pencadangan data untuk menghindari kehilangan data-data penting yang kalian miliki terutama di memori internal HP samsung. Caranya bisa dipindahkan ke perangkat lain, atau setidkanya dipindahkan ke memori eksternal.

2. Cek Fitur Terbaru ColorOS

Biasanya, ketika pengguna akan update ColorOS, selalu ada informasi mengenai pembaruan ColorOS. Kalian cek terlebih dahulu apakah pembaruan tersebut hanya update fitur atau memang meningkatkan versi ColorOS lama ke ColorOS terbaru.

3. Persiapkan Paket Kuota Internet Sebelum Pembaruan

Sekilas sepele, tapi justru paket data yang kalian miliki merupakan modal utama untuk download firmware ColorOS terbaru. Ukuran update ColorOS pun berbeda-beda, jika kalian masih menggunakan versi yang cukup lama mungkin ukurannya bisa di atas 1 GB.

Sealin itu kecepatan internet pun harus mendukung proses pembaruan ini. Oleh karena itu, selain mencari sinyal yang kuat, juga pastikan agar settingan jaringan Oppo berada minial di 4G LTE.

4. Baterai Hp Harus Mencukupi

Setiap pengguna yang melakukan pembaruan versi android lama ke versi android terbaru, biasanya sistem di dalamnya dan perangkat keras yang ada pada HP samsung akan dipaksa bekerja secara maksimal. Sehingga tak heran jika pada proses update nya baterai akan cepat panas.

Baterai yang cepat panas akan cepat menguras persentase baterai HP samsung. Maka dari itu, sebaiknya pastikan baterai mencukupi sebelum memperbarui versi android Oppo. Selain itu, pastikan juga ketika sedang proses memperbarui, jangan sekali-kali dilakukan sambil mengecas, karena perlakukan ini cukup membahayakan bagi penggunanya.

Cara Memperbarui Versi Android Oppo

Cara Memperbarui Versi Android Oppo
Tutorial Memperbarui Versi Android Oppo

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, maka kalian sebenarnya sudah cukup siap untuk melakukan pembaruan secara mandiri.  Berikut ulasan cara memperbarui versi android Oppo :

Terkait:  Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD Oppo

1. Hp Dalam Kondisi Siap

Posisikan HP samsung dalam keadaan standbye, pastikan jaringan kuat, kuota tercukupi, dan kuota internet cukup banyak untuk proses pembaruan versi android terbaru.

2. Akses Menu Setting

Masuk pada menu Settings, atau jika bahasa sudah di ubah ke dalam versi bahasa Indonesia, masuk ke menu Pengaturan.

3. Pembaruan Perangkat Lunak

Cara memperbarui versi android Oppo selanjutnya, setelah masuk ke menu settings, silakan gulir sedikit ke bagian bawah dan temukan opsi ‘Pembaruan Perangkat Lunak’.

4. Cek Pembaruan

Sebelum download firmware yang disediakan oleh sistem, silakan cek terlebih dahulu mengenai pembaruan ini dengan klik ‘Tentang Pembaruan Ini’.

5. Unduh Sekarang

Apabila sudah mengetahui mengenai layanan pembaruan ke versi android terbaru, cukup klik ‘Unduh Sekarang’ yang berada di bagian bawah. Biasanya akan ada informasi tambahan mengenai ukuran file yang akan di download tepat di bawah tombol ‘Unduh Sekarang’ agar kalian mengetahui tepatnya ukuran file pembaruan tersebut.

Sistem akan memunculkan notifikasi kembali pada layar HP untuk memastikan bahwa kalian akan melakukan pembaruan. Silakan klik ‘Lanjut Mengunduh’.

6. Tunggu Proses Unduhan

Cara memperbarui versi android Oppo selanjutnya, kalian hanya perlu menunggu proses unduhan selesai. Kecepatan mendownload file akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kekuatan jaringan yang mendukung di lokasi kalian berada.

7. Perbarui Sekarang

Apabila proses download sudah mencapai 100 %, selanjutnya klik tombol ‘Perbarui Sekarang’.

8. Lakukan Verifikasi

Selanjutnya harus melakukan verifikasi dengan menggunakan PIN atau Password jika kalian setting sebelumnya, namun jika tidak di settting maka bagian ini tidak akan muncul.

Pembaruan versi android ke yang terbaru biasanya membutuhkan beberapa menit, oleh karena itu tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.

9. Pembaruan Selesai

Secara otomatis HP Oppo akan melakukan restart sendiri jika proses pembaruan telah selesai. Setelah restart, silakan cek versi android nya dan rasakan pengalaman yang luar biasa denan menggunakan ColorOS versi terbaru.

Cara memperbarui versi android Oppo di atas mudah bukan? Dengan begitu, kalian tidak perlu membeli HP Oppo seri terbaru jika hanya ingin mendapatkan pengalaman terbaru untuk menikmati versi android yang terbau dan paling canggih.

 

Related posts